4 Contoh Content Marketing yang Menarik Biar Bisnis Makin Laris!

by Fanny
contoh content marketing yang menarik

Ketika menjalankan bisnis online, Sobat MEA tidak akan terlepas dengan content marketing untuk memasarkan produk. Proses ini perlu dilakukan dengan benar agar Sobat MEA dapat meraih audiens yang tepat dan sesuai dengan brand yang dipasarkan. Untuk itu, kami akan membagikan manfaat dan contoh content marketing yang menarik untuk bisnis Sobat MEA.

Apa itu Content Marketing?

Mau belajar jualan online dari awal hingga jadi profesional?

Gabung ke komunitasnya dan ngobrol langsung dengan Coach ahli hanya di sini. Gratis!

Sebelum membagikan beberapa contoh content markting yang menarik untuk bisnis, Sobat MEA perlu mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. Melansir laman Mailchimp, content marketing sendiri adalah proses mempromosikan produk melalui teks, foto, atau video yang dapat Sobat MEA lakukan di berbagai macam platform atau sosial media.

Content marketing tidak hanya bertujuan untuk mempromosikan produk saja, namun juga untuk meningkatkan pengetahuan audiens akan produk yang Sobat MEA tawarkan. Dengan begitu, Sobat MEA juga akan meraih semakin banyak audiens baru yang tertarik dengan produk Sobat MEA.

5 Manfaat Content Marketing

Mau bisnis kamu punya konten marketing yang menarik bagi audiens?

Yuk pakai jasa pembuatan konten MEA sekarang juga!

Di era serba digital di mana semakin banyak orang yang membeli produk secara daring, membuat content marketing yang menarik menjadi salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan oleh para pebisnis online. Sebelum masuk pada contoh content marketing, Sobat MEA harus tahu bahwa pembuatan content marketing memiliki banyak manfaat untuk brand Sobat MEA, loh. Diantaranya adalah:

1. Meningkatkan Brand Awareness

2. Meningkatkan Engagement Akun

Akun sepi, minim followers, dan kurang interaksi? Tingkatkan engagement akun dengan membuat contoh content marketing yang menarik di mata audiens. Semakin tinggi engagement-nya, maka visibilitas akun juga akan semakin tinggi. Hal ini membuat akun bisnis Sobat MEA mudah ditemukan oleh pengguna atau target market yang diincar.

3. Meningkatkan Pencarian

Konten yang menarik bisa meningkatkan pencarian bahkan dibagikan ke berbagai macam platform. Seperti misalnya Sobat MEA membuat konten yang menarik di TikTok, maka besar kemungkinan konten juga akan dibagikan ke platform lain seperti YouTube, Instagram, Twitter, atau Facebook oleh pengguna lainnya. Dengan begitu, jangkauan konten Sobat MEA bisa semakin luas.

4. Meningkatkan Kredibilitas

Content marketing yang menarik juga bisa meningkatkan kredibilitas brand dan akun Sobat MEA. Semakin konsisten konten yang dibuat, maka akan semakin meningkat pula kepercayaan dan loyalitas konsumen pada brand Sobat MEA.

5. Meningkatkan Konversi

Nah, ini salah satu hal yang menjadi tujuan utama dari membuat content marketing yang menarik, yaitu untuk meningkatkan target konversi atau penjualan. Konten yang baik dan mampu mempersuasi audiens untuk membeli suatu produk merupakan contoh content marketing yang berhasil dan bisa kamu jadikan inspirasi.

4 Jenis Contoh Content Marketing yang Menarik

Setelah mengetahui pengertian dan manfaat dari content marketing yang baik, sekarang kami akan membagikan beberapa contoh content marketing yang menarik yang bisa Sobat MEA terapkan di berbagai platform. 

Setiap platform memiliki jenis audiens dengan ketertarikan yang berbeda-beda. Oleh karena itu Sobat MEA bisa menyajikan konten yang sesuai dengan pengguna dari platform tersebut. Berikut ini 4 jenis contoh content marketing:

1. Website

Di sebuah website, Sobat MEA bisa menuliskan sebanyak dan selengkap mungkin mengenai suatu produk karena tujuannya adalah untuk memberikan informasi produk. Jangan lupa juga untuk menyematkan foto dan video agar tampilan tidak terlihat membosankan.

Belum lagi audiens ini dapat langsung melakukan pembelian melalui website yang Sobat MEA miliki. Dengan begitu, Sobat MEA bisa meraih traffic dan melakukan konversi sekaligus menggunakan content marketing pada website. Menarik, bukan?

2. Visual Content

Jika sebuah website lebih terfokus pada tulisan, maka infografis ini ditujukan untuk audiens yang berorientasi pada estetika visual dengan fokus gambar sampai video. Sobat MEA bisa berkreasi sebebas mungkin untuk menciptakan konten berupa gambar atau video yang menarik namun tetap informatif.

Visual content ini  menjadi contoh content marketing yang wajib Sobat MEA gunakan. Pasalnya, kebanyakan orang Indonesia lebih senang pada hal-hal yang sifatnya visual terutama yang berbentuk video. Sobat MEA bisa memanfaatkan aplikasi sosial media yang fokus pada content marketing visual seperti Instagram, TikTok, atau YouTube.

3. Podcast

Ada orang yang lebih suka membaca, menonton video, dan ada juga yang lebih suka mendengarkan. Hal ini karena mendengarkan sesuatu membuat Sobat MEA dapat melakukan aktivitas lainnya. Makanya, tidak mengherankan bahwa podcast menjadi salah satu hal yang banyak didengarkan oleh masyarakat zaman sekarang.

Sobat MEA juga bisa, kok, membuat content marketing yang menarik melalui podcast. Masukkan obrolan atau monolog berupa masalah yang relevan dan dapat diatasi dengan menggunakan produk Sobat MEA. Kemas dengan obrolan yang menarik dan intonasi yang sesuai dengan target audiens agar mereka juga tertarik mendengarkan podcast sampai akhir, ya!

4. Email

Jika ingin membuat content marketing lewat email, pastikan Sobat MEA memasang subjek email yang menarik perhatian agar audiens membuka email yang dikirimkan dan tidak menandai email sebagai spam, ya!

Nah itulah pembahasan lengkap mengenai content marketing dan contohnya. Semoga saja contoh content marketiny yang sudah dibahas ini dapat memberikan inspirasi bagi Sobat MEA untuk mengembangkan bisnis yang ada. Amin!

You may also like

Leave a Comment