4 Cara Meningkatkan GMV TikTok agar Pendapatan Bertambah!

by Viki
cara meningkatkan gmv tiktok

Siapa sih yang tidak suka dengan promo? Terutama promo “Harbolnas” (Hari Belanja Nasional) seperti 11.11, 12.12, 7.7, dan masih banyak lagi. Nah, promo-promo inilah yang dapat memberikan nilai GMV pada TikTok Shop yang dijalankan. Tapi pertanyaanya, bagaimana cara meningkatkan GMV TikTok tersebut?

Sobat MEA tentu menyadari bahwa TikTok Shop memiliki kekuatan yang sangat besar melalui jumlah penggunanya yang besar. Tapi Sobat MEA juga tentu menyadari adanya persaingan yang ketat di samping fitur-fitur menariknya yang menguntungkan. Itulah mengapa diperlukan strategi khusus untuk nilai GMV ini. 

Ya, GMV ini sangatlah penting untuk diperhatikan. Pasalnya GMV ini memberikan gambaran seberapa besar keuntungan yang kita dapatkan di TikTok Shop.  Tapi untuk mendapatkannya tidak bisa sembarangan. Maka dalam artikel ini, MiMe akan membagikan informasi seputar GMV TikTok serta bagaimana cara meningkatkan GMV TikTok pada toko online mu. Simak selengkapnya di bawah ini!

Table of Contents

Apa Itu GMV TikTok?

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Dilansir dari Investopedia Gross Merchandise Value (GMV) merupakan akumulasi dari nilai pembelian yang dilakukan oleh pengguna melalui situs atau aplikasi dalam periode tertentu. GMV bukan hanya berarti Gross Merchandise Value, GMV juga dikenal dengan istilah lain yaitu Gross Merchandise Volume.

GMV juga menjadi salah satu metrik yang penting dalam e-commerce. Dengan GMV, penjual akan lebih mudah memahami gambaran nilai yang didapatkan. GMV yang tinggi menunjukkan bahwa toko online miliknya memiliki banyak produk yang diminati oleh konsumen. Hal ini tentu berlaku juga di TikTok Shop. 

Artikel Terkait  Cara Meningkatkan Orderan TikTok Shop. Ini Rahasianya~

Menarinya, GMV juga menjadi acuan bagi investor atau pihak lain yang ingin bekerja sama dengan bisnismu. Tentunya, semakin besar GMV, semakin besar potensi keuntungan yang akan didapatkan dalam jangka panjang, 

Bisa dibilang, GMV TikTok adalah pendapatan kotor selama penjualan berlangsung di platform TikTok. Sobat MEA bisa melakukan cara meningkatkan GMV TikTok dengan mengadakan program diskon tanggal kembar. Berdasarkan informasi dari beberapa sumber, pesanan produk di TikTok meningkat sebesar 139 persen pada momen 9.9. Hal ini tentu dapat memberikan peluang yang besar terhadap keuntungan bersih di TikTok Shop nantinya. 

Tapi ingat, hal ini juga tidak lepas dari kreativitas dan strategi jitu yang diterapkan untuk mendapatkan GMV TikTok ini. Apa saja?

Cara Meningkatkan GMV TikTok

Mengutip informasi dari laman PowerCommerce, TikTok Shop sendiri telah mencapai US$ 2,5 miliar atau mencapai 57% dari total GMV TikTok di Asia Tenggara. Hal ini juga bisa Sobat MEA tingkatkan di TikTok Shop dan memberikan keuntungan bisnis.

Dan sebenarnya cara meningkatkan GMV TikTok tidak jauh berbeda dari bagaimana cara memaksimalkan penjualan di TikTok Shop. MiMe juga memiliki beberapa langkah penting yang efektif. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan, antara lain:

1. Unggah Konten Video Secara Konsisten

Perlu diketahui, TikTok memiliki algoritma yang perlu diikuti, salah satunya dengan konsisten memposting konten. Ketika Sobat MEA membagikan suatu konten, maka konten tersebut akan dilihat oleh audiens bahkan mendapatkan likes dan komentar.

Ketika banyak tayangan dan interaksi pada kontenmu, semakin tinggi kesempatan video tersebut muncul di FYP orang lain. Dengan begitu, bukan tidak mungkin akunmu akan mendapatkan banyak perhatian. Apalagi jika video yang dibagikan adalah konten promosi. Maka semakin tinggi juga kesempatan penjualan yang terjadi sehingga dapat meningkatkan GMV di TikTok Shop mu.

Artikel Terkait  Ini Jam FYP TikTok Lengkap Setiap Hari. Banyak yang Belum Tahu

2. Manfaatkan TikTok Live Shopping

Sobat MEA tentu telah familiar dengan fitur TikTok live Shopping. Melalui kecanggihannya, fitur ini dapat menjadi salah satu sales funnel di platform TikTok.

Dengan memanfaatkan fitur TikTok Live, calon pembeli dapat melihat produk yang dijual secara langsung. Mereka juga bisa berinteraksi dan mendapatkan gambaran bagaimana bentuk produk yang dipromosikan selama siaran berlangsung. Jika live streaming ini dibawakan secara menarik, ini dapat menciptakan kepercayaan konsumen hingga melakukan pembelian.

3 Tingkatkan Eksposure di Shopping Center

Selain live TikTok, ada juga fitur Shopping Center atau Shop tab yang memudahkan audiens untuk menemukan lebih banyak pilihan produk dan membantumu mengelola pesanan dengan lebih baik di TikTok Shop.

Tapi bagaimana cara mendapatkan exposure di shopping center? Pertama, Sobat MEA bisa mengikuti campaign yang ada di TikTok. Sobat MEA bisa menemukan berbagai campaign menarik yang patut dicoba melalui seller center ataupun invitation.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Sobat MEA perlu mengikuti algoritma TikTok. Ketika Sobat MEA banyak berinteraksi melalui konten video dan live streaming, produkmu akan sering muncul di halaman shop tab para pengguna lainnya. Itulah mengapa Sobat MEA perlu membagikan konten secara konsisten.

4. Gabung Program TikTok Affiliate

Selain itu, Sobat MEA juga bisa memanfaatkan program TikTok Affiliate sebagai salah satu media yang bisa menghubungkan antara penjual content creator untuk memperluas promosi produk baik di dalam video maupun live streaming. 

Dengan bekerja sama dengan TikTok Affiliate, mereka bersedia menyematkan produkmu di keranjang kuning, sehingga Sobat MEA berkesempatan mendapatkan pembelian yang lebih besar.

Nah, itu dia 4 cara meningkatkan GMV TikTok yang efektif. Dengan GMV TikTok, Sobat MEA akan lebih mudah untuk mengetahui besaran keuntungan yang didapatkan nantinya. Bagaimana? Bermanfaat, bukan? Tunggu apa lagi, saatnya lakukan strategi terbaik untuk meningkatkan GMV yang penting sebagai gambaran keuntungan bagi bisnismu. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment