5 Cara Menjadi TikTok Affiliate yang Sukses. Wajib Dicoba!

by Fanny
kenapa daftar TikTok Affiliate ditolak

Cara menjadi TikTok Affiliate yang sukses banyak dicari oleh pengguna TikTok mengingat dalam program ini banyak diminati oleh creator sehingga Sobat MEA memiliki banyak kompetitor. Seperti yang kita ketahui, TikTok bukan hanya menjadi aplikasi yang digunakan untuk membagikan konten saja, namun juga untuk mendapatkan uang tambahan.

Untuk itu agar mampu bersaing dengan kompetitor, Komunitas MEA akan membagikan 5 cara menjadi TikTok Affiliate yang sukses dan bisa Sobat MEA terapkan untuk meningkatkan penjualan dan meraih komisi sebanyak mungkin. Daripada penasaran, yuk langsung simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Table of Contents

Apa itu TikTok Shop?

buku tiktok shop

Sebelum membagikan cara menjadi TikTok Affiliate yang sukses, kami akan menjelaskan sedikit mengenai apa itu TikTok Shop Affiliate terlebih dahulu. Pada dasarnya, cara kerja TikTok Affiliate serupa dengan program afiliasi lainnya, yaitu Sobat MEA membuat konten untuk memasarkan suatu produk dan mencantumkan link produk tersebut ke dalam konten.

Selanjutnya, Sobat MEA akan mendapatkan komisi jika ada penonton yang membeli produk dari konten yang Sobat MEA buat. Komisinya pun beragam tergantung dari yang sudah ditentukan oleh pihak penjual. Jadi semakin banyak yang membeli produk tersebut, maka akan semakin banyak pula komisi yang akan Sobat MEA dapatkan. Oleh karena itu, Sobat MEA harus mengetahui bagaimana cara menjadi TikTok Affiliate yang sukses.

Cara Daftar TikTok Shop Affiliate

Mau tau caja efektif jualan di TikTok Shop?
Gabung ke komunitas dan pelajari caranya dari ahlinya langsung. Gratis!
  • Pastikan Sobat MEA sudah memiliki akun TikTok terlebih dahulu, kemudian masuk ke TikTok Seller Center melalui browser atau bisa klik di sini.
  • Masuk dengan akun TikTok kreator Sobat MEA.
  • Setujui pop up syarat dan ketentuan yang muncul, lalu lanjutkan dengan klik Authorized untuk menyetujuinya.
  • Masukkan data yang diminta seperti nomor telepon, alamat email, alamat rumah, dan informasi lainnya yang dibutuhkan. Jika sudah, klik centang pada pernyataan terakhir di halaman informasi dasar.
  • Verifikasi data KTP dan selfie dengan memegang KTP, kemudian lengkapi data yang diminta.
  • Klik Simpan dan tunggu email dari TikTok yang mengirimkan bukti pendaftaran.
  • Setelah mendapatkan email, masuk ke aplikasi TikTok dan buka menu Pengaturan dan privasi dengan mengklik tiga garis di sebelah kanan atas pada halaman profil akun.
  • Pilih menu TikTok Shop kemudian pilih produk yang ingin Sobat MEA promosikan. Sobat MEA juga bisa melihat besaran komisi yang ditawarkan.

5 Cara Menjadi TikTok Affiliate yang Sukses

Cape ngonten tapi komisi affiliate nggak kerasa besar?
Saatnya gabung ke agency creator MCN TikTok MEA sekarang juga!

Setelah mengetahui bagaimana cara kerja dan cara mendaftar TikTok Shop Affiliate, sekarang saatnya kami membagikan cara menjadi TikTok Affiliate yang sukses yang bisa Sobat MEA lakukan dengan 5 tips mudah di bawah ini:

1. Pilih Niche yang Tepat

Untuk membuat suatu konten, tentunya Sobat MEA harus mengetahui produk apa yang ingin dipasarkan. Ini adalah salah satu langkah untuk menentukan niche yang tepat. Pastikan Sobat MEA memiliki pengetahuan seputar produk mengingat Sobat MEA akan menggunakan niche affiliate ini secara konsisten.

2. Pilih Produk yang Berkualitas

cara menjadi TikTok Affiliate yang sukses

Ada banyak penjual yang mendaftarkan produk mereka ke program TikTok Shop Affiliate agar bisa dipromosikan oleh para affiliator. Agar Sobat MEA bisa melakukan cara menjadi TikTok Affiliate yang sukses, Sobat MEA harus selektif dalam memilih produk yang akan dipromosikan.

Untuk melihat kualitasnya, Sobat MEA bisa membaca ulasan pembeli terlebih dahulu. Bisa juga coba untuk mencari produknya di marketplace lain dan lihat bagaimana ulasan produk tersebut. Singkatnya, melakukan riset produk affiliate menjadi langkah yang nggak boleh Sobat MEA lewatkan. 

Jika hasil riset produk menunjukan hasil yang kurang baik, sebaiknya hindari mempromosikan produk karena ditakutkan akan sedikit orang yang tertarik untuk membelinya, sehingga komisi yang Sobat MEA dapatkan pun akan lebih sedikit.

3. Buat Konten yang Berkualitas

Cara menjadi TikTok Affiliate yang sukses berikutnya adalah dengan membuat konten yang berkualitas. Penonton suka melihat sesuatu yang sedap dipandang, solutif, dan informatif. Maka Sobat MEA bisa membuat konten berupa video tutorial, review, cara pemakaian, tips, dan konten bermanfaat lainnya. 

Jika bingung mencari konten, Sobat MEA bisa melakukan riset konten Affiliate dengan berbagai cara. Mulai melakukan riset konten menggunakan hashtag, melakukan riding the way yang dibuat akun affiliate besar sampai riset menggunakan fitur TikTok Creative Center.

4. Interaksi

cara menjadi TikTok Affiliate yang sukses

Salah satu bukti bahwa konten yang Sobat MEA buat ini berhasil adalah dengan bagaimana penonton memberikan reaksi. Reaksi ini bisa berupa mereka memberikan like, meninggalkan komentar, hingga membagikan konten Sobat MEA. Nah sebagai pemilik konten, Sobat MEA tidak boleh diam saja. Lakukan interaksi dengan audiens agar mereka merasa dilibatkan.

5. Evaluasi Performa Konten

Jangan lupa untuk selalu memantau performa konten yang pernah dibuat. Cara menjadi TikTok Affiliate yang sukses ini bertujuan agar Sobat MEA mengetahui jenis konten apa yang paling banyak menghasilkan penjualan dan konten apa saja yang performanya kurang baik. Jangan lupa untuk selalu meningkatkan kualitas konten agar Sobat MEA bisa meraih semakin banyak komisi.

Sekian pembahasan lengkap mengenai cara menjadi TikTok Affiliate yang sukses. Semoga membantu. Semangat!

You may also like

Leave a Comment