Bisnis Makin Dikenal? Gini 6 Cara Meningkatkan Reach Instagram Secara Efektif!

by Viki
cara meningkatkan reach instagram

Seperti yang kita ketahui, Instagram telah menjadi salah satu platform media sosial yang potensial untuk berkarya maupun berbisnis. Tidak heran jika Instagram mulai dimanfaatkan untuk mengoptimalkan strategi marketing. Tapi dalam hal ini, penting untuk memahami Reach Instagram dan cara meningkatkan Reach Instagram itu sendiri untuk mendapatkan keuntungan tersebut.

Apa Itu Reach Instagram?

Mau Tahu Cara Jualan di Sosial Media yang Baik dan Benar?

Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Singkatnya, menurut laman Glints, Reach adalah angka yang menunjukkan berapa orang yang melihat kontenmu. Artinya Reach media sosial merujuk pada jumlah pengguna yang melihat suatu postingan dalam periode tertentu. Sedangkan Reach Instagram bisa dilihat dalam statistik postingan melalui tools yang tersedia pada akun Instagram.

Dalam hal ini, semakin banyak pengguna yang melihat postingan Instagram, semakin tinggi reach yang akan didapatkan. Artinya, Sobat MEA berpotensi untuk mendapatkan interaksi dan keterlibatan yang tinggi pada postingan tersebut. Ini tentu penting bagi pebisnis. Semakin tinggi reach, semakin mudah untuk memperluas jangkauan merek atau produk dan meningkatkan penjualan.

Cara Meningkatkan Reach Instagram

Dalam hal ini, ada 6 cara meningkatkan reach Instagram yang bisa Sobat MEA lakukan. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buatlah Konten yang Berkualitas

Kualitas konten adalah kuncinya. Pastikan untuk membuat konten dengan menampilkan gambar atau video yang menarik, berkualitas, dan relevan dengan target audiens. Lakukan pengaturan untuk fotografi dan editing yang baik, serta pertimbangkan untuk berinvestasi dalam kamera atau ponsel dengan kemampuan kamera yang lebih baik.

Jasa Pembuatan Konten Sosmed MEA

Mau tampilan tokomu di IG ditemukan oleh lebih banyak konsumen? Yuk percayakan pada tim konten MEA yang siap hadirkan konten yang menarik lebih banyak reach!

2. Posting pada Waktu yang Tepat

3. Gunakan Hashtag yang Relevan

Hashtag memungkinkan kontenmu ditemukan oleh orang yang belum mengikutimu. Gunakan kombinasi hashtag yang relevan dan populer dalam setiap konten yang dibuat untuk meningkatkan visibilitas. Gunakan hingga 30 hashtag per postingan, dan pertimbangkan untuk membuat hashtag khusus untuk merek atau kampanye.

4. Manfaatkan Fitur Stories

Instagram Stories adalah alat yang kuat untuk meningkatkan reach. Gunakan jenis konten Stories untuk berbagi kegiatan di belakang layar, atau tawaran khusus. Gunakan stiker interaktif seperti jajak pendapat atau tanya jawab untuk melibatkan pengikutmu lebih jauh.

5. Rencanakan Strategi Kontes

Kontes adalah cara yang bagus untuk meningkatkan keterlibatan dan reach. Buatlah kontes yang seru untuk menarik perhatian pengguna Instagram lain dan tawarkan hadiah yang berkesan untuk meningkatkan partisipasi. Sobat MEA bisa meminta mereka menyebarkan konten dengan berbagi postingan atau mengundang teman mereka untuk berpartisipasi.

6. Gunakan Instagram Ads

Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk menggunakan fitur Instagram Ads untuk meningkatkan reach secara instan. Instagram menawarkan beragam pilihan iklan yang dapat Sobat MEA sesuaikan dengan tujuanmu, seperti meningkatkan kunjungan profil, klik situs web, atau peningkatan jumlah pengikut.

Kira-kira itulah cara meningkatkan reach Instagram yang tentunya memerlukan usaha yang penuh dedikasi dan kreativitas. Dengan mengikuti strategi di atas, Sobat MEA dapat meningkatkan visibilitas konten, menjangkau lebih banyak audiens, serta membuat pengguna lain terkesan dengan bisnis yang dijalankan. 

Ingatlah untuk beradaptasi dengan perubahan algoritma Instagram dan tetap hadirkan konten yang relevan dan menarik bagi audiens untuk tetap eksis di Instagram. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment