Cara Menonaktifkan Terjemahan di TikTok dan Teks Otomatis!

by Fanny
Cara menonaktifkan terjemahan di TikTok

TikTok adalah aplikasi yang memiliki pengguna dari berbagai negara. Sobat MEA bisa melihat konten yang dibuat oleh kreator dari negara lain. Tentunya hal ini menjadi sesuatu yang menarik karena Sobat MEA bisa melihat semakin banyak jenis konten yang menarik. Sayangnya, penggunaan bahasa yang berbeda menjadi penghalang untuk menikmati konten tersebut.

Untungnya, TikTok menyediakan fitur terjemahan yang bisa mengartikan setiap kata yang diucapkan oleh konten kreator. Kami pernah membahas tentang cara mengaktifkan terjemahan di TikTok dan apa saja keuntungannya. Namun pada artikel kali ini, kami akan membahas bagaimana cara menonaktifkan terjemahan di TikTok yang bisa Sobat MEA lakukan dengan mudah.

Cara Menonaktifkan Terjemahan di TikTok

Mau tahu cara baru dapetin cuan lewat TikTok?

Yuk langsung aja gabung di grup content creator MEA sekarang juga dan sharing bareng creator lainnya!

Mengaktifkan terjemahan otomatis di TikTok memang membantu banyak pihak. Mulai dari kreator yang bisa menjangkau semakin banyak audiens dari berbagai negara, membantu kita memahami suatu konten tanpa harus mempelajari bahasa lain, serta membantu teman-teman yang memiliki masalah pendengaran agar dapat menikmati suatu konten dengan membacanya.

Namun, tidak sedikit pula yang mencari cara menonaktifkan terjemahan di TikTok karena merasa tidak membutuhkan penggunaan fitur ini. Ada juga yang merasa terganggu dengan adanya tulisan yang muncul di bagian bawah sehingga menutupi sebagian isi video. Ada juga yang merasa tidak nyaman karena mereka jadi lebih fokus pada tulisan yang berjalan dibandingkan menikmati isi kontennya.

Ada pula fitur TikTok yang hampir serupa dengan terjemahan, yaitu fitur teks otomatis. Jika dalam fitur terjemahan Sobat MEA bisa ikut mengkoreksi tulisan dan terjemahannya sesuai dengan kaidah kebahasaan, maka fitur auto caption ini tidak bisa dikoreksi. Selain itu, teks otomatis juga hanya akan menampilkan apa yang Sobat MEA ucapkan tanpa menerjemahkannya ke bahasa lain. Jadi cara kerjanya mirip seperti fitur auto-translate yang ada di YouTube.

Untuk itu, kami akan membahas cara menonaktifkan terjemahan di TikTok dan cara mematikan fitur teks otomatis pada TikTok agar Sobat MEA semakin nyaman ketika melihat konten di aplikasi tersebut. Dari laman Shukan Bunshun, berikut ini ada 2 cara menonaktifkan fitur terjemahan di TikTok:

1. Cara Menonaktifkan Terjemahan di TikTok

cara menonaktifkan terjemahan di tiktok

Cara menonaktifkan terjemahan di TikTok dapat Sobat MEA lakukan dengan beberapa langkah mudah berikut ini:

  • Buka aplikasi TikTok pada perangkat Sobat MEA dan masuk ke akun yang ingin dimatikan fitur terjemahannya.
  • Pilih menu Profil yang ada di sebelah kanan bawah pada tampilan menu utama.
  • Klik ikon tiga garis horizontal yang ada di sebelah kanan atas pada halaman profil akun.
  • Pilih menu Pengaturan dan Privasi atau Settings and Privacy.
  • Scroll ke bawah lalu klik Bahasa atau Language.
  • Sobat MEA akan menemukan pilihan Tampilkan Terjemahan Otomatis atau Always Auto Translate.
  • Cara menonaktifkan terjemahan di TikTok selanjutnya adalah dengan mengklik tombol slider di sebelah kanan hingga warnanya menjadi abu-abu.
  • Terjemahan otomatis di TikTok berhasil nonaktif.

2. Cara Menonaktifkan Teks Otomatis

Seperti yang sudah dibahas secara singkat di atas, fitur teks otomatis ini berbeda dengan fitur terjemahan. Teks otomatis akan muncul di waktu yang bersamaan dengan apa yang diucapkan oleh konten kreator. Fitur ini tentunya bermanfaat untuk kamu yang sedang menonton video TikTok tanpa suara dan tetap bisa memahami isi konten. 

Namun tidak semua orang merasa nyaman dengan adanya fitur ini. Untuk itu, kami akan membagikan cara menonaktfikan teks otomatis ini mengingat tidak sedikit orang yang mengira bahwa fitur terjemahan TikTok sama dengan fitur teks otomatis. Berikut adalah tahapan mudahnya:

  • Buka aplikasi TikTok pada perangkat Sobat MEA dan masuk ke akun yang ingin dimatikan fitur terjemahannya.
  • Pilih menu Profil yang ada di sebelah kanan bawah pada tampilan menu utama.
  • Klik ikon tiga garis horizontal yang ada di sebelah kanan atas pada halaman profil akun.
  • Pilih menu Pengaturan dan Privasi atau Settings and Privacy.
  • Pilih menu Aksesibilitas atau Accessibility.
  • Lalu lanjutkan dengan menonaktifkan fitur Teks Otomatis atau Subtitles dengan menggeser tombol slide hingga berwarna abu-abu.
  • Fitur teks otomatis sudah berhasil dimatikan.

Nah itu dia ulasan lengkap mengenai cara menonaktifkan terjemahan di TikTok dan menonaktifkan fitur teks otomatis. Jangan lupa untuk mengaplikasikannya di akun Sobat MEA agar bisa menonton konten dengan lebih nyaman. Semoga saja artikel ini dapat membantu. Amin!

You may also like

Leave a Comment