Mudah Kok, Gini 6 Cara Share Link Shopee Affiliate yang Lebih Cuan

by Viki
cara share link Shopee Affiliate

Sobat MEA tentu setuju bahwa bisnis online semakin berkembang pesat. Salah satu buktinya yaitu hadirnya marketplace seperti Shopee yang berkembang pesat ini. Bahkan Shopee menawarkan Shopee Affiliates Program untuk pengguna yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus memiliki produk sendiri terlebih dahulu dan hanya dengan cara share link Shopee Affiliate saja.

Adapun fungsi utama dari link afiliasi Shopee adalah sebagai bahan promosi produk milik mitra Shopee yang bekerjasama dengan affiliator.  Promosinya sendiri bisa dilakukan dengan cara share link suatu produk ke beberapa media sosial, seperti TikTok, Facebook, WhatsApp, dan Instagram. Semakin banyak orang membeli produk melalui link tersebut, maka komisi yang didapatkan semakin besar.

Table of Contents

Ingin Tahu Cara Promosi Efektif di Shopee?
Yuk, diskusi bareng Seller Shopee berpengalaman di komunitas seller Shopee MEA sekarang juga!

Artinya, para affiliator yang terdaftar membutuhkan link produk Shopee untuk dibagikan ke sosial media agar bisa menjangkau sebanyak mungkin audiens dan meningkatkan pembelian. Oleh karenanya, dalam artikel ini, MiMe akan membahas cara membagikan link Shopee affiliate agar dapat mengoptimalkan potensi penghasilan dengan mudah. 

Apa Itu Shopee Affiliate?

akun shopee affiliate dibekukan

Sebelum cara share link affiliate Shopee, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu Shopee Affiliate. Shopee Affiliate adalah program afiliasi dari Shopee di mana pengguna mendaftar sebagai afiliator dan mendapatkan komisi ketika ada yang melakukan pembelian melalui link afiliasi yang dibagikan. Komisi yang diberikan bervariasi tergantung pada produk yang dibeli dan jumlah penjualan yang berhasil melalui link afiliasi.

Tapi penting untuk diingat bahwa kesuksesan sebagai afiliasi tidak datang dengan cepat atau tanpa usaha. Dibutuhkan waktu, dedikasi, dan upaya yang konsisten untuk membangun audiens, mengembangkan strategi pemasaran yang efektif, dan memahami kebutuhan pengguna.

Jasa Kelola Toko Shopee Profesional
Gak ada alasan untuk yang gak ada waktu jualan! Kini kamu bisa serahkan kebutuhanmu kepada tim marketplace profesional MEA. Tetap cuan dengan rebahan~

Selain itu, Sobat MEA harus banyak belajar dan mengikuti perkembangan terbaru dalam industri marketplace dan pemasaran digital. Sumber daya online, kursus, dan komunitas afiliasi dapat menjadi sumber ilmu berharga yang membantu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam menjalankan program afiliasi. Jangan lupa untuk selalu jujur dan transparan dalam promosi produk Shopee untuk penggunaan link afiliasi. Berikan informasi yang akurat dan berharga kepada pengguna agar informasi tetap kredibel dan lebih banyak yang melakukan pembelian melalui link afiliasi Sobat MEA. 

Artikel Terkait  2 Cara Iklan Live Shopee yang Efektif. Auto Ramai Auto Cuan!

Cara Share Link Shopee Affiliate Simpel

Sebenarnya melakukan cara share link Shopee affiliate sangat sederhana. Pastikan Sobat MEA sudah terdaftar dalam program afiliasi Shopee dan mendapatkan akun afiliasi Shopee dengan link afiliasi unik. Jika belum, maka silakan daftar terlebih dahulu di sini

Setelah itu, Sobat MEA bisa melakukan cara share link Shopee Affiliate dengan langkah-langkah mudah berikut ini:

1. Pilih Produk yang Ingin Dipromosikan

Setelah memiliki akun afiliasi, Sobat MEA dapat buka aplikasi Shopee dan mulai memilih produk-produk yang ingin dipromosikan. Shopee menawarkan berbagai kategori produk mulai dari fashion, elektronik, kecantikan, hingga kebutuhan sehari-hari. Pilihlah produk yang sesuai dengan target audiens atau yang populer di kalangan pengguna Shopee.

2. Buat Strategi Pemasaran yang Efektif

Sebelum melakukan cara membagikan link Shopee, pastikan Sobat MEA sudah menyusun strategi pemasaran yang efektif mengingat ada banyak kompetitor di luar sana. Pertimbangkan platform dan kanal yang akan digunakan untuk mempromosikan produk. Sobat MEA bisa memilih utuk membagikan link affilaite melalui media sosial, blog, atau platform lainnya. 

Rencanakan konten yang menarik dan relevan untuk target audiens. Misalnya, jika ingin mempromosikan produk fashion, buatlah konten tentang tips berpakaian atau tren fashion terkini. Kemudian lanjutkan dengan memberikan CTA berupa ajakan untuk menggunakan tips tadi dan mengklik link affiliate yang sudah dicantumkan.

3. Gunakan Link Afiliasi yang Unik

cara share link shopee affiliate

Setiap akun Shopee memiliki link afiliasi yang unik. Ketika Sobat MEA memilih produk yang ingin dipromosikan, gunakan link afiliasi tersebut untuk memastikan bahwa komisi akan diberikan kepada Sobat MEA ketika ada pembelian melalui link tersebut. Dengan begitu, Shopee bisa melacak pembelian yang berasal dari link afiliasi Sobat MEA dengan lebih mudah, sehingga semua transaksi akan memiliki catatan yang jelas dan tidak tertukar dengan afiliator lain.

