Jangan Salah, Ini 6 Cara Menulis Alamat Paket Agar Barang Selamat Sampai Tujuan!

by Viki
cara menulis alamat paket

Mengirim dan menerima paket telah menjadi salah satu kegiatan umum dalam kehidupan modern. Dengan kemajuan teknologi, kita dapat memesan barang-barang dari berbagai penjuru dunia dan mengirimkannya ke alamat tujuan. Penting bagi kita untuk mengetahui cara menulis alamat paket dengan benar untuk memastikan pengiriman barang tanpa masalah. 

Mengapa demikian? Sama seperti surat, alamat yang salah pada paket akan mengakibatkan paket tidak sampai ke penerima. Hal ini harus menggunakan format penulisan alamat paket yang benar sesuai standar ekspedisi agar proses pengiriman paketmu berjalan dengan lancar. 

Oleh karena itu, MiMe akan membahas panduan penting tentang cara menulis alamat paket dengan benar. Simak di bawah ini ya!

Cara Menulis Alamat Paket dengan Benar

Harap dicatat, tulis alamat paket bukan hanya tentang alamat saja. Akan tetapi, ada poin-poin penting yang perlu Sobat MEA perhatikan. Kira-kira ada tiga poin penting dalam cara penulisan alamat penerima paket meliputi nama lengkap penerima dan pengirim, alamat lengkap keduanya, dan nomor telepon aktif. 

Jika penulisan alamat tidak jelas atau tidak lengkap, besar kemungkinan paket tidak akan sampai ke alamat tujuan penerima.

Melansir berbagai sumber ekspedisi, berikut 6 cara menulis alamat paket yang benar sesuai standar ekspedisi, di antaranya:

1. Tuliskan Nama Penerima dan Informasi Kontak

Langkah pertama yaitu tulislah nama lengkap penerima. Pastikan Sobat MEA menulis nama lengkap dengan jelas dan tanpa kesalahan. Selain itu, sertakan juga nomor telepon dan alamat email penerima sebagai informasi kontak yang penting. Ini akan membantu kurir atau jasa pengiriman menghubungi penerima jika ada masalah atau pertanyaan.

2. Alamat Pengiriman

Tulis alamat pengiriman dengan jelas dan lengkap. Mulailah dengan menulis nama jalan nomor rumah RT di baris pertama. Pastikan Sobat MEA mencantumkan nomor rumah atau bangunan setelah nama jalan. Jika ada nama gedung atau kompleks perumahan, tambahkan informasi itu juga.

Gabung Komunitas Bisnis Online MEA

Dan belajar lebih banyak tentang cara jualan online hingga sukses raup milyaran rupiah, beserta bimbingan khusus, GRATIS!!!

3. Nama Kota dan Kode Pos 

4. Negara dan Wilayah

Jika mengirim paket ke luar negeri, pastikan Sobat MEA mencantumkan nama negara dengan jelas di baris berikutnya. Selain itu, jika ada wilayah khusus atau provinsi yang perlu dicantumkan, pastikan Sobat MEA mencatatnya juga. Informasi ini akan membantu paketmu sampai ke negara dan wilayah yang tepat tanpa kesulitan.

Tips Meningkatkan Penjualan Hanya dari Online? Ya Cuman di Sini!

Yuk kepoin dan kupas tuntas secara mendalam sekarang!

5. Label "Perhatian" atau "Attention" 

Jika ada instruksi khusus yang perlu diperhatikan oleh petugas pengiriman, Sobat MEA dapat menulis label “Perhatian”, “Mudah Rusak”, atau “Attention” di bagian atas alamat paket untuk mengirim barang yang mudah rusak. 

Ini dapat mencakup instruksi seperti “Fragile” (Mudah Pecah) atau “Handle with Care” (Perlakukan dengan Hati-hati). Memperhatikan label ini dapat membantu menghindari kerusakan pada paket selama pengiriman.

6. Penambahan Informasi Tambahan

Jika alamat pengirimanmu berada di area yang sulit dijangkau atau membutuhkan petunjuk khusus, Sobat MEA dapat menambahkan informasi tambahan di bagian bawah alamat paket. 

Misalnya, jika ada pintu masuk yang sulit ditemukan, Sobat MEA dapat memberikan petunjuk yang jelas tentang cara menemukannya. Ini akan mencegah kurir tidak bisa menemukan alamat penerima.

