Cara Share Link Tokopedia Affiliate Terbaru. Siap Dapat Cuan!

by Fanny
Cara Share Link Tokopedia Affiliate

Saat ini, semua orang bisa menjadi pebisnis online tanpa modal. Hal ini karena Sobat MEA tidak perlu memikirkan biaya produksi, stok barang, hingga pengiriman produk. Penasaran dengan jenis bisnisnya? Yup, itu adalah affiliate marketing. Nah pada hari ini, kita akan membahas secara mendalam mengenai Tokopedia Affiliate dan bagaimana sih cara share link Tokopedia Affiliate.

Tentunya Sobat MEA sudah tidak asing bukan dengan istilah affiliate marketing? Jenis bisnis ini banyak digeluti oleh influencer, creator, dan orang biasa untuk menambah penghasilan dengan cara membagikan link produk ke sosial media. Untuk Sobat MEA yang penasaran dan ingin mencobanya, yuk simak artikel ini selengkapnya karena kami akan membagikan cara share link Tokopedia Affiliate terbaru dan termudah. Simak, ya!

Table of Contents

Apa itu Program Affiliate Tokopedia?

Omzet di Tokopedia masih segitu-gitu aja?
Makanya gabung ke komunitas dan belajar langsung dari ahlinya. Gratis!

Untuk melakukan cara share link Tokopedia Affiliate, Sobat MEA perlu mengetahui pengertian dan cara kerjanya terlebih dahulu. Sebagaimana program afiliasi pada umumnya, program ini adalah salah satu cara mempromosikan produk milik seller Tokopedia dengan cara membagikan link yang sudah auto generate melalui Tokopedia.

Program ini menguntungkan untuk seller karena produk mereka dapat dipromosikan secara geratis oleh konten kreator maupun influencer. Dengan begitu, seller bisa mengurangi biaya promosi. Tidak hanya itu, Seller juga akan mendapatkan banyak pembeli baru dari audiens konten kreator dan influencer.

Sobat MEA sebagai affiliator juga akan mendapatkan keuntungan berupa komisi. Begini cara kerjanya: Sobat MEA melakukan share link Tokopedia Affiliate ke sosial media. Kemudian ada pengikut yang mengklik dan membeli produk dari link yang dibagikan tersebut.

Artikel Terkait  Cara Mencari Supplier Tangan Pertama di Lazada yang Terpercaya. Pasti Gacor!

Maka Sobat MEA akan mendapatkan komisi sekian persen dari harga produk. Kemudian untuk proses pengemasan dan pengiriman barang akan sepenuhnya diatasi oleh seller. Jadi Sobat MEA hanya perlu membagikan link saja. Sangat sederhana namun cuan banget, kan?

Ada beberapa program affiliate yang mengharuskan Sobat MEA memiliki jumlah followers atau subscribers tertentu agar bisa bergabung sebagai affiliator. Namun di Program Affiliate Tokopedia, Sobat MEA tidak perlu memiliki jumlah pengikut minimal. Sobat MEA juga bisa membagikannya ke website maupun berbagai jenis sosial media mulai dari Facebook, Instagram, TikTok, Twitter, WhatsApp, hingga ke YouTube.

Komisi Tokopedia Affiliate

program jadi jawara

Jumlah komisi yang akan Sobat MEA dapatkan berbeda-beda tergantung dari produk apa yang dipromosikan. Sobat MEA sendiri bisa mendapatkan komisi hingga 10% dari harga produk, loh! Berikut adalah daftar jumlah komisi yang akan didapatkan berdasarkan kategori produknya:

  • Kategori Makanan & Minuman: 10%.
  • Kategori Kecantikan, Fashion, dan Rumah Tangga 8%.
  • Kategori Kesehatan, Ibu & Bayi: 5%.
  • Kategori Olahraga dan Hobi: 3%.
  • Kategori Handphone, Tablet, Otomotif, dan Elektronik: 1%.
  • Dan komisi sebesar 2% untuk kategori di luar kategori di atas.

Cukup besar bukan komisi yang akan Sobat MEA dapatkan dari setiap kategori. Seperti anggap saja Sobat MEA mendapatkan komisi sebesar 2% dari produk yang berharga Rp. 100.000,-. Maka Sobat MEA akan mendapatkan komisi sebesar Rp. 2.000,- dari satu pembelian. 

Anggap saja ada 5 orang yang mengklik link yang Sobat MEA bagikan dan mereka melakukan pembelian. Maka Sobat MEA akan mendapatkan total komisi sebanyak Rp10.000. Jumlah yang menarik mengingat Sobat MEA hanya perlu membagikan link produk saja ke sosial media.

Artikel Terkait  Pengen Liburan? Gini Cara Tutup Toko di Lazada Sementara dengan Mode Liburan!

Perlu diingat bahwa jumlah komisi maksimal yang akan didapatkan adalah Rp50.000 semua kategori produk. Tokopedia sendiri juga bisa mengubah besaran dan jumlah komisi sewaktu-waktu. Jadi Sobat MEA perlu mengikuti perkembangan terbaru mengenai cara share link Tokopedia Affiliate ini, ya.

Komisinya sendiri akan Sobat MEA terima setelah pembeli selesai melakukan transaksi dan barang sudah diterima. Jadi Sobat MEA perlu menunggu hingga produk terkirim atau ketika pembeli sudah mengklik tombol “Produk Diterima”. Biasanya, seller hanya membutuhkan waktu 2 hari setelah suatu pesanan selesai dan akan mengirimkan komisinya kepada Sobat MEA.

Cara Share Link Tokopedia Affiliate

tingkatan toko di tokopedia

Setelah mengetahui pengertian dan komisinya, sekarang saatnya kami membagikan cara share link Tokopedia Affiliate yang bisa Sobat MEA lakukan dengan mudah. Berdasarkan laman resmi Tokopedia, berikut ini adalah langkah-langkah membagikan link Tokopedia Affiliate:

  1. Buka aplikasi Tokopedia dan cari produk yang ingin Sobat MEA bagikan link-nya ke sosial media.
  2. Klik ikon Share di yang terletak di bagian atas produk.
  3. Akan muncul menu pop up yang menunjukkan gambar produk. Di sini, Sobat MEA bisa memilih foto produk mana yang akan diperlihatkan ketika pengikut mengklik link. Pastikan pilih gambar produk yang jelas dan menarik untuk meningkatkan keinginan audiens dalam mengklik dan membeli produk.
  4. Klik Link Affiliate atau Salin Link.
  5. Tunggu hingga muncul notifikasi Sip, Salin Link Berhasil Disalin, kemudian klik OK.
  6. Selesai. Cara share link Tokopedia Affiliate sudah berhasil dilakukan dan Sobat MEA bisa langsung membagikannya ke akun sosial media yang diinginkan.

Mudah dan cepat sekali bukan cara membagikan link Tokopedia Affiliate ini? Sobat MEA bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja. Untuk meningkatkan jumlah klik, pastikan Sobat MEA selalu mengikuti tren barang apa saja yang sedang banyak dicari, serta kepoin juga kebutuhan dan selera pengikut Sobat MEA. 

Artikel Terkait  Berapa Biaya Official Store di Tokopedia? Segini lho harganya!

Dengan begitu, jumlah klik link akan lebih banyak dan Sobat MEA bisa mendapatkan lebih banyak komisi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Salam satu juta pembeli!

You may also like

Leave a Comment