Artikel Terkait  Cara Membuat Judul di Shopee, Ternyata ini lo Trik Optimasi Judul Shopee

4. Bagikan Link Afiliasi

Setelah semuanya siap, saatnya membagikan link afiliasi Sobat MEA ke berbagai sosial media. Gunakan channel pemasaran yang telah direncanakan sebelumnya untuk mempromosikan produk dan membagikan link afiliasi. 

Jelaskan keuntungan atau penawaran khusus yang bisa didapatkan oleh audiens jika mereka membeli melalui link tersebut. Misalnya, diskon khusus, cashback, atau free ongkir. Dengan begitu, audiens akan lebih tertarik untuk mengklik link dan membeli produk tersebut.

5. Pantau dan Analisa Performa Link Afiliasi

cara mengoptimalkan dekorasi toko Shopee

Setelah membagikan link afiliasi, penting untuk memantau dan menganalisis performanya. Shopee menyediakan alat dan laporan yang dapat membantu Sobat MEA untuk melihat berapa banyak pengunjung yang mengklik link afiliasi, berapa banyak yang melakukan pembelian, dan berapa komisi yang Sobat MEA dapatkan. Dengan melakukan analisa ini, Sobat MEA dapat mengetahui strategi yang lebih efektif dan membuat penyesuaian jika perlu. 

6. Patuhi Aturan dan Kebijakan Shopee

Sebagai affiliator Shopee, Sobat MEA harus mematuhi aturan dan kebijakan yang ditetapkan oleh Shopee ketika melakukan cara share link affiliate Shopee. Jangan melakukan praktik yang melanggar aturan, seperti spamming atau menggunakan metode penipuan. Melanggar aturan dapat menyebabkan akun afiliasimu diblokir dan penghasilan yang sudah didapatkan tidak akan dibayarkan.

Cara Share Link Shopee Affiliate di Media Sosial

cara share link shopee affiliate

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, Sobat MEA bisa melakukan cara membagikan link Shopee affiliate ke berbagai sosial media seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, Twitter, dan aplikasi lainnya. Sayangnya, Sobat MEA tidak bisa melakukan cara share link Shopee affiliate di TikTok karena TikTok melarang segala bentuk tautan atau sesuatu yang mengarahkan ke luar platform.

Tapi tenang saja, kami akan membagikan 3 cara membagikan link Shopee affiliate di 3 media sosial besar yang bisa Sobat MEA lakukan dengan mengikuti langkah-langkah mudah yang akan kami jelaskan di bawah. Namun sebelum itu, Sobat MEA harus mengetahui bagaimana cara share link Shopee affiliate terlebih dahulu. Berikut tahapannya:

1. Cara Share Link Shopee Affiliate di Instagram

cara share link shopee affiliate
  • Setelah melakukan cara membagikan link Shopee affiliate di atas, Sobat MEA bisa lanjut dengan membuka Instagram dan membuat template promosi produk yang menjelaskan mengenai manfaat dan kegunaan produk.
  • Cantumkan juga foto produk pada konten agar audiens bisa melihat produknya dengan lebih baik.
  • Masukkan link produk pada konten agar audiens bisa langsung mengkliknya.
  • Unggah konten di feeds maupun Instagram story.
  • Selesai!

2. Cara Share Link Shopee Affiliate di Facebook

  • Setelah melakukan cara membagikan link Shopee affiliate di atas, Sobat MEA bisa lanjut dengan membuka Facebook dan membuat template promosi produk yang menjelaskan mengenai manfaat dan kegunaan produk.
  • Cantumkan juga foto produk pada konten agar audiens bisa melihat produknya dengan lebih baik.
  • Masukkan link produk pada konten agar audiens bisa langsung mengkliknya.
  • Unggah konten di halaman Facebook maupun story.
  • Selesai!

3. Cara Share Link Shopee Affiliate di WA

  • Setelah melakukan cara membagikan link Shopee affiliate di atas, Sobat MEA bisa lanjut dengan membuka WhatsApp dan membuat template promosi produk yang menjelaskan mengenai manfaat dan kegunaan produk.
  • Cantumkan juga foto produk pada konten agar audiens bisa melihat produknya dengan lebih baik.
  • Masukkan link produk pada konten agar audiens bisa langsung mengkliknya.
  • Unggah konten ke kontak teman, grup, atau status WhatsApp.
  • Selesai!

Demikian panduan mengenai cara share link Shopee affiliate yang dapat mengoptimalkan potensi penghasilan. Dengan langkah-langkah di atas, Sobat MEA dapat memulai perjalanan sebagai afiliasi Shopee dan memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh program afiliasi sekaligus memperoleh komisi tambahan.

Yang terpenting, perlu kesabaran, kerja keras, dan peningkatan terus-menerus agar dapat mencapai kesuksesan sebagai afiliasi Shopee. Sehingga Sobat MEA lebih mudah dalam memanfaatkan potensi penghasilan dari program afiliasi ini dan menjadikannya sebagai sumber pendapatan yang menguntungkan.

Dalam prosesnya, jangan lupa untuk tetap berinovasi dalam mempromosikan produk. Semoga membantu dan semoga sukses dalam memperoleh keuntungannya!

You may also like

Leave a Comment