5 Cara Promosi Makanan di WA dengan Praktis, Cepat, dan Efektif. Udah Coba?

by Viki
contoh strategi pemasaran produk makanan

Dalam era digital yang terus berkembang, sosial menjadi salah satu alat yang efektif untuk mempromosikan bisnis, termasuk promosi makanan. Salah satu platform media sosial yang popular dan banyak digunakan untuk bisnis adalah WhatsApp. Oleh karena itu, tidak ada salahnya memahami cara promosi makanan di WA.

Apalagi saat ini telah ada WhatsApp Business. Fitur yang ditawarkan dalam WhatsApp Business membuat banyak bisnis mampu memaksimalkan operasional dan layanan pelanggan.

Tidak terkecuali pebisnis kuliner. Mereka pun mulai memanfaatkan fitur bisnis dari WhatsApp untuk melakukan dan mengetahui cara promosi makanan di WhatsApp untuk meningkatkan penjualan. 

Emang Bisa Promosi Makanan di WA?

Masih nekat jualan lewat WA marketing Tapi gak ngerti caranya gimana?

Join grup WA kami, dan dapatkan info menarik seputar WA Marketing!

Tentu saja bisa! Nggak cuman jualan, Sobat MEA bahkan bisa membuat toko online di WhatsApp. Seperti yang sudah MiMe singgung sebelumnya, Sobat MEA bisa memanfaatkan WhatsApp Bisnis. 

Dan saat ini sudah ada juga WhatsApp Business API dengan berbagai contoh kata kata promosi jualan makanan dan fitur canggih lainnya yang dapat mendukung bisnis. Misalnya seperti, fitur profil bisnis, katalog, auto reply, WA blast atau broadcastchatbot, dan masih banyak lagi.

Tentu saja semua fitur tersebut dapat Sobat MEA manfaatkan dengan menggunakan Whatsapp dalam promosi makanan di WA berikutnya. Bahkan selain bisnis makanan, bisa juga untuk berbagai industri bisnis lainnya yang sesuai dengan syarat dan ketentuan WhatsApp.

5 Cara Promosi Makanan di WA dengan Efektif

Berikut langkah-langkah untuk mengetahui cara jualan di WhatsApp sekaligus 7 cara promosi makanan di WhatsApp berikut ini agar bisa meningkatkan penjualan:

1. Buat Grup Pelanggan

Dalam mempromosikan makanan di WhatsApp, hal pertama yang harus Sobat MEA lakukan adalah dengan cara membuat grup pelanggan. Sobat MEA dapat membuat grup khusus untuk  pelanggan setia atau grup yang berfokus pada minat tertentu, seperti penggemar makanan tertentu atau wilayah tertentu. 

Grup ini dapat digunakan sebagai media promosi dengan membagikan promo makanan, menawarkan diskon eksklusif, dan berinteraksi dengan calon konsumen secara langsung. Pastikan untuk mengelola grup dengan baik, menghindari spam, dan memberikan konten yang bernilai bagi anggota grup.

2. Gunakan Fitur Status WhatsApp

WhatsApp memiliki fitur status yang mirip dengan cerita di media sosial lainnya. Sobat MEA dapat menggunakan fitur ini untuk promosi makanan dengan memposting gambar atau video makananmu, menambahkan keterangan menarik, dan memperbarui status secara teratur. 

Status akan dilihat oleh kontakmu, dan mereka dapat mengirimkan pesan langsung jika tertarik dengan makananmu. Pastikan untuk membagikan katalog berupa gambar atau video yang menarik, menggugah selera, dan mengundang calon pelanggan potensial untuk membelinya. 

3. Gunakan Pesan Broadcast

Fitur pesan broadcast di WhatsApp memungkinkan Sobat MEA mengirim pesan massal kepada banyak kontak sekaligus. Untuk mencobanya, Sobat MEA dapat menggunakan fitur ini untuk mengirim promosi khusus, penawaran spesial, atau pengumuman terbaru kepada pelanggan. 

Tapi gunakan kalimat promosi yang menarik perhatian dan pastikan tidak berlebihan dalam mengirim pesan broadcast agar tidak dianggap sebagai spam. Berikan konten yang relevan dan bermanfaat untuk pelangganmu agar mereka tetap tertarik dan berminat.

Artikel Terkait  20+ Contoh Ucapan Terima Kasih dari Penjual Kepada Pembeli

4. Gunakan Gambar dan Deskripsi yang Menarik

Ketika mempromosikan makanan di WhatsApp, pastikan untuk menggunakan gambar dan deskripsi yang menarik. Gambar yang menggugah selera dan deskripsi yang menggambarkan cita rasa, tekstur, dan aroma makanan dapat memikat pelanggan untuk membeli produk makanan yang ditawarkan. 

Pastikan gambar yang Sobat MEA gunakan berkualitas tinggi dan menggambarkan makanan dengan baik. Gunakan juga kata-kata yang mengundang selera dalam deskripsi makananmu.

5. Berikan Diskon Khusus atau Penawaran Eksklusif 

Salah satu cara promosi makanan di WA yang efektif yaitu dengan memberikan diskon khusus atau penawaran eksklusif kepada pelanggan. 

Sobat MEA dapat membuat kode diskon khusus untuk pengguna WhatsApp atau menawarkan penawaran eksklusif yang hanya dapat diakses melalui platform tertentu, misalnya aplikasi atau situs web. 

Dengan begitu, selain ampuh meningkatkan penjualan, juga bisa sekalian meningkatkan traffic pengunjung situs web atau aplikasi yang Sobat MEA miliki. 

Begitulah informasi mengenai cara promosi makanan di WA. Tapi sebelum melakukan promosi, pastikan makanan yang Sobat MEA sajikan sudah benar-benar dengan kualitas terbaik, terutama rasa. 

Apalagi makanan adalah produk yang menarik minat dan dinamis. Maka kita harus senantiasa pandai berinovasi dalam hal rasa, cara penyimpanan, penyajian, hingga layanan agar tidak kalah saing dengan kompetitor yang menyediakan menu serupa. Semoga saja artikel ini bisa bermanfaat dan selamat mencoba promosi!

You may also like

Leave a Comment