Harap Waspada, Ini Ciri Ciri Akun Facebook Telah di Hack!

by Viki
ciri ciri facebook di hack

Bagi Sobat MEA yang aktif bersosial media, pasti sudah paham bahwa sosial media juga rentan terkena peretasan.  Tidak terkecuali Facebook. Sobat MEA harap berhati-hati. Pasalnya akun Facebook yang di hack bisa membawa bencana. Dan di artikel ini MiMe akan bagikan ciri ciri Facebook di hack yang wajib diketahui.

Apalagi jika akun Facebook tersebut sudah Sobat MEA mainkan selama bertahun-tahun. Tentunya sangat disayangkan jika kemudian di hack orang yang tidak bertanggung jawab. Belum lagi foto atau video kenangan dan data pribadi yang telah terupload. Hacker bisa menyalahgunakannya untuk keuntungan tertentu. 

Gabung Komunitas Bisnis Facebook

Dapatkan berbagai insight bisnis dan strategi cuan dari Facebook langsung dari ahlinya! Plus forum diskusi yang full support, pastinya bakal boost bisnismu lebih pesat~

Tapi sayangnya akun diretas tidak segera terlihat. Biasanya sih bisa Sobat MEA lihat pada aktivitas mencurigakan di akun Facebook, seperti pesan link aneh yang terkirim ke teman-temanmu. 

Hanya saja, ciri akun Facebook di hack tersebut tidak selamanya berlaku. Ternyata masih banyak ciri lainnya yang bisa menjadi pertanda bahwa akun Faebook mu telah di hack. Lantas apa saja ciri ciri Facebook di hack? Yuk, kenali di bawah ini. 

Ciri Ciri Facebook di Hack

Mengutip dari laman CNet, untuk mengetahui apakah ada yang membajak akunmu bisa langsung ke Setting Facebook, lalu pilih Security and Login, dan pilih Where You’re Logged In.

Setelah itu, akan muncul perangkat yang mengakses akun Facebook mu beserta lokasinya. Jika ada aktivitas yang tidak dikenal, kemungkinan akunmu terkena peretasan. Jika Sobat MEA menemukannya, silakan langsung klik Not You?.

Jago Ngiklan dan Cuan di FB? Ini Strateginya!

Ternyata jualan saja gak cukup dengan posting dan chat pelanggan. Yuk, pasang iklan dan buatlah pasarmu makin terkesima untuk berbelanja di tokomu!

Tapi jika Sobat MEA justru tidak menemukannya, tapi yakin ada aktivitas asing, Sobat MEA bisa mengetahuinya dari ciri ciri Facebook di hack yang kerap di alami oleh kebanyakan pengguna Facebook. Ada 5 tanda yang dapat dipastikan Sobat MEA terkena peretasan. Berikut beberapa tanda akun facebook telah dihack:

1 Postingan yang Tidak Pernah di Upload

Salah satu hal yang bisa menjadi tanda adalah adanya postingan Facebook yang tidak Sobat MEA tulis dan upload. Nah, ketika hacker mendapatkan akses ke akunmu, hacker bisa memposting apapun yang ia mau, termasuk postingan meminta uang tunai.

Teman-temanmu bisa menganggap hal tersebut memang postinganmu. Apalagi jika pesan terdengar masuk akal dan menggunakan nama akunmu. Mereka bahkan bisa menyukainya. 

Selain itu, hacker juga bisa memasukkan tautan malware ke dalam postinganmu alias tautan langsung yang mengarah ke paypal untuk mengirimkan uang. Sehingga ketika temanmu melihat postingan tersebut dan membuka tautannya, bisa-bisa saldo yang ada di rekening miliknya tertarik begitu saja. 

2 Nama atau Informasi Facebook Berubah

Untuk tanda yang satu ini, tidak bisa Sobat MEA langsung lihat. Sobat MEA harus cek satu persatu informasi akun, seperti perubahan nama email nomor telepon dan password, perubahan pengaturan keamanan dan privasi, atau hal-hal lainnya yang bisa diakses oleh hacker. 

3 Mengirimkan Permintaan Pertemanan pada Orang Tidak Dikenal

Tanda berikutnya bisa Sobat MEA temukan pada permintaan pertemanan. Sobat MEA menemukan permintaan pertemanan pada orang tidak dikenal. 

Juga pada fitur Messenger, jika Sobat MEA menemukan pesan yang tidak pernah Sobat MEA kirimkan, seperti variasi “kirim saya uang” atau mengirimkan kontakmu situs web phishing untuk mengambil detail login kontakmu. 

Artikel Terkait  Ingin Cepat Viral? Yuk, Cobain 10 Link Template Capcut Terbaru 2023 Ini! Kece Abis~

Beberapa kontak mungkin langsung percaya, tapi beberapa kontak justru ragu dan bertanya kepadamu, apakah Sobat MEA yang benar-benar mengirimkan pesan? Jika demikian, berarti akumu telah di hack. 

Jasa Iklan FB Profesional Tanpa Peretasan

Gak kunjung cuan dari iklan? Artinya butuh tim profesional untuk boost iklanmu. Sampaikan pada kami mengenai iklan dan tujuanmu, kami arahkan iklan hingga cuan maksimal!

4 Pesan Notifikasi Facebook yang Tidak Masuk Akal

Hal selanjutnya yang bisa Sobat MEA ketahui bahwa ada yang salah pada akunmu adalah ketika Sobat MEA tiba tiba menerima notifikasi yang tidak masuk akal dari pihak Facebook, seperti adanya percobaan masuk dari negara lain, percobaan masuk dari perangkat lain, dsb. Atau akun tiba tiba minta persetujuan login. 

5 Tidak Bisa Masuk ke Akun Facebook

Jika sudah seperti ini, maka mengusir hacker dari akunmu sudah sangat sulit untuk dilakukan. Bahkan tidak akan bisa mengubah email dan password kembali. Biasanya hacker membuat kata sandi lain yang berbeda dari kata sandi sebelumnya. Sehingga tidak akan menerima email verifikasi untuk memulihkan akun. 

Nah, itu dia ciri ciri akun Facebook di hack yang harus Sobat MEA ketahui. Dengan mengetahui hal ini, di harapkan bisa menjadi bahan untuk senantiasa waspada menjaga akunmu. 

Sebelum terjadi peretasan, maka cara mengatasinya yaitu mengubah kata sandi terlebih dahulu dengan kata sandi baru yang panjang umumnya lebih aman. Apalagi jika lupa kata sandi. 

Selain itu, lakukan two factor authentification pada akunmu, seperti mencantumkan email atau akun bank, nomor telepon atau tanggal lahir, daftar pertanyaan pribadi, dll. yang berguna sebagai upaya perlindungan akun Facebook. Atau Sobat MEA bisa meminta bantuan tim dukungan Facebook untuk lebih lanjutnya. 

Artikel Terkait  6 Cara Menghapus Arsip Cerita di IG Untuk Meringankan Memori Aplikasi

You may also like

1 comment

Rosalia Vilda Agustus 31, 2023 - 11:33 pm

Akun saya dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab namanya diganti, sandi,email dan no telepon

Reply

Leave a Comment