4 Contoh Digital Advertising yang Bikin Sukses Bisnismu! Kepoin~

by Bagus Alhadi
Contoh Digital Advertising

Dahulu, kegiatan promosi atau iklan cenderung menghiasi media konvensional seperti media cetak, radio, bahkan billboard. Namun kini semakin banyak yang merambah ke ranah Digital Advertising atau yang biasa disebut dengan iklan digital. Contoh Digital Advertising mencakup beriklan melalui internet dengan pesan yang disampaikan melalui perangkat seperti PC, laptop, dan berbagai perangkat mobile.

Melalui Digital Advertising, pengiklan dapat melonjakkan keberadaan merek mereka dan mencapai target audiens yang lebih meluas di berbagai platform yang menjadi tempat rutin mereka melