5 Cara Menonaktifkan WA Sementara, Penting Untuk Detoks Digital!

by Viki
cara menonaktifkan wa sementara

Meskipun saat ini semua aspek kihidupan perlu alat digital, ternyata penting lho untuk mendetoks pikiran untuk sementara waktu dengan tidak aktif bermain media sosial. Salah satunya adalah dengan tidak membuka WhatsApp. Karena itu, penting rasanya untuk kita mengetahui bagaimana cara menonaktifkan WA sementara waktu.

Memang, penggunaan WhatsApp tidak bisa dilepaskan untuk mendukung kegiatan dan komunikasi sehari-hari. Terlebih, WhatsApp memiliki berbagai fitur menarik yang memudahkan kita untuk melakukan apa saja sesuai keperluan, seperti video call atau chatting, berbelanja bahkan sampai berjualan online.

Tapi semakin banyak kita menggunakan WhatsApp, mungkin akan banyak notifikasi masuk yang terkadang mengganggu kenyamanan. Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan cara menonaktifkan WA sementara dan merehatkan diri sejenak. 

Table of Contents

5 Cara Menonaktifkan WA Sementara

Mau tahu cara jualan online di WhatsApp yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Bagi Sobat MEA yang belum tahu, kira-kira ada 5 cara menonaktifkan WA sementara yang bisa Sobat MEA lakukan melalui perangkat Android ataupun IOS. Nah berikut ini adalah 5 cara yang bisa dilakukan:

1. Uninstall Aplikasi WhatsApp

Meskipun Sobat MEA melepaskan aplikasi WhatsApp pada perangkat, Sobat MEA hanya menghapus aplikasi, bukan menghapus data secara permanen. 

Tapi jika Sobat MEA takut kehilangan data, silakan cadangkan data terlebih dahulu ke memori eksternal supaya lebih aman. Berikut langkah-langkah untuk uninstall aplikasi WhatsApp di HP:

  • Tekan dan tahan ikon WhatsApp yang ada di beranda HP.
  • Pilih opsi uninstall, lalu aplikasi WhatsApp akan terhapus.

2. Matikan Notifikasi WhatsApp

Sobat MEA juga bisa menonaktifkan WA sementara tanpa menghapus aplikasinya, yaitu dengan mematikan notifikasi WA di HP. 

Cara Menonaktifkan WA sementara ini dapat Sobat MEA lakukan melalui menu Pengaturan yang ada di perangkat yang digunakan. Berikut langkah-langkah yang diperlukan:

  • Buka Aplikasi WhatsApp di HP.
  • Pilih menu Setting dengan mengetuk ikon tiga Tiga Titik di pojok kanan layar.
  • Lalu pilih opsi Notifikasi pada deretan menu yang tertera. 
  • Sobat MEA akan menemukan dua opsi pengaturan yakni Personal dan Grup.
  • Jika ingin mematikan notifikasi keduanya, ketuk opsi Notifikasi Pop Up. Matikan pop up pesan untuk pesan grup dan personal. 

Dalam hal ini, Sobat MEA juga dapat mematikan getar, nada dering, dan lainnya agar tidak terganggu dengan pesan WA yang masuk

3. Logout WhatsApp dari PC

Saatnya broadcast ke banyak kontak WA dengan cepat dan 1x klik
Yuk pakai tools Sebari dan mulai tingkatkan konversi!

Ingat-ingat kembali, apakah Sobat MEA pernah login ke perangkat lain seperti Laptop atau PC? Cek kembali apakah masih masuk. Jika iya, silakan lakukan logout untuk mulai menonaktifkan WA. 

Tapi selama logout WA dari PC, pastikan Sobat MEA tidak login ke akun WhatsApp di HP. Berikut langkah-langkah yang diperlukan:

  1. Buka WhatsApp web di PC.
  2. Jika masih login, klik ikon Tiga Titik di bagian atas. 
  3. Lalu pilih opsi Logout.
  4. Lakukan konfirmasi logout untuk menonaktifkan WA secara manual sementara waktu.

Meskipun demikian, Sobat MEA tetap bisa login kembali ke WA Web kapan saja di kemudian hari. 

4. Force Close WhatsApp

Untuk melakukan force close, Sobat MEA akan diminta untuk tidak membuka layanan WhatsApp untuk sementara waktu sesuai keinginan. Jika aplikasi dibuka, maka layanan WhatsApp aktif kembali. Berikut adalah langkah-langkah untuk force close WhatsApp melalui pengaturan HP:

  • Masuk ke menu Pengaturan. (Settings) dari HP.
  • Klik opsi Aplikasi (Apps).
  • Cari aplikasi WhatsApp lalu klik menu Force Stop.

5. Matikan Penggunaan Data Latar Belakang

Sobat MEA juga bisa mematikan background data atau data latar belakang. Ini bisa dilakukan melalui menu pengaturan aplikasi di HP. Berikut langkah-langkah yang diperlukan:

  1. Buka menu Pengaturan (Settings) di HP. 
  2. Pilih menu Apps (Aplikasi).
  3. Scroll ke bawah dan temukan aplikasi WhatsApp. Sobat MEA juga bisa mengetikkan aplikasi WhatsApp pada kolom pencarian.
  4. Lalu pilih menu WhatsApp, dan klik opsi Data Seluler.
  5. Tekan tombol toggle untuk mematikan opsi Izinkan Penggunaan Data Latar Belakang.

Jadi, begitulah beberapa cara menonaktifkan WA sementara yang bisa Sobat MEA lakukan untuk keperluan detoks digital. Semoga dengan ini bisa membantumu lebih produktif lagi menjalankan segala aktivitas dan siap menikmati WA kembali dengan nyaman!

You may also like

Leave a Comment