Tips Untuk Tulis Alamat Paket dengan Benar

Mengirim paket dengan alamat yang benar dan lengkap sangat penting untuk memastikan paket untuk sampai ke tujuan dengan aman dan tepat waktu. Oleh karena itu, cara menulis alamat paket diperlukan sebelum mengirimkannya. Dalam hal ini ada tips penting untuk pengiriman paket. Berikut beberapa tips mengirim paket tambahan tentang tulis alamat paket dengan lebih baik:

1. Gunakan Huruf Besar

2. Hindari Singkatan yang Tidak Jelas

Singkatan yang tidak jelas atau tidak dikenal dapat menyebabkan kebingungan dalam pengiriman paket. Maka hindari menulis nama panggilan penerima ataupun singkatan yang mungkin tidak dikenal oleh kurir atau petugas pengiriman. Tulis nama jalan secara lengkap dan jelas untuk memastikan pengiriman yang akurat.

Jasa Optimasi Toko Online Terpercaya

Gak ada waktu bukan berarti stop berbisnis. Hanya saja butuh partner yang tepat. Segera konsultasikan pada kami dan temukan partner bisnismu!

3. Gunakan Bahasa Inggris 

Untuk pengiriman paket internasional atau ke negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama, disarankan untuk menulis alamat pengiriman dalam bahasa Inggris. Ini akan memudahkan petugas pengiriman di negara tujuan memahami dan memproses paketmu.

4. Gunakan Label Tambahan

Selain menulis alamat pengiriman di paket, disarankan untuk menggunakan label tambahan yang dapat membantu identifikasi paket dengan lebih baik. 

Misalnya, Sobat MEA dapat mencetak label dengan nama penerima dan alamat lengkap pengirim, kemudian menempelkannya pada paket dengan jelas. Ini akan memberikan informasi yang lebih jelas dan mengurangi risiko kesalahan dalam pengiriman. Selain itu, bisa juga menambahkan Bubble Wrap atau packing kayu agar barang lebih aman.

5. Periksa Kembali Informasi

Sebelum mengirim paket, selalu periksa kembali informasi yang Sobat MEA tulis. Pastikan tidak ada kesalahan penulisan, seperti salah mengetik atau kelupaan dalam mencantumkan informasi penting. Verifikasi kembali nama penerima, alamat, nomor telepon, dan semua detail lainnya untuk memastikan semua informasi yang tepat.

6. Menggunakan Layanan Pengiriman yang Terpercaya 

Contoh Menulis Alamat Paket yang Benar

Bagi yang belum terbiasa dalam mengirim paket, baik itu barang pesanan  maupun barang pribadi, mungkin masih bingung gambaran contoh penulisan alamat paket sesuai standar ekspedisi yang baik dan benar. Dan inilah contoh yang bisa diikuti. 

Penulisan Alamat Penerima Paket

Mengutip salah satu jasa ekspedisi pengiriman, salah satu hal penting yang perlu diperhatikan untuk paket tiba sesuai ke alamat tujuan yaitu dengan menulis alamat penerima yang lengkap mencakup rw nama jalan nomor rumah rt.

Berikut contoh menulis alamat penerima paket yang benar:

Penerima:

Bunga Lestari Indah (Indah)

Jl. Mangga Raya II No. 88 RT/RW 03/008 (Depan Toko Laundry) Kel. Srengseng Sawah, Kec Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan

088987865412

Penulisan Alamat Pengirim Paket

Selain alamat penerima, Sobat MEA juga perlu menulis alamat pengirim untuk mengembalikan paket yang rusak atau salah kirim. Jika memiliki toko online, tuliskan nama jalan nomor rumah rt alamat pengirim tersebut.

Berikut contoh format penulisan alamat pengirim paket yang benar:

Pengirim:

Maudy Accessories Store (Maudy Amanda)

Jl.Cilandak Timur Raya No 37 RT/RW 010/003 (Samping Toko Kue Sari), Kel. Cilandak Timur Kec. Pasar Minggu Kota Jakarta Selatan

089112233678

Demikian 6 cara menulis alamat paket dengan benar beserta tips penting hingga contoh terbaiknya. Hal ini merupakan langkah penting dalam proses pengiriman. Ingatlah untuk selalu memeriksa kembali informasi yang ditulis dan menggunakan layanan pengiriman yang terpercaya. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment