7 Cara Meningkatkan Konversi di TikTok Shop Biar Makin Laris

by Fanny
Cara Meningkatkan Konversi di TikTok Shop

TikTok Shop adalah salah satu platform yang bisa Sobat MEA jadikan sebagai tempat untuk menjual produk secara online. Saat ini, banyak orang yang memilih untuk membeli produk dari TikTok Shop dibandingkan aplikasi lainnya karena mereka bisa melihat ulasannya terlebih dahulu dari pengguna lain, sehingga mereka memiliki gambaran yang lebih baik tentang suatu produk. 

Namun Sobat MEA sebagai penjual tidak bisa hanya mengandalkan review dari pengguna lainnya saja. Apalagi jika Sobat MEA baru saja membuka toko di aplikasi ini. Oleh karena itu, Sobat MEA perlu mengetahui bagaimana cara meningkatkan komversi di TikTok Shop yang bisa dilakukan oleh pemula secara efektif.

Dalam artikel ini, kami akan membagikan 7 cara meningkatkan konversi di TikTok Shop yang bisa Sobat MEA lakukan untuk meningkatkan penjualan secara efektif dan efisien. Penasaran? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Table of Contents

Cara Meningkatkan Konversi di TikTok Shop

Mau penjualan di TikTok semakin meningkat?
Gabung ke MCN TikTok MEA dan dapatkan berbagai benefitnya buat toko kamu dengan klik di sini!

Sebagai penjual, pastinya Sobat MEA ingin bisa menjual sebanyak mungkin produk, bukan? Menghasilkan banyak penjualan sendiri menjadi salah satu tujuan utama yang ingin diraih oleh penjual. Inilah mengapa banyak pebisnis online di TikTok Shop yang mencari tahu bagaimana cara meningkatkan konversi di TikTok Shop.

1. Optimalkan Katalog Produk

Hal pertama yang bisa Sobat MEA lakukan untuk meningkatkan penjualan adalah dengan menarik perhatian pembeli terlebih dahulu. Ini bisa dilakukan dengan mengoptimalkan katalog produk. Mulai dari foto produk hingga deskripsi produk, semua harus Sobat MEA tampilkan dengan baik.

Bingung kenapa konten TikTok susah masuk FYP?
Gabung ke komunitas yang dipandu oleh Coach bisnis online berpengalaman dan temukan jawabannya di sini. GRATIS!

Bayangkan Sobat MEA adalah pembeli, lalu Sobat MEA mengunjungi toko online di TikTok Shop. Foto sudah menarik, harga juga sudah cocok, namun tidak ada deskripsi produk yang memberikan informasi lebih lengkap mengenai produk tersebut. Pastinya Sobat MEA menjadi ragu untuk membeli produk tersebut, bukan? Atau terjadi sebaliknya. 

Deskripsi produk sudah lengkap namun foto produknya blur atau tidak detail. Hal ini juga akan menurunkan keinginan untuk membeli, bukan? Jadi, pastikan Sobat MEA bisa mengoptimalkan katalog produk agar tampilannya menarik dan informatif sebagai salah satu cara meningkatkan konversi di TikTok Shop, ya!

2. Kenali Audiens

Cara meningkatkan konversi di TikTok Shop selanjutnya adalah dengan memahami kebutuhan audiens. Jualan di Tiktok Shop membuat Sobat MEA juga harus rajin membuat konten agar produk bisa menjangkau target audiens yang sesuai. Nah dengan mengenali target audiens, Sobat MEA akan jadi lebih mudah untuk melakukan pendekatan produk melalui konten yang menarik.

cara meningkatkan konversi di TikTok Shop

Untuk itu, pastikan Sobat MEA sudah memiliki target audiens yang spesifik. Seperti misalnya saja Sobat MEA menjual produk seprai yang adem dengan harga terjangkau serta motif yang menarik. Nah Sobat MEA bisa menargetkan anak-anak kos atau mahasiswa dengan budget yang pas-pasan namun ingin punya seprai yang nyaman dan estetik. Jadi untuk target marketnya sendiri bisa Sobat MEA susun dengan: pria dan wanita usia 18-25 tahun yang merupakan mahasiswa dan pekerja dan bertempat tinggal di area Pulau Jawa dan Bali.

