4 Cara Merekam Siaran Langsung di FB Untuk Ditonton Nanti

by Viki
cara merekam siaran langsung di fb

Sebagai pelopor sosial media berjejaring ternama, Facebook pun tidak ingin kalah dari sosial media terbarunya yang menyediakan berbagai fitur seru untuk terus terhubung dengan pengikut. Contohnya seperti Live Streaming FB. Bahkan kita juga bisa melakukan cara merekam siaran langsung di FB dengan mudah. 

Ya, hal ini berguna bagi pengguna untuk menyimpan video live yang bersifat real time. Dengan begitu, Sobat MEA juga tidak akan ketinggalan informasi yang disampaikan pada live Facebook tersebut meskipun Sobat MEA tidak sempat menontonnya. 

Sebagaimana yang kita ketahui, Facebook merupakan salah satu platfrom sosial media terbesar dengan jutaan pengguna aktif setiap bulannya. Ketika ada siaran langsung yang penting, Sobat MEA tentu saja tidak ingin melewatkannya. Baik itu hiburan seperti live streaming game maupun live streaming berbau edukasi. Alhasil, selalu ada rasa ingin menyimpan video live tersebut. 

Meskipun Facebook tidak menyediakan alat bawaan untuk mendownload siaran langsung Facebook, bukan berarti Sobat MEA tidak bisa melakukan cara merekam siaran langsung di FB untuk menyimpan FB Live yang dilihat.

4 Cara Merekam Siaran Langsung di FB

Mau Tahu Cara Jualan di Sosial Media yang Baik dan Benar?

Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga

Seperti yang sudah MiMe sebelumnya, Sobat MEA record Facebook Live videos melalui Windows/MAC, iPhone, dan Android. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

1. Cara Merekam Facebook Live Melalui Windows

Jasa Live Streaming Agar Toko Berdering

Saatnya ikuti kesuksesan seller expert raup omzet milyaran lewat live bareng tim live streaming profesional MEA!

Untuk merekam live FB melalui Windows, pastikan sudah menginstal aplikasi perekam video Filmora terlebih dahulu. Selanjutnya, berikut langkah-langkah yang diperlukan:

  1. Buka perekam video Filmora, dan buat beberapa pengaturan pre-rekaman. Jika ingin merekam suara sistem, klik ikon Mikrofon.
  2. Atau buatlah pengaturan yang lebih spesifik dengan pilih Pengaturan Rekaman dan sesuaikan beberapa pengaturan seperti ukuran video, format, serta frekuensi gambar.
  3. Buka laman Facebook dan cari siaran yang ingin direkam. 
  4. Lalu mulai rekam dengan klik tombol Rekam untuk record window Facebook Live pada browser. 
  5. Jika sudah selesai, Sobat MEA dapat melihat pratinjaunya dan membuat perubahan. Sobat MEA juga bisa membagikannya ke sosial media dengan klik tombol Kanan pada mouse.
  6. Selesai!

2. Cara Merekam Facebook Live Melalui MAC

Selain windows, Sobat MEA juga bisa merekam siaran langsung di FB melalui perangkat MAC. Sebagaimana MAC sendiri telah menyediakan alat perekam layar bernama QuickTime Player. Untuk merekam video FB Live, Berikut langkah-langkah yang diperlukan:

  1. Buka QuickTime Player pada folder aplikasi MAC. 
  2. Tarik menu File dan pilih menu Rekaman Layar Baru
  3. Setelah jendela rekaman muncul, buat pengaturan rekaman dengan klik Tanda Panah di sebelah tombol merah sebelum record facebook video.
  4. Buka aplikasi Facebook dan rekam seluruh layar dengan klik layar manapun atau tarik area rekaman yang telah dipilih, lalu klik Mulai Rekaman
  5. Jika sudah selesai, klik tombol Command, Control, dan Esc atau klik tombol Berhenti. Lalu hasil rekaman akan terbuka dengan sendirinya. Sobat MEA juga bisa melihat, mengedit, atau membagikannya ke sosial media. 
  6. Selesai!
Artikel Terkait  2 Cara Melihat Iklan di Instagram Untuk Memaksimalkan Promosi

Raup Omzet Lebih Cuan Lewat Iklan!

Tapi kuasai dulu strategi FB Ads yang anti meleset di sini!

Cara Merekam Facebook Live Melalui iPhone

Jika menggunakan iPhone dengan IOS versi 11 atau 12, Sobat MEA dapat merekam live langsung dari perekam layar bawaan. Pastikan Sobat MEA sudah mengaktifkan perekam layar iPhone terlebih dahulu. Berikut langkah-langkah yang diperlukan:

  1. Buka menu Pengaturan, lalu pilih Control Center, dan pilih Kontrol Khusus dari menu drop down. 
  2. Scroll ke bawah pada opsi Perekam Layar dan klik ikon (+) berwarna hijau di sebelah kiri. 
  3. Selanjutnya ini akan menambahkan fitur Perekam Layar ke Pusat Kontrol dan membuatnya terlihat di layar perangkat. 
  4. Buka Pusat Kontrol dengan mengusap ke bawah dari kanan atas layar untuk perangkat yang tidak ada tombol beranda dan dari atas ke bawah layar untuk perangkat dengan tombol beranda. 
  5. Mulai rekam dengan klik ikon (O). Perekaman akan dimulai setelah hitungan mundur dari 3 ke 1.

Cara Merekam Facebook Live Melalui Android

cara merekam siaran langsung di fb

Terakhir, Sobat MEA juga bisa merekam live Facebook melalui Android. Dalam hal ini, Sobat MEA perlu menggunakan aplikasi AZ Screen Recorder yang merupakan salah satu aplikasi terbaik untuk merekam Facebook Live Stream. Aplikasi ini menampilkan tombol overlay yang tidak mengganggu rekaman layar. Menariknya lagi, Sobat MEA bisa merekam tanpa batas waktu dan watermark. 

Adapun cara merekam live video on Android Phone melalui AZ Screen Recorder, berikut langkah-langkah yang diperlukan:

Demikian berbagai pilihan cara merekam siaran langsung di FB dengan mudah. Dengan begitu, Sobat MEA dapat menyimpan siaran langsung yang menarik dan bermanfaat. Sehingga Sobat MEA tidak perlu khawatir ketinggalan informasi. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment