Ini 5 Contoh Copywriting yang Menarik. Bisa Jadi Inspirasi!

by Bagus Alhadi
contoh copywriting yang menarik

Perkembangan pesat dalam industri periklanan telah menciptakan suatu atmosfer di mana advertiser harus semakin inovatif dalam menyajikan konten iklan produk mereka di online store ataupun offline store. Tidak hanya menciptakan formula copy iklan yang penuh kreativitas, tapi copywriter pun harus bisa memberi contoh copywriting yang menarik dan memikat perhatian pembaca.

Artinya, dalam hal ini, tentunya para copywriter juga harus mampu merancang kata-kata yang dapat mengundang mereka hingga tergoda untuk membeli produk yang diiklankan.

Asah Kemampuan Copywriting di Komunitas MEA!
Kamu bisa dapat banyak ilmu dan insight menarik dari seller dan mentor berpengalaman~

Dalam dunia copywriting, kreativitas tidak hanya menjadi kunci keberhasilan, tetapi juga seni untuk menangkap esensi produk dengan cara yang memikat. Oleh karena itu, pemahaman mendalam terhadap teknik-teknik copywriting sangatlah penting, 

Contoh copywriting sebenarnya bisa Sobat MEA temui di banyak media seperti pencarian Google, email newsletter, iklan, landing page, postingan Instagram Feed, sampai ke deskripsi video di Youtube. Kampanye-kampanye iklan ini tidak sedikit yang berhasil meraih cuan, omzet dan traffic lebih besar, buah hasil dari copywriting menarik yang telah dibuat.

Lantas, bagaimana contoh copywriting yang menarik agar bisnis semakin laris? Simak ulasan dari artikel ini sampai habis ya!

Table of Contents

5 Contoh Copywriting yang Menarik

Mau punya landing page jualan sendiri tanpa harus bikin website?
Gunakan saja tools canggih GoWebin ini. Mudah dan simpel digunakan!

1. Marketing Copywriting

Contoh copywriting yang pertama yaitu copywriting marketing, suatu jenis copy yang mampu meyakinkan konsumen terkait keunggulan produk atau jasa yang sedang dipromosikan. Ilustrasi dari copywriting ini dapat ditemui dalam berbagai medium seperti online display ads, video di platform YouTube, iklan radio, tayangan televisi, dan tampilan iklan di billboard.

Contohnya, Iklan dari Gojek ini. Strategi marketing dengan copywriting yang dipakai merupakan proses humanisasi yg membuat merek seperti manusia, yg tujuannya agar tercipta “engagement dan interaction” dengan konsumen.

Branding yang diusung oleh merek dengan “friendly persona” mampu meningkatkan tingkat interaksi dan memberikan kenyamanan pada pengguna selama menggunakan merek tersebut.

Disini juga Gojek memperlihatkan sebuah karakter santai dan ramah dalam interaksinya dengan konsumennya. Gaya bahasa yang digunakan oleh Gojek terlihat konsisten di seluruh produk dan promosinya, menjadikan pengguna Gojek merasa akrab dengan brand tersebut.

2. Direct Response Copywriting

Selanjutnya, kita memiliki contoh direct response copywriting, sebuah bentuk copywriting yang dirancang copywriter untuk menghasilkan tanggapan langsung dari audiens. Umumnya, tipe copywriting ini dapat ditemukan dalam pemberitahuan push atau pop up notification.

Misalnya, ketika Sobat MEA mengakses aplikasi Netflix pada ponsel atau situs web, notifikasi instan akan tampil, mengundang Sobat MEA untuk berlangganan menonton film yang ada di Netflix sekarang dengan memanfaatkan promo yang sedang berlangsung.

3. Brand Copywriting

contoh copywriting yang menarik

Copywriting brand merupakan jenis copy yang khusus menitikberatkan pada pengenalan merek atau identitas perusahaan. Secara umum, copywriting semacam ini sering ditemukan dalam tagline perusahaan.

4. SEO (Search Engine Optimization) Copywriting

Langkah berikutnya mencakup copywriting SEO (Search Engine Optimization), di mana penulisan disesuaikan dan dioptimalkan dengan berbagai strategi SEO. Contoh copywriting semacam ini umumnya dapat dijumpai dalam tulisan artikel blog, halaman website, dan berbagai media online lainnya.

Sebagai contoh copywriting yang menarik pada SEO, Traveloka cerdas menggunakan kata kunci ‘Promo Liburan’ dengan tujuan untuk menempati posisi teratas pada hasil pencarian Google ketika seseorang mencari informasi tentang promo liburan.Dalam menyusun copywriting SEO, penting untuk mengimplementasikan beberapa strategi, seperti:

  1. Manfaatkan alat SEO keyword untuk menemukan kata kunci yang relevan.
  2. Pertimbangkan tingkat pencarian saat memilih kata kunci, prioritaskan yang memiliki volume pencarian tinggi.
  3. Pilih kata kunci dengan tingkat kesulitan rendah.
  4. Pilih kata kunci yang sesuai dengan niche merek.
  5. Sesuaikan dengan niat pencarian (search intent) melalui pemilihan kata kunci.
  6. Gabungkan penggunaan kata kunci panjang dan pendek (long-tail dan short-tail) untuk hasil optimal.

5. Public Relation Copywriting

Public relation copywriting merupakan jenis copywriting yang mengandung tulisan yang secara khusus dibuat atas nama perusahaan. Umumnya, copywriting semacam ini dapat ditemukan dalam press release perusahaan atau berbagai konten serupa yang mewakili identitas dan pesan dari perusahaan tersebut.

Sebagai contoh, di tengah merebaknya modus penipuan dengan menggunakan nama BRI, Bank BRI responsif dengan menghadirkan konten press release. Konten tersebut tidak hanya memberikan informasi tentang modus penipuan yang terjadi, tetapi juga memberikan panduan mengenai cara menghindari dan melaporkan kejahatan tersebut.

Maka dari itu, pastikan bahwa copywriting yang akan hasilkan tidak hanya menarik perhatian, tetapi juga mampu memanfaatkan kekuatan tersebut secara optimal. Sehingga, brand atau bisnis yang Sobat MEA promosikan mampu meraih hasil terbaik melalui pesan-pesan yang tertuang dalam tulisan tersebut. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment