Ingin Nambah Views? Yuk, Ikuti 8 Cara Setting YouTube Shorts ini. Creator Pemula Merapat!

by Viki
cara setting youtube shorts

Seperti yang kita ketahui, YouTube telah menjadi sosial media berbagi video terbesar di dunia yang menyediakan jutaan konten kreatif setiap harinya. Menariknya, YouTube juga kini menghadirkan video pendek yang bernama YouTube Shorts. Tapi mengingat fitur ini masih baru, rupanya banyak pengguna yang belum memahami cara setting YouTube Shorts saat hendak membuatnya. 

YouTube Shorts sendiri merupakan fitur terbaru dari YouTube yang memungkinkan pengguna membuat video pendek dengan durasi maksimal 60 detik. Dalam artikel ini, MiMe akan membahas secara detail tentang cara setting YouTube Shorts agar Sobat MEA dapat menciptakan konten yang menarik secara maksimal.

Apa Itu YouTube Shorts?

Mau Tahu Cara Jualan di Sosial Media yang Baik dan Benar?

Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Sebelum masuk ke cara setting YouTube Shorts, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu YouTube Shorts. YouTube Shorts adalah format video pendek yang dirancang untuk bersaing dengan platform media sosial lain yang populer untuk konten singkat, seperti TikTok dan Instagram Reels. 

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk merekam, mengedit, dan membagikan video pendek yang kreatif dan menarik langsung dari perangkat seluler. 

8 Langkah Cara Setting YouTube Shorts

Jasa Pembuatan Video Profesional

Jadikan YouTube lebih ciamik bersama tim pembuatan video MEA dan tingkatkan cuan lebih maksimal lewat Shorts yang menawan!

Setelah itu, langkah selanjutnya adalah membuat video Shorts pertama. Berikut langkah-langkah cara settting YouTube Shorts yang Sobat MEA perlukan, antara lain:

  1. Buka aplikasi YouTube di perangat seluler. 
  2. Ketuk ikon kamera di pojok kanan bawah layar. Ini akan membuka layar kamera.
  3. Geser ke opsi Create a Short di bagian bawah layar. Sobat MEA juga dapat memilih video yang sudah ada di galeri untuk diedit menjadi Shorts.
  4. Rekam video pendek dengan menekan tombol perekam di tengah layar. Pastikan video tidak melebihi durasi 60 detik.
  5. Gunakan opsi pengeditan yang tersedia, seperti menambahkan teks, musik, efek, atau menyesuaikan kecepatan video.
  6. Setelah puas dengan hasilnya, ketuk Next atau Checkmark untuk melanjutkan.
  7. Berikan judul, deskripsi, dan tanda pagar (tag) yang relevan untuk videomu. Ini akan membantu orang menemukan videomu dengan lebih mudah.
  8. Pilih opsi privasi dan publikasi, lalu ketuk Upload untuk membagikan video ke YouTube Shorts.

Maksimalkan YouTube Untuk Menambah Cuan dengan Lebih Mudah

Tentunya lewat strategi yang berkelas yang tanpa batas dan mudah kamu lakukan hanya di Kelas YouTube MEA!
Setelah mengunggah video Shorts, selanjutnya Sobat MEA perlu mengatur thumbnail yang menarik dan deskripsi yang relevan. Thumbnail adalah gambar mini yang mewakili konten video Anda dan muncul saat video ditemukan oleh pengguna. Pastikan thumbnail mencerminkan isi video dan menarik perhatian. Selain itu, pastikan juga ukuran thumbnail YouTube Shorts sudah sesuai dan ideal.

Sobat MEA juga dapat menambahkan musik dan suara ke dalam video. Sobat MEA dapat memilih dari berbagai koleksi musik yang disediakan oleh YouTube atau mengunggah suara sendiri. Musik dan suara dapat menambah dimensi kreatif dan suasana dalam video, sehingga membuatnya lebih menarik dan menghibur.

Demikian panduan lengkap mengenai cara setting YouTube Shorts yang bisa Sobat MEA manfaatkan untuk berbagi konten kreatif yang lebih luas. Jangan lupa bagikan ke sosial media lainnya juga untuk jangkauan yang semakin luas lagi. Selamat berkarya!

You may also like

Leave a Comment