7 Cara Meningkatkan Konversi di Instagram yang Efektif!

by Fanny
cara meningkatkan konversi di instagram

Berjualan di Instagram adalah salah satu metode pemasaran yang bisa Sobat MEA lakukan dengan cukup efektif mengingat Instagram memiliki banyak pengguna aktif. Tapi, perlu diingat bahwa cara jualan di Instagram ini berbeda karena aplikasi ini adalah media sosial dan bukan merupakan aplikasi jual beli. Lalu, bagaimana cara meningkatkan konversi di Instagram? Apakah bisa?

Tentu bisa banget, dong! Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan 7 cara meningkatkan konversi di Instagram yang bisa Sobat MEA susun sesuai dengan kebutuhan dan tujuan bisnis. Yuk simak ulasan selengkapnya di sini!

Table of Contents

Apa itu Konversi Instagram?

Mau jualan makin cuan di Instagram?
Yuk pelajari caranya dari ahlinya secara langsung dengan gabung ke komunitas. Gratis!

Sebelum menjelaskan tentang cara meningkatkan konversi di Instagram, kami akan membahas sedikit mengenai konversi Instagram terlebih dahulu. Konversi adalah tingkat penjualan yang berhasil dilakukan melalui proses pemasaran. Nah seperti yang sudah dibahas sedikit di atas, Instagram adalah aplikasi media sosial dan bukanlah aplikasi marketplace untuk jual beli. Jadi, audiens tidak bisa melakukan pembelian langsung di aplikasi ini.

Tapi tenang aja, hal ini bukan berarti bahwa memasarkan produk di Instagram tidak akan bekerja secara efektif. Justru Sobat MEA harus mengiklankan produk di aplikasi ini dan menerapkan cara meningkatkan konversi di Instagram yang akan kami bagikan di bawah!

7 Cara Meningkatkan Konversi di Instagram

Ngiklan di Instagram gagal cuan?
Yuk pakai Jasa Instagram Ads biar iklan gak boncos. Klik di sini!

Agar Instagram marketing yang dilakukan semakin berhasil, berikut adalah 7 cara meningkatkan konversi di Instagram yang bisa Sobat MEA coba:

1. Bangun Profil Bisnis

Cara meningkatkan konversi di Instagram yang pertama adalah dengan membangun profil akun bisnis dengan baik. Mulai dari foto profil yang digunakan, username, keterangan di bio, hingga link yang mengarahkan ke website harus diisikan dengan jelas. Hindari pemakaian foto profil dan username yang tidak berhubungan dengan nama bisnis karena hal ini akan menurunkan tingkat kepercayaan audiens.

Untuk foto profil, kami sarankan agar Sobat MEA menggunakan logo bisnis. Pada username, cantumkan kata kunci yang relevan dengan bisnis. Atau bisa juga menggunakan nama bisnis yang sudah ditentukan dan jelaskan sedikit mengenai bisnis Sobat MEA di bio. Lanjutkan dengan mencantumkan alamat email, kontak, dan link website agar audiens yang mengunjungi akun Sobat MEA bisa langsung melakukan pembelian.

2. Gunakan Hashtag yang Tepat

cara meningkatkan konversi di Instagram

Mungkin Sobat MEA bertanya-tanya apakah pemakaian hashtag pada unggahan ini bisa menjadi salah satu cara meningkatkan konversi di Instagram? Tentu bisa, dong! Hashtag bisa meningkatkan keterlibatan audiens hingga 12,6%. Selain itu, hashtag juga bisa meningkatkan jumlah pengikut pada akun bisnis. Mengapa demikian?

Pemakaian hashtag yang relevan akan meningkatkan visibilitas akun dan unggahan Sobat MEA. Misalnya saja Sobat MEA menjual produk acne spot, kemudian Sobat MEA menggunakan tagar #acnespot yang akan muncul pada halaman audiens yang pernah mencari produk serupa.

3. Buat Copywriting yang Jelas

4. Konten Interaktif

Cara meningkatkan konversi di Instagram berikutnya adalah dengan membuat konten yang interaktif. Audiens akan merasa senang ketika mereka dilibatkan pada suatu konten. Seperti misalnya Sobat MEA membuat konten story berupa polling, vote, QnA, add yours, atau konten interaktif lainnya.

Tidak hanya dilakukan pada unggahan story saja, Sobat MEA juga bisa membuat konten interaktif yang diunggah pada feed dengan memberikan konten kuis, giveaway, tag teman, game, dan lainnya. Jangan lupa juga untuk selalu merespon komentar dan DM dari audiens, ya!

5. Instagram Live

cara meningkatkan konversi di Instagram

Cara meningkatkan konversi di Instagram berikutnya juga bisa Sobat MEA lakukan melalui Instagram Live. Di sini, Sobat MEA bisa berinteraksi dengan audiens secara langsung. Pastikan Sobat MEA melakukan live di waktu banyak audiens yang membuka Instagram agar semakin banyak yang menonton live streaming yang dilakukan.

Siapkan materi live streaming, produk, dan perlengkapan yang memadai agar live Instagram bisa berjalan dengan lancar. Gunakan bahasa yang komunikatif dan ciptakan suasana yang menyenangkan agar audiens betah menonton live Sobat MEA.

6. Instagram Ads

Sesuai namanya, Instagram Ads adalah fitur yang bisa Sobat MEA manfaatkan untuk mengiklankan suatu konten agar bisa menjangkau target audiens yang sudah ditentukan. Iklan akan muncul pada beranda pengguna yang tertarik pada produk Sobat MEA yang akan meningkatkan potensi pembelian dari audiens.

7. Evaluasi Berkala

Itu dia pembahasan lengkap mengenai 7 cara meningkatkan konversi di Instagram yang bisa Sobat MEA lakukan sendiri. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment