5 Cara Meningkatkan Repeat Order Untuk Omzet Lebih Stabil

by Viki
cara meningkatkan repeat order

Bagi pebisnis, terciptanya minat yang tinggi pada konsumen pada produk atau jasa merupakan tujuan dari bisnis yang dijalankan. Apalagi ketika pelanggan melakukan pembelian berulang (repeat order). Ini menunjukkan bahwa produk tersebut mulai diterima oleh masyarakat. Dalam hal ini, penting bagi pebisnis untuk memahami cara meningkatkan repeat order pada pelanggan. 

Menariknya, menarik pelanggan lama untuk melakukan transaksi berulang lebih mudah dibanding mencari pelanggan baru. Melansir dari Shopify, ada beberapa dari pentingnya repeat order dari pelanggan lamayaitu antara lain pelanggan lama menghabiskan uang yang lebih banyak dari pelanggan baru, dan mereka bisa bantu mempromosikan bisnis Anda ke teman dan saudara terdekatnya dengan strategi mouth-to-mouth atau dari mulut ke mulut. 

Lantas, bagaimana cara meningkatkan repeat order yang perlu dilakukan? Dalam artikel ini, MiMe akan bagikan tutorial mudah. Yuk, simak tutorial lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Repeat Order?

Mau Tahu Cara Jualan Online yang Baik dan Benar?

Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Belajar Jualan Online MEA sekarang juga!

Singkatnya, repeat order adalah pembelian berulang yang dilakukan oleh pelanggan yang sudah pernah membeli produk atau jasa yang dijual. Tingginya repeat order di tokomu, menandakan bahwa pelangga merasa puas terhadap produkmu. 

Repeat order berperan besar dalam bisnis di mana ini memberikan keuntungan tersendiri bagi penjual. Itulah mengapa repeat order menjadi tujuan besar bisnis. Terlebih, repeat order tidak memakan biaya operasional, penghasilan lebih stabil, serta menunjukkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan yang tinggi. 

Cara Menghitung Repeat Order

Jasa Optimasi Toko Online Profesional

Mau tokomu menghasilkan penjualan yang lebih tinggi dengan pelanggan yang loyal? Serahkan saja keinginanmu pada tim optimasi toko online yang terpercaya ini!

Jika sudah, masukanlah kedua angka tersebut pada rumus berikut:

Contoh:

UKM A ingin mengetahui seberapa besar presentasi repeat order pada 3 bulan terakhir (agustus-oktober 2023). Jumlah pelanggan yang bertransaksi selama 3 bulan terakhir yaitu 2000 pelanggan. Sedangkan jumlah pelanggan yang pernah membeli produk lebih dari satu kali sebanyak 500 pelanggan. 

Mari kita hitung repeat purchase rate yaitu 500/2000×100 = 25%. Artinya, tingkat repeat order yang dilakukan oleh UKM A sebesar 25%. Semakin besar repeat order purchase, maka semakin bagus produk dan jasa yang dijual serta keuntungan yang didapatkan. 

Cara Meningkatkan Repeat Order

Biasanya jumlah pelanggan yang repeat order lebih sedikit daripada pelanggan yang hanya membeli produk sebanyak satu kali. Dalam hal ini, Sobat MEA perlu strategi yang jitu untuk mempertahankan serta meningkatnya jumlah repeat ordernya. 

Adapun cara meningkatkan repeat order yang perlu dillakukan, berikut langkah-langkahnya:

Bangun Hubungan dan Respon dengan Cepat

Setiap pelanggan tentu ingin mendapatkan pelayanan yang sebaik-baiknya. Oleh karena itu, penting bagi pebisnis untuk memberikan respon yang cepat tanggap terhadap pertanyaan dan kebutuhan yang diajukan oleh pelanggan. 

Tidak sedikit pelanggan yang justru membatalkan transaksi hanya karena pelayanan yang buruk. Ini dapat menimbulkan kesan dan pengalaman tersendiri yang berbekas pada pelanggan. 

Jangan sampai pelangganmu mengeluhkan pesan yang lama dibalas ataupun sikap lainnya saat menanggapi pelanggan. Sebaiknya buatlah standar pelayanan pelanggan dan KPI yang terstruktur agar Sobat MEA dan tim bisnis bekerja secara optimal. 

Tingkatkan Kualitas Produk Atau Jasa

Gunakan standar operasional yang baku terhadap proses produksi dan pemberian layanan. Lakukan pemantauan juga terhadap kualitas produk dan pelayanan, serta lakukan evaluasi rutin setiap bulannya. 

Jika perlu, bagikan konten mengenai proses di belakang layar seputar proses produksi yang menunjukkan bahwa bisnismu memang memiliki prosedur yang berkualitas. Ini tentunya dapat menarik minat pelanggan untuk terus bertransaksi sekaligus meningkatkan brand awareness bisnis.  

Email Marketing

Sobat MEA juga bisa menggunakan email marketing alias strategi pemasaran dan promosi yang dilakukan melalui email. Tidak semua email dapat dikirimkan, email marketing sendiri berisi informasi terkini seputar penawaran produk, promosi, hingga konten terbaru yang dibagikan. 

Email marketing dapat dilakukan melalui website atau aplikasi yang dikustomisasi dan dikirimkan ke seluruh database email pelanggan. 

Untuk mendapatkan database email pelanggan, Sobat MEA dapat memberikan diskon atau potongan harga setelah pelanggan menginput email untuk berlangganan. 

Berikan Poin Untuk Setiap Transaksi

Selain itu, Sobat MEA juga bisa memberikan poin pada setiap transaksi yang dilakukan oleh pelanggan. Ini terbukti efektif dalam menarik minat mereka untuk melakukan repeat order. Cara ini juga sudah digunakan oleh bisnis F&B yang menerapkan sistem digital melalui aplikasi masing-masing. 

Beberapa supermarket juga biasanya memberikan poin atau stempel yang bisa ditukarkan dengan barang tertentu atau potongan harga untuk pembelian selanjutnya. Atau beri juga reward yang lebih besar jika pelanggan melakukan transaksi dalam jumlah besar setelah kedatangan yang kesekian kalinya. 

Buatlah Program Loyalitas Pelanggan

Sobat MEA tentu saja ingin mendapatkan pelanggan yang setia dan loyal terhadap bisnismu. Nah, untuk membuat mereka loyal, Sobat MEA bisa membuat program loyalitas pelanggan. 

Demikian beberapa cara meningkatkan repeat order yang bisa Sobat MEA lakukan. Bagaimana? Mudah, bukan? Yang terpenting adalah lakukan dengan konsisten dan kesabaran. Karena tidak semua usaha memberikan hasil yang instan. Dan tetaplah berinovasi agar pelanggan pun semakin tertarik dengan bisnismu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment