2 Cara Pasang AdSense di Website Termudah. Langsung Coba!

by Nabila Rubianty
cara pasang adsense di website

Banyak content creator, terutama para penulis yang masih belum tahu bagaimana cara pasang AdSense di website masing-masing. Padahal, hal ini wajib diketahui agar website bisa menghasilkan pendapatan. Meski nggak terlalu banyak, penghasilan dari AdSense ini cukup sebagai tambahan pendapatan.

Ketika sedang membaca berita atau artikel-artikel tertentu di internet pastinya Sobat MEA sering mendapati iklan yang tampil pada setiap halaman yang dibuka. Misalnya jika Sobat MEA membaca berita lewat portal berita besar seperti Kompas, Tempo, Tribun, Sobat MEA akan melihat berbagai iklan yang tampil. Bagi portal berita besar, iklan inilah yang menjadi salah satu sumber penghasilan.

Table of Contents

Apakah AdSense Bisa Dipasang di Blog?

Mau dapat komisi Shopee Affiliate sampai 30?
Yuk langsung gabung saja ke MCN Shopee MEA sekarang juga!

Baik, kita paham bahwa media besar memang menggunakan iklan sebagai salah satu penghasilan. Tapi, apakah AdSense ini hanya bisa dipasang di media-media besar? Jawabannya tentu saja tidak. Jika Sobat MEA sudah punya blog atau website yang memiliki traffic, memasang AdSense adalah hal yang wajib dicoba.

Dewasa ini, AdSense sudah menjadi salah satu sumber pendapatan tambahan bagi para content creator pemilik blog. Cara memasang AdSense juga cenderung mudah. Sobat MEA hanya perlu memasang kode iklan dari AdSense pada website. Nantinya, iklan yang tampil akan disesuaikan dengan minat pengunjung website Sobat MEA.

Apa itu Google Adsense?

Mau belajar bikin konten yang bisa dipakai di berbagai platform?
Saatnya gabung di Komunitas Content Creator MEA sekarang juga!

Google Adsense adalah program kerjasama periklanan melalui media internet yang diselenggarakan oleh Google. Google Adsense menyediakan cara bagi para content creator untuk menghasilkan uang dari hasil konten online mereka.  

Untuk siklus pembayaran AdSense ini adalah bulanan. Jika Sobat MEA sudah menyelesaikan langkah untuk mendapatkan bayaran, nantinya akan dilakukan pembayaran tepatnya pada tanggal 21 dan 24 setiap bulannya.

Keuntungan Memasang AdSense

AdSense merupakan program yang menampilkan iklan dengan cara mudah dan tentunya Sobat MEA akan mendapatkan penghasilan dari program tersebut. Selain itu Sobat MEA dapat menampilkan iklan yang unik, menarik dan relevan bagi audiens website. Pasalnya, AdSense ini secara otomatis menayangkan iklan sesuai dengan minat dari audiens website Sobat MEA. 

Kenapa harus milih Adsense? selain karena komisinya yang besar, banyak orang yang memilih AdSense karena pembayarannya tepat waktu, mudah di pasang di blog, tersedia berbagai format iklan, dan kredibel. Keuntungan lain yang didapatkan jika Sobat MEA menggunakan AdSense yaitu iklan yang relevan dengan konten atau website dan blog, serta kontrol penuh atas jenis iklan yang ditampilkan.

Cara Pasang AdSense Manual di Website

Setelah mengetahui apa itu Google AdSese dan keuntungan yang bisa didapatkan, berikut ini adalah langkah-langkah memasang Iklan Adsense di website WordPress secara manual:

  1. Login ke dashboard WordPress Sobat MEA.         
  2. Tentukan jenis iklan yang akan Sobat MEA pasang.
  3. Berikutnya pIlih menu Apperance kemudian klik Widget.     
  4. Kemudian pilih Text dan letakkan pada bagian yang Sobat MEA inginkan. Setelah itu klik tombol Add Widget
  5. Isi bagian Title dan Content diisi dengan kode iklan AdSense, sebelum mengisinya Sobat MEA harus memiliki kode iklan Adsense terlebih dahulu.
  6. Setelah itu klik Save.
  7. Selesai. JIka sudah memasang kode AdSense, Sobat MEA hanya perlu menunggu beberapa menit sampai iklan muncul.
Artikel Terkait  Berapa Ukuran Banner Website yang Tepat? Begini Penjelasannya!

Cara Pasang AdSense Menggunakan Plugin

Selain cara manual, ada juga cara memasang iklan di website menggunakan plugin. Buat Sobat MEA yang belum tahu, plugin merupakan sejenis software untukv website. Banyak content creator yang menyarankan pemasangan AdSense menggunakan plugin ini. Keuntungan menggunakan Plugin seperti pemasangan lebih mudah, banyak pilihan dalam kolom kode iklan sampai dengan fitur Preview Ads. Nah berikut ini adalah cara pasang AdSense di website dengan menggunakan plugin

  1. Login ke akun WordPress Sobat MEA. 
  2. Setelah masuk ke dashboard, scroll sampai bawah dan klik menu Plugin dan klik tombol Add New.
  3. Tulis nama plugin Ad Inserter di kolom pencarian. Plugin ini. bergunakan untuk memasang kode iklan Google AdSense dengan lebih mudah.
  4. Pilih Install Now dan  tunggu hingga proses instalasi selesai. Jangan lupa juga klik Active jika proses install sudah selesai. 
  5. Langkah berikutnya adalah copy kode iklan Adsense yang akan dipasang. 
  6. Untuk mencari kode tersebut, Sobat MEA harus login ke akun Google AdSense.
  7.  Pilih menu Ads kemudian klik Overview dan pilih By Ad Unit

7. Pilih salah satu jenis iklan yang akan kamu pasang, disarankan Sobat MEA memilih jenis iklan Display Ads karena iklan yang menggunakan gambar impresinya lebih baik, sehingga memiliki potensi yang besar untuk di klik lebih banyak. 

8. Berikan Nama Ad Unit yang kamu buat dan Ad Size yang sesuai. Setelah itu pilih Create

9. Setelah itu copy code script iklan, dan terdapat pilihan untuk jenis iklan menggunakan HTML dan AMP. Tergantung pada website yang digunakan.

10. Berikutnya kembali ke dashboard WordPress, pilih menu Settings dan pilih Ad Inserter.

Artikel Terkait  Pola pikir orang Sukses Berjualan di Marketplace

11. Paste script kode iklan AdSense pada nomor 1.

12. Pilih Post.

13. Untuk pemilihan lokasi, Sobat MEA harus melakukan percobaan mana lokasi yang paling bagus untuk mendapatkan klik iklan yang banyak.

14. Jika sudah memilih lokasi, klik Preview untuk meninjau iklan.

15. Jika sudah meninjau iklan dan yakin, Sobat MEA bisa klik Save Settings.

16. Untuk melihat berhasil tayang atau tidaknya, Sobat MEA harus mengecek iklan pada website 

17. Selesai dan tunggu beberapa menit sampai iklan ditayangkan.

Nah itu dia tutorial cara memasang Iklan AdSense di website baik secara manual maupun melalui plugin. Sediki tips untuk meningkatkan pendapatan iklan, Sobat MEA harus mengoptimalkan tata letak dan jenis iklan yang ditayangkan. Semoga saja artikel ini bisa bermanfaat.

You may also like

Leave a Comment