5 Cara Naikin Penonton Live di TikTok dengan Optimal!

by Fanny
cara naikin penonton live di TikTok

Salah satu cara yang efektif dalam meningkatkan pendapatan dari TikTok adalah dengan melakukan live streaming. Semakin banyak penontonnya, maka akan semakin tinggi pula kesempatan Sobat MEA untuk mendapatkan gift atau hadiah dari penonton. Selain itu, Sobat MEA juga bisa memanfaatkan banyaknya penonton ini untuk mempromosikan produk yang dijual.

Untuk itu pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan 5 hal penting sebagai cara naikin penonton live di TikTok yang efektif dan cepat. Penasaran? Simak ulasan selengkapnya di sini!

Table of Contents

Live TikTok

Jualan di TikTok Masih Gitu-gitu Aja?
Yuk gabung ke komunitas dan belajar langsung dari ahlinya buat tingkatin omset di TikTok. GRATIS!

Live TikTok adalah fitur yang bisa Sobat MEA manfaatkan untuk melakukan live streaming. Fitur ini biasanya digunakan oleh para konten kreator untuk berbagi cerita hingga berjualan. Sobat MEA juga bisa menjalin interaksi dengan penonton selam live berlangsung. Bahkan, penonton bisa memberikan gift kepada Sobat MEA yang melakukan live streaming. Eits jangan salahm gift TikTok ini bisa Sobat MEA cairkan menjadi uang tunaik, loh!

Tapi perlu diingat bahwa ketika kita melakukan live TikTok, belum tentu kita akan mendapatkan gift, ya. Jadi Sobat MEA perlu fokus dan menetapkan tujuan apa yang ingin dicapai ketika melakukan live di TikTok. Seperti misalnya Sobat MEA ingin meningkatkan brand awareness, maka Sobat MEA bisa menjelaskannya ke audiens secara langsung melalui Live TikTok.

5 Cara Naikin Penonton Live di TikTok

Kehabisan Ide Buat Bikin Konten TikTok?
Tenang aja, ada Tim MEA dan talent profesional yang siap bantu bikin konten menarik sampai masuk FYP. Klik di sini!

Jika Sobat MEA sudah memiliki akun TikTok, maka Sobat MEA bisa langsung melakukan live dengan klik tombol “+” di bagian tengah bawah, lalu lanjutkan ke opsi LIVE. Biar live makin ramai, lakukan cara naikin penonton live di TikTok di bawah ini:

1. Pilih Waktu Live yang Tepat

Cara naikin penonton live di TikTok yang pertama adalah memilih waktu live yang tepat. Seperti yang kita ketahui, setiap orang memiliki aktivitas yang berbeda. Hal ini turut mempengaruhi kapan dan berapa lama mereka membuka aplikasi TikTok. Untuk itu, Sobat MEA juga perlu mengetahui kapan audiens aktif di TikTok.

Hal ini bisa Sobat MEA lakukan dengan memperkirakan kapan waktu audiens kosong. Misalnya saja target audiens Sobat MEA adalah pekerja kantoran. Maka Sobat MEA bisa melakukan live sekitar pukul 9-11 malam di mana audiens sudah sampai di rumah dan menikmati waktu luang mereka di malam hari. Atau misalnya saja target audiens Sobat MEA adalah ibu rumah tangga. Maka Sobat MEA bisa membuat jadwal live streaming sekitar pukul 9-11 pagi di mana IRT sudah menyelesaikan pekerjaan rumah dan bisa bersantai sambil nonton live TikTok.

2. Buat Judul Live yang Menarik

Remarketing di TikTok Ads

Cara naikin penonton live di TikTok berikutnya adalah Sobat MEA harus membuat judul live yang menarik. Judul ini bisa membuat audiens baru penasaran dengan live yang Sobat MEA lakukan. Buat judul dengan topik atau tema yang ingin dibahas agar judul dan konten lebih relevan.

Misalnya saja Sobat MEA ingin melakukan live streaming berupa tutorial¬†eye makeup untuk pemula dengan peralatan yang terjangkau. Maka Sobat MEA bisa membuat judul yang menarik seperti misalnya, “Alis Simetris Pakai Pensil Alis Murah Ini!” atau judul lainnya yang sesuai dengan konten yang akan dilakukan.

3. Jadi Host yang Menyenangkan

Sebagai seorang kreator atau pebisnis online, Sobat MEA harus bisa menjaga dan meningkatkan interaksi dengan audiens. Hal ini perlu dilakukan agar audiens atau penonton merasa dilibatkan dalam live streaming yang Sobat MEA lakukan. Contohnya saja Sobat MEA bisa menyapa penonton baru ketika mereka baru bergabung ke live yang dilakukan. Sobat MEA juga bisa menjawab pertanyaan audiens dengan baik, jelas, dan antusias. Bahkan, Sobat MEA bisa mengajukan pertanyaan kepada audiens agar terjadi obrolan dua arah! Menyenangkan sekali, bukan?

Untuk memudahkan live streaming, Sobat MEA bisa menyusun skrip atau kerangka dalam live agar Sobat MEA tidak kebingungan dan memiliki pegangan selama live. Dengan begitu, Live TikTok akan lebih rapi dan sistematis.

4. Perhatikan Durasi

pentingnya satu niche untuk TikTok

Mungkin Sobat MEA menganggap bahwa semakin lama durasi live yang dilakukan, maka akan menarik semakin banyak pengguna untuk menonton live. Namun tidak ada jaminan bahwa hal ini akan selalu terjadi. Oleh karena itu, sebaiknya tentukan durasinya dari awal agar Sobat MEA bisa melakukan live sebaik dan semaksimal mungkin.

5. Live dengan Kreator Lain

Sobat MEA juga bisa melakukan cara naikin penonton live di TikTok dengan bekerja sama dengan kreator lain. Audiens dari kreator tadi akan bergabung ke live yang Sobat MEA lakukan dan semakin mengenal Sobat MEA. Cara ini tidak hanya meningkatkan penonton live saja, namun juga bisa meningkatkan pengikuti Sobat MEA! Tentunya hal ini menguntungkan kedua belah pihak, ya!

Itu dia pembahasan mengenai 5 cara naikin penonton live di TikTok yang bisa Sobat MEA lakukan secara organik. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment