5 Cara Meningkatkan Komisi Affiliate Marketing. Simpel Kok!

by Viki
cara meningkatkan komisi affiliate marketing

Di era digital yang berkembang pesat ini, ada banyak cara untuk semakin cuan melalui media online, termasuk affiliate marketing. Dengan program ini, Sobat MEA bisa mendapatkan penghasilan tanpa modal dan tanpa stok barang. Yuk kuasai cara meningkatkan komisi affiliate marketing untuk memaksimalkannya!

Sobat MEA juga pasti sudah familiar dengan istilah affiliate marketing. Terutama jika Sobat MEA adalah seorang pebisnis. Banyak yang tertarik untuk mengikutinya karena kesempatan cuan yang mudah dan menjanjikan. 

Itulah mengapa Sobat MEA perlu memahami strategi untuk program tersebut hingga tips n trik terkait cara meningkatkan komisi Affiliate Marketing yang fleksibel. Yuk, simak artikel ini!

Table of Contents

Apa itu Affiliate Marketing?

Jadi Affiliate Marketer, jangan lupa gabung MCN MEA juga!
Biar lebih maksimal pastinya dan dapat kolaborasi yang lebih cuan serta bimbingan yang lengkap dan supportif~

Melansir laman Bakrie University, affiliate marketing merupakan program afiliasi dengan cara mempromosikan produk atau jasa dari brand tertentu yang kemudian akan dibayarkan komisi atas setiap penjualan yang berhasil.

Jumlah komisi ini bervariasi, tergantung pada presentase dan harga produk yang dijual. Biasanya, perhitungan komisi ini berdasarkan penjualan, Tapi ada juga yang menghitungnya dari leads, website click, pengguna free trial, hingga download aplikasi. 

Siapapun dapat bergabung dalam program Affiliate Marketing. Tidak hanya Influencer atau Selebgram, Sobat MEA yang hanya memiliki sedikit followers juga dipersilakan untuk mendaftar. Umumnya, platfom tidak memberikan syarat minimal jumlah pengikut media sosial serta tidak ada biaya pendaftaran. 

Cara Meningkatkan Komisi Affiliate Marketing

1. Pilih Program Afiliasi yang Tepat

Pertama, pastikan Sobat MEA telah memilih program afiliasi yang tepat. Ada banyak platform yang mengadakan pemasaran afiiasi. Silakan daftar salah satunya dan penuhi syarat dan ketentuan yang diminta untuk memulai penghasilan dari Affiliate Marketing.

Jangan hanya melihat angka, pastikan Sobat MEA juga memperhatikan engagement, otoritas, dan jumlah page view pada media sosial yang akan digunakan sebelum mengambil keputusan. Pastikan Sobat MEA telah memilih niche yang tepat agar promosi lebih tepat sasaran dan menghasilkan penjualan lebih mudah. 

Mau tahu cara lebih cuan lewat Affiliate Marketing yang mudah?
Yuk bongkar rahasia suksesnya bareng mentor berpengalaman di komunitas MEA sekarang juga!

2. Kolaborasi dengan Influencer

Metode Influencer Marketing semakin marak dilakukan oleh masyarakat, terutama bagi generasi Z. Pengaruhnya sangat kuat dalam membuat keputusan pembelian. Sehingga strategi Affiliate Marketing juga perlu melakukan kerja sama dengan mereka untuk menarik eksposur dan pengaruhnya tersebut. 

Pastikan Sobat MEA menggandeng Influencer yang telah memiliki reputasi yang baik agar dampak yang timbul pada pemasaranmu juga baik di mata pelanggan, sehingga penjualan lebih maksimal. 

3. Diversifikasi Program Afiliasi

Sobat MEA juga bisa melakukan strategi Affiliate Marketing dengan diversifikasi program afiliasi untuk meningkatkan penjualan. Karena mengikuti satu atau dua program saja tidak akan membuatmu sustainable dalam jangka panjang.

Untuk memaksimalkan potensi affiliate marketing, Sobat MEA perlu mengikuti berbagai program afiliasi yang bisa mendatangkan keuntungan, menggandeng audiens baru, dan menciptakan peluang lainnya.

4. Lakukan Optimasi Platform

Affiliate Marketing tidak hanya dapat membawa traffic ke situsmu, tapi juga meningkatkan konversi. Oleh karena itu, Sobat MEA juga perlu melakukan optimasi platform untuk menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik. 

Ada beberapa strategi optimasi platform yang bisa diterapkan seperti menciptakan konten video informatif, mengirim pesan email yang personal, dan menyajikan konten berkualitas dan relevan dengan niche akun serta target pasar yang dituju. 

5. Berikan Penawaran yang Menarik

Jika perlu, berikan penawaran berupa potongan harga atau hadiah gratis untuk meningkatkan jumlah konsumen serta menarik konsumen lama untuk berbelanja kembali. Mengingat mayoritas konsumen pasti ingin harga produk yang lebih murah. 

Tapi tenang, Sobat MEA dapat memberikan kontrol penuh dalam mendistribusikan kupon atau potongan harga. Tapi setelahnya, Sobat MEA perlu melacak tingkat konversi untuk mengevaluasi keberhasilan upaya pemasaran pada Affliate Marketing ini. 

Demikian tips n trick yang perlu dilakukan sebagai cara meningkatkan komisi Affiliate Marketing yang perlu dilakukan. Pastikan Sobat MEA melakukannya dengan strategi pemasaran yang tepat untuk mencapai kesuksesan yang diinginkan. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment