5 Cara Menjadi Sales yang Baik untuk Capai Target Penjualan

by Viki
cara menjadi sales yang baik

Apakah Sobat MEA tertarik menjadi seorang sales? Atau sudah berkecimpung di dunia sales pemasaran? Sudah tahu belum bagaimana cara menjadi sales yang baik? Ini penting untuk membantumu meraih kesuksesan dalam karier seorang pemasar. 

Pasalnya sales dapat menjadi ujung tombak bagi perusahaan. Ketika bisnis memiliki sales yang baik, mereka akan lebih mudah dalam mencapai keberhasilan pemasaran. Itulah mengapa setiap perusahaan pasti hanya merekrut kandidat sales yang berkualitas.

Maka penting untuk memahami bagaimana cara menjadi sales yang baik jika Sobat MEA ingin berkarier di dunia pemasaran. Tapi tenang saja, MiMe akan menguraikan panduannya di bawah ini!

Table of Contents

5 Cara Menjadi Sales yang Baik

Sederhananya, Sales adalah proses penawaran produk yang dilakukan oleh penjual kepada konsumen hingga menghasilkan transaksi penjualan. Adapun orang yang melakukan kegiatan ini disebut sebagai sales atau salesperson. Jika Sobat MEA tertarik atau bahkan baru menggeluti pekerjaan ini, berikut beberapa cara menjadi sales yang baik yang perlu diikuti, antara lain:

1. Pahami Produk dengan Baik

Perlu diingat, sales memiliki hubungan yang erat dengan produk yang dijual. Jangan heran jika hal pertama yang harus terkait di benak sales yaitu pduk. Jika Sobat MEA tertarik untuk berkarier di bidang marketing, Sobat MEA dituntut untuk memahami produk yang akan dipasarkjan dengan baik.

Hal ini dikarenakan pelanggan biasanya tidak terlalu mengenal produk yang ditawarkan, terutama calon pelanggan baru. Inilah yang menjadi tugasmu agar mereka mendapatkan informasi produk tersebut termasuk manfaat, fitur yang dimiliki, hingga batasan-batasan pada produk.

Mau Tahu Rahasia Sukses Jadi Sales?
Yuk jadikan peluang sales lebih mudah lewat strategi yang tepat hanya ada di komunitas bisnis MEA!

2. Kenali Target Pelanggan

Seorang sales juga bisa dikatakan sebagai pemasar. Maka penting sekali untuk mengenali target pelanggan terlebih dahulu. Ini berguna agar Sobat MEA tidak sembarangan dalam mendatangi orang-orang untuk menjadi pelangganmu. 

Dalam hal ini, Sobat MEA bisa memulainya dengan mengetahui demografi calon pelanggan. Sobat MEA harus memahami siapa saja yang perlu mendapatkan manfaat dari produk yang dijual. Berapa usianya? Apa pekerjaannya? Kapan waktu terbaik untuk menghubungi atau mendatangi mereka? Apa jenis kelaminnya?

Lalu hubungi mereka dengan pain point untuk memudahkanmu dalam melakukan interaksi dengan pelanggan. 

3. Tingkatkan Kemampuan Presentasi

Pastikan Sobat MEA juga memiliki kemampuan presentasi yang baik. Ini berkaitan dengan caramu dalam menjelaskan produk kepada pelanggan. Presentasi yang baik dalam membuat pelanggan tidak keberatan mendengarkan penjelasanmu mengenai produk.

Dengan presentasi yang baik, Sobat MEA dapat menjalankan rencana pemasaran yang telah dirancang seperti, mempromosikan manfaat dari produk hingga apa yang menjadi pembeda. 

4. Jangan Memaksakan Calon Pelanggan

Dikutip dari laman Entrepreneur, Timo Tain yang merupakan seorang mantan sales dan pebisnis profesional mengatakan bahwa terlalu memaksa pelanggan akan membuatmu gagal. 

Bahkan hal ini hanya akan membuat calon pelanggan tidak percaya dengan apa yang ditawarkan. Itulah mengapa Sobat MEA perlu mengenali keinginan dan kebutuhan mereka terlebih dahulu. 

5. Gunakan Penolakan Sebagai Peluang

Justru, jadikanlah kesuksesan tersebut sebagai tambahan motivasi untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. Jadikan setiap penolakan sebagai bahan evaluasi diri. Apa yang salah? Bagaimana presentasi yang telah disampaikan? Apa yang perlu ditingkatkan?

Nah, begitulah beberapa tips atau cara menjadi sales yang baik yang perlu diterapkan. Dengan begitu, Sobat MEA memiliki panduan ketika tertarik untuk menggeluti bidang pemasaran. Bukan hanya untuk sales, bahkan jika Sobat MEA tertarik membangun bisnis pun, artikel ini akan sangat bermanfaat untuk menggaet banyak pelanggan. Jadi, selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment