Cara Buat Catatan Toko di Tokopedia dan 6 Contoh Terbaiknya!

by Viki
catatan toko di tokopedia

Sobat MEA tentu sudah memahami bahwa dalam berbisnis itu membutuhkan berbagai strategi-strategi jitu yang berguna untuk penjualan. Begitupun untuk berjualan di Tokopedia. Seller harus menerapkan strategi jitu seperti catatan toko di tokopedia jika ingin produk menjadi laris manis.

Pasalnya catatan toko ini menjadi daya tarik yang sangat berpengaruh terhadap minat calon pembeli. Catatan toko juga menjadi salah satu hal yang menentukan seberapa kredibel toko online tersebut. Toko yang nggak menggunakan catatan toko biasanya kurang dipercayai oleh calon pembeli.

Table of Contents

Cara Menambah Catatan Toko Tokopedia

Belajar jualan di Tokopedia bareng sama seller berpengalaman
Yuk pelajari metode serta berbagai ilmu dagingnya dulu bersama mentor expert dari MEA. Lengkap, mudah, dan menyenangkan untuk bisnismu. Gabung sekarang!

Catatan toko di Tokopedia juga tidak bisa asal-asalan. Sobat MEA perlu membuat catatan toko yang menarik. Hal ini agar toko onlline dan produk milikmu dilirik oleh banyak calon pembeli. Bukan hanya berhasil dilirik, tapi juga harus bisa membuat calon pembeli untuk membelinya.

Karena catatan toko di Tokopedia ini memainkan peran yang penting, kita akan membahas bagaimana cara buat catatan toko Tokopedia lengkap dengan 7 contoh yang bisa Sobat MEA tiru. Yuk langsung simak artikel ini sampai habis!

Menambah Catatan Toko Melalui Aplikasi

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah menambah catatan melalui aplikasi Tokopedia di smartphone. Nah berikut ini adalah langkah-langkah lengkap untuk menggunakan dan menambah catatan toko lewat aplikasi: 

Menambah Catatan Toko Lewat Website

Saatnya omzet Tokped kamu meningkat pesat!
Kini saatnya kembangkan bisnis jadi lebih laris manis bersama tim marketplace MEA. Segala urusan di Tokopedia akan kami bantu semua~

Cara menambah catatan toko kedua adalah dengan mengakses website resmi Tokopedia. Umumnya, para seller yang menggunakan komputer atau laptop menggunakan dashboard website ini untuk mengatur toko. Kembali lagi, berikut adalah tutorial cara menambah catatan toko online di Tokopedia melalui website:

  • Pertama, buka website Tokopedia atau masukan keyword Tokopedia di mesin pencari.
  • Berikutnya, login ke akun toko 
  • Setelah masuk ke dalam Dashboard, pilih menu Toko dan pilih Pengaturan Toko.
  • Untuk menambahkan catatan, klik Tambah Catatan.
  • Terakhir Mulai isi kolom Judul dan Konten Catatan.
  • Selesai! Simpan catatan dengan klik tombol Simpan.

Fungsi Catatan Toko di Tokopedia

catatan toko di tokopedia

Setelah mengetahui cara membuat catatan toko di Tokopedia, Sobat MEA juga harus tahu apa saja sih fungsi catatan toko ini. Berikut adalah fungsi-fungsinya:

  • Memperkenalkan toko mulai dari mulai sejarah dan deskripsi toko, produk yang tersedia, deskripsi produk, metode pengiriman sampai jam operasional.
  • Deskripsi toko di Tokopedia dapat memberikan berbagai informasi pada calon konsumen
  • Membuat toko tampil profesional, menarik dan terpercaya.

7 Contoh Catatan Toko di Tokopedia

1. Catatan Toko dari Johnson & Johnson

catatan toko di tokopedia

Contoh pertama yang bisa cocok untuk referensi adalah catatan toko dari  Johnson & Johnson. Dalam catatan toko ini memberikan gambaran jelas produk yang dijual, terlebih untuk sektor consumer, vision care, dan medical devices. Dalam catatan toko ini juga menampilkan produk unggulan saat itu beserta deskripsi toko mengenai  informasi sejarah toko dan jam operasional toko.

2. Catatan Toko dari Maybelline

catatan toko di tokopedia

Jika tokomu menjual produk kecantikan, catatan toko yang bisa Sobat MEA contoh adalah catatan toko dari brand Maybelline. Catatan toko  ini memberikan gambaran jelas mengenai produk yang dijual yaitu produk kosmetik. Dalam catatan toko ini juga menjelaskan tipe produk, nama toko, deskripsi toko berupa sejarah singkat produk, hingga jam operasional toko.

3. Catatan Toko dari Toko Kue Meisya

catatan toko di tokopedia

Jika Sobat MEA ingin berbisnis di bidang F&B di Tokopedia, catatan toko dari Toko Kue Meisya ini bisa menjadi insprasi untuk catatan tokomu. Salah satu toko kue di kawasan Jakarta ini memberikan catatan toko yang berisi informasi kontak, jam/hari buka, hingga batas maksimal order yang bisa dikirim pada hari yang sama.

4. Catatan Toko dari Mazaya Mukena

catatan toko di tokopedia

Tapi jika Sobat MEA justru ingin menjual pakaian muslim atau perlengkapan ibadah, catatan toko Mazaya Mukena bisa menjadi inspirasi. Dalam catatan toko ini memberikan informasi mengenai produk apa saja yang tersedia beserta tahun berdirinya. Selain itu, Mazaya Mukena juga mencantumkan pilihan layanan pengiriman. 

5. Catatan Toko dari Bmodis Tas Sepatu Wanita Jakarta

catatan toko di tokopedia

6. Catatan Toko dari Aska Label

Selain penjelasan produk, Sobat MEA juga bisa mencantumkan sosial media dari bisnis online yang Sobat MEA gunakan. Seperti catatan toko dari Aska Label ini. Ia juga mencantumkan akun instagram hingga jam/hari buka toko beserta pilihan layanan pengiriman. 

7. Catatan Toko dari CPPETINDO

Bukan hanya untuk kebutuhan manusia, Sobat MEA juga bisa mencantumkan catatan toko untuk menjual makanan hewan peliharaan. Contohnya seperti catatan toko dari CPPETINDO ini. Selain menjelaskan mengenai tokonya, ia juga mencantumkan info layanan pengiriman dan info kurir toko saat event.

Nah, itulah 7 contoh catatan toko di tokopedia yang bisa Sobat MEA contek untuk toko online di Tokopedia. Tapi pastikan mengandung kata-kata yang impresif, persuasif, dan penjelasan singkat padat mengenai produk ya. Sertakan juga keunggulan produknya. 

Tidak mau ribet dalam mengurus toko online di Tokopedia? Hubungi kami! Biar tim hebat kami yang membantu toko online-mu di Tokopedia secara lengkap, tuntas, dan menghasilkan lebih banyak omzet. Tim hebat kami akan mengatur semuanya, mulai dari menata profil, catatan toko, katalog produk, hingga mengatur sales penjualan di dalamnya. Bisnis aman, hati jadi tenang. 

You may also like

Leave a Comment