Artikel Terkait  3 Cara Melihat Orang yang Melihat Video TikTok Kita. Kreator Wajib Tahu!

Dengan target audiens yang dibuat dengan spesifik seperti ini, maka Sobat MEA akan lebih mudah untuk membuat konten yang relevan dan sesuai dengan kesukaan serta kebutuhan audiens.

3. Manfaatkan TikTok Ads

Cara meningkatkan konversi di TikTok Shop berikutnya adalah dengan memanfaatkan TikTok Ads. Di sini, Sobat MEA bisa membuat konten khusus untuk iklan dan menentukan budget iklan sesuai dengan kebutuhan. Iklan ini nantinya akan muncul ke target audiens yang sudah ditentukan, sehingga konten bisa muncul pada calon pembeli yang potensial. Dengan begitu, Sobat MEA bisa meningkatkan penjualan.

4. Gabung MCN

MCN (Multi-Channel Network) saat ini menjadi pilihan banyak pebisnis online mengingat kemudahan dan benefit yang bisa Sobat MEA dapatkan. MCN sendiri adalah pihak ketiga yang menjembatani Sobat MEA sebagai penjual dengan para konten kreator dan influencer yang bergabung ke program TikTokk Shop Affiliate.

Seperti yang kita ketahui, para konten kreator ini bisa mempromosikan produk Sobat MEA di akun pribadi mereka. Tentunya hal ini akan menguntungkan Sobat MEA sebagai penjual karena produk akan mencapai target audiens yang semakin luas. Namun tidak semua konten kreator memiliki niche dan audiens yang konsisten. Inilah mengapa bergabung eke MCN TikTok menjadi salah satu cara meningkatkan konversi di TikTok, yaitu karena kreator yang bergabung di MCN sudah berpengalaman dan memiliki audiens yang jelas. Jadi produk Sobat MEA akan mencapai ke pasar yang tepat dan potensial.

5. Gunakan TikTok Creative Center

TikTok Creative Center adalah website yang menyediakan berbagai analisis dari performa iklan yang ada di TikTok. Situs ini juga menyediakan data konten yang sedang trending dan bisa Sobat MEA jadikan sebagai referensi untuk membuat konten maupun video iklan.

Artikel Terkait  Cara Aktifkan Fitur Etalase TikTok Shop Alias Showcase. Mudah!

Situs ini akan sangat membantu Sobat MEA karena fiturnya yang sangat lengkap. Sobat MEA bisa melihat performa berbagai jenis iklan mulai dari lokasi, kategori, target, waktu tayangan, CTR, dan lain sebagainya.

6. Tingkatkan Interaksi dengan Audiens

apa itu TikTok Insight

Cara meningkatkan konversi di TikTok Shop berikutnya bisa Sobat MEA lakukan dengan meningkatkan interaksi dengan audiens. Hal ini bisa Sobat MEA lakukan dengan menjawab komentar audiens, membalas komentar dengan konten, melakukan live streaming dan berinteraksi dengan audiens, dan lainnya. Metode ini akan emmbuat audiens merasa dlibatkan dalam konten dan dan menunjukkan bahwa mereka penasaran dan ingin tahu lebih banyak mengenai produk Sobat MEA.

7. Cek Performa TikTok Shop

Last but not least, Sobat MEA juga bisa meningkatkan penjualan dengan memantau dan mengevaluasi kinerja TikTok Shop. Mulai dari konten mana yang memiliki engagement tertinggi, iklan mana yang paling hemat dan menghasilkan banyak penjualan, hingga kerjasama dengan influencer mana yang paling menguntungkan. Dengan mengetahui semua informasi ini, maka Sobat MEA bisa menyusun strategi pemasaran berikutnya agar lebih tepat dan sesuai dengan tujuan yang sudah ditetapkan.

Itu dia pembahasan lengkap mengenai 7 cara meningkatkan konversi di TikTok yang bisa Sobat MEA coba. Semoga ulasan ini bermanfaat, ya!

You may also like

Leave a Comment