7 Cara Monetisasi Instagram Paling Efektif. Dijamin Berhasil!

by Husna Rahman
cara monetisasi instagram

Instagram adalah salah satu aplikasi media sosial yang memiliki pengguna terbanyak di dunia dan juga di Indonesia. Sejak awal kemunculannya, sudah banyak orang yang memanfaatkan Instagram untuk mendapatkan cuan. Singkatnya, banyak orang yang tahu kalau ada cara monetisasi Instagram.

Kendati demikian, nggak sedikit juga orang yang belum tahu bagaimana cara monetisasi Instagram mereka. Seperti sudah kita ketahui bersama, Instagram sendiri merupakan media sosial yang digunakan untuk berkomunikasi. 

Seiring waktu berjalan, Instagram kini bisa memberi penghasilan pada penggunanya yang konsisten dan tahu langkah-langkah untuk monetisasinya. Pertanyaannya, sebenarnya gimana cara dapat uang dari Instagam ini?

Table of Contents

Cara Membangun Akun Instagram

Member komunitas Creator dan bisnis online MEA nunggu kamu gabung
Yuk gabung Komunitas Bisnis Online MEA sekarang GRATIS!

Sebelum melakukan monetisasi, Sobat MEA sangat perlu untuk menjadi micro influencer terlebih dulu. Apa itu micro influencer? Pada singkatnya, micro infuencer adalah mereka yang punya pengetahuan di satu bidang dan mendapat kepercayaan dari banyak orang sebagai salah satu sumber informasi.

Misalnya Sobat MEA adalah content creator game. Seorang content creator game memiliki keahilan dan pengetahuan tentang industri game, sejarah game, konsol sampai dunia-dunia internet dan digital. Nah pengetahuan ini harus dibagikan dan diaplikasikan ke dalam konten. Lakukan dengan konsisten dan jadikan Sobat MEA sebagai salah satu orang yang dikenal sebagai micro influencer bagi industri game.

7 Cara Monetisasi Instagram

Mau dapet cuan dan komisi dari konten Instagram?
Yuk gabung di MCN Shopee MEA sekarang juga. Dapatkan komisi sampai 30%!

Setelah mengetahui soal cara membangun akun, sekarang saatnya Sobat MEA mengetahui beragam cara untuk melakukan monetisasi di Instagram. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut ini 7 caranya:

1. Afiliasi

Pertama ada afiliasi. Salah satu cara monetisasi paling populer lewat Instagram adalah dengan bergabung dengan program afiliasi alias menggunakan teknik affiliate marketing. Pada dasarnya, affiliate marketing ini merupakan kerja sama sebuah brand dengan content creator.

Nah Sobat MEA yang menjadi creator Instagram bisa mengajak sebuah brand untuk bekerja sama. Biasanya, brand akan melihat jumlah pengikutmu sebelum mengajak kerja sama afiliasi. Jika sudah ada hitam di atas putih, Sobat MEA tinggal melakukan promosi dan mencantumkan kode atau URL link tertentu yang mengarah pada pembelian produk dan mendapatkan komisi dari setiap penjualan.

Hari ini sudah banyak marketplace yang membuka program affiliatenya masing-masing untuk bekerja sama dengan para content creator. Salah satu yang paling populer adalah program Shopee Affiliate yang bisa memberikan keuntungan berupa komisi penjualan produk.

2. Mempromosikan Produk

Cara  menghasilkan uang dari Instagram yang selanjutnya adalah melakukan promosi produk. Meski terdengar sama dengan afiliasi, promosi produk ini beda secara teknis. Sobat MEA secara resmi bekerja sama dengan satu brand dan membuat konten sesuai dengan ketentuan.

Biasanya, seorang content creator mendapatkan uang untuk satu postingannya. Untuk mengetahui berapa harga satu post pada akun, Sobat MEA bisa coba untuk menggunakan kalkulator penghasilan Instagram. 

3. Berjualan Produk Sendiri

4. Video Product Placement

Selanjutnya adalah product placement menggunakan video. Hari ini, format video dinilai sebagai cara terbaik untuk melakukan product placement. Sobat MEA bisa menggunakan teknik hard sell atau bahkan soft sell untuk saat menggunakan cara monetisasi satu ini.

Menariknya, Sobat MEA bisa menggunakan teknik ini lewat banyak fitur Instagram yang memang sedang berfokus pada peningkatan algoritma video.

5. Konten Edukasi dan Informatif

Salah satu cara yang efektif dalam mendapatkan penghasilan dari Instagram adalah dengan berbagi ilmu. Maksudnya, berbagi ilmu bisa menarik perhatian banyak pengguna Instagram. Dengan memiliki audiens, Sobat MEA pada akhirnya bisa berjualan jasa atau produk

Yup, mendapatkan uang dari Instagram bukan hanya soal berjualan produk. Terkadang, berbagi ilmu dan mendekatkan diri dengan audiens menjadi jalan untuk kita mendapat dukungan dan peran yang pengaruh yang besar untuk pengambilan keputusan audiens.

6. Instagram Reels

cara monetisasi instagram

Selanjutnya ada Instagram Reels. Reels sendiri merupakan fitur baru yang Instagram keluarkan untuk menyaingi TikTok dan juga YouTube Shorts. Nah Sobat MEA sekarang bisa mendapat uang dari membuat Instagram Reels dengan menggunakan fitur Play Bonus. Cara kerja penghasilannya mirip dengan monetisasi YouTube Shorts.

7. Maksimalkan Instagram Ads

Terakhir adalah memaksimalkan Instagram Ads. Jika Sobat MEA sudah punya kemampuan mendalam mengenai Instagram Ads, penghasilan yang bisa Sobat MEA dapatkan juga luar biasa. 

Banyak yang menyangka kalau beriklan itu mengeluarkan uang. Hal itu memang benar. Namun sebenarnya, beriklan juga bisa menghasilkan uang. Dengan kemampuan yang baik, Sobat MEA akan mudah untuk melakukan monetisasi dengan Instagram Ads.

You may also like

Leave a Comment