Cara Menjadi Host Live Streaming dan 5 Tips Penonton Live Rame Terus!

by Husna Rahman
cara menjadi host live streaming TikTok

Live streaming TikTok sekarang sedang menjadi bentuk hiburan baru yang digandrungi banyak orang. Nggak cuman hiburan, live streaming TikTok juga bisa menjadi plaform untuk berjualan. Karena itu, Sobat MEA sebagai content creator maupun seller harus mengerti dan mengetahui bagaimana cara menjadi host live streaming untuk menjaga live streaming tetap ramai penonton.

Dalam sebuah live streaming, host adalah orang yang memandu sekaligus mengendalikan siaran agar lebih hidup, menarik sekaligus memastikan siaran berjalan lancar.. Karena posisi ini amat penting, nggak mengherankan kalau belakangan ini banyak perusahaan besar maupun UMKM yang mencari host live stream profesional.

Host atau pemandu live streaming ini umumnya adalah seorang content creator maupun seorang seller yang menjual produk yang ia miliki. Karena sedang ramai, Sobat MEA harus mengetahui bahwasannya menjadi host live streaming yang baik akan punya peran penting.

Cara Menjadi Host Live Streaming TikTok

Yuk gabung Komunitas Bisnis Online MEA Digital Marketing

Kamu bisa belajar bareng seller TikTok Shop lain di Grup Komunitas TikTok MEA!

Sebenarnya semua orang bisa menjadi seorang host live streaming. Namun, nggak semua orang bisa menjadi host atau pembawa acara yang baik. Emang gimana sih cara jadi seorang host live streaming yang baik? Nah setidaknya ada beberapa skill yang harus Sobat MEA miliki. Oke daripada berbasa-basi lagi, langsung simak selengkapnya di bawah ini!

1. Punya Kemampuan Public Speaking

2. Mengetahui Teknis Live Streaming TikTok

Meskipun bukan tugas utama seorang host, akan menjadi nilai plus jika Sobat MEA mengerti beragam hal teknis dalam sebuah siaran langsung. Misalnya, pengaturan visual, pencahayaan, angle kamera, audio sampai menstabilkan koneksi internet.

Jika siaran langsung Sobat MEA ditujukan untuk berjualan, maka Sobat MEA wajib untuk mengetahui dashboard atau fitur-fitur live streaming yang ada. Contoh fitur live streaming untuk berjualan ini mulai dari etalase, pengaturan diskon, pengaturan promosi, sampai mengatur fitur diskon saat live.

3. Wajib Bisa Menulis Script Konten dan Konsep Live

cara menjadi host live streaming

Live streaming yang baik selalu memiliki konsep. Karena itu, seorang host wajib hukumnya untuk bisa membaca script atau konsep yang diajukan oleh tim kreatif. 

Jika memang belum memiliki tim, secara otomatis sebagai host, Sobat MEA juga harus bisa menulis script persiapan konten serta konsep live streaming-nya. Skill ini dijamin dapat membantu Sobat MEA untuk meningkatkan kualitas siaran setiap harinya.

4. Kemampuan Berinteraksi Dengan Penonton

Saat melakukan live streaming interaksi dengan penonton juga dibutuhkan. Pembawaan yang santai juga akan membuat penonton lebih nyaman loh. Dengan berinteraksi, Sobat MEA dapat membangun hubungan yang erat dengan para penonton.

Semakin akrab Sobat MEA  dengan penonton maka semakin besar juga kesempatan meningkatkan jumlah penonton. Cara beriteraksi juga nggak sulit. Sobat MEA cukup menyapa dan juga membaca komentar dan menjawabnya.

5. Skill Menggunakan Call To Action (CTA)

Sebagai seorang host, Sobat MEA harus bisa tepat menggunakan CTA. Ada beberapa contoh CTA untuk live streaming yang bisa Sobat gunakan:

  • Minta audiens untuk menonton live pada waktu yang sudah Sobat MEA tentukan
  • Memberi tahu audiens untuk mengunjungi situs website
  • Meminta penonton untuk mengklaim diskon atau potongan harga yang sudah Sobat MEA siapkan
  • Minta penonton untuk FLKS TikTok (Follow, Like Komentar dan Share) untuk optimasi akun.

5 Tips Agar Viewers Live Streaming Stabil

cara menjadi host live streaming

Setelah mengetahui hal-hal penting di atas, sekarang kita akan membagikan 5 tips agar penonton live streaming tetap stabil dan merasa betah menonton siaran kamu. Berikut ini 4 tips yang harus Sobat MEA praktekan. Simak!

1. Bangun Persona Sebagai Host

Untuk menjadi host yang baik, Sobat MEA membutuhkan sebuah persona sebagai pembeda dari host lain. Karena itu, Sobat MEA harus mulai mencari ciri khas dan memiliki persona tersendiri agar bisa menghipnotis penonton. Mulai tanya, apa kelebihan Sobat MEA? Di bidang apa Sobat MEA merasa expert? Coba Sobat MEA perhatikan, seorang live streamer terkenal mulai dari Windah Basudara sampai Richard Lee, semuanya pasti memiliki persona tersendiri.

2. Kenali Audiens Akun

Setelah bisa membangun persona sebagai host, hal yang selanjutnya wajib Sobat MEA lakukan adalah mulai riset untuk mengetahui audiens pada akun. Coba perhatikan topik apa saja yang disukai oleh audiens. 

Kamu juga bisa meriset audiens dari lokasi sampai umur agar nantinya Sobat MEA bisa menyesuaikan gaya bahasa untuk menjelaskan produk sampai berinetaksi dengan penonton.

3. Bangun Integritas dan Kepercayaan

cara menjadi host live streaming

4. Mencari dan Menganalisa Prime Time

Tips selanjutnya adalah menganalisa prime time. Yup, Sobat MEA harus melakukan live streaming di berbagai jam. Lakukan test siaran pagi hari, siang, sore, malam atau tengah malam. Analisa pada jam apa sih live Sobat MEA lebih ramai? Jika sudah dapat, Sobat MEA tinggal konsisten melakukan live pada prime time tersebut.

5. Buat Segmen Agar Live Lebih Terkonsep

Hal selanjutnya yang bisa Sobat MEA lakukan adalah membuat segmen agar live streaming lebih terkonsep. Misalnya Sobat MEA bisa membagi waktu kapan untuk melakukan review produk, segmen hiburan, baca-baca komentar sampai waktunya berjualan. Jadi jangan terus berjualan sepanjang live. Kalau jualan terus, penonton bakalan kabur loh!

Nah itulah cara jadi host live streaming beserta 4 tips dan trik agar penonton live tetap stabil dan ramai. Tips-tips di atas ini bisa digunakan di berbagai platform live streaming. Baik itu live streaming TikTok, Shopee, Facebook sampai YouTube.

You may also like

Leave a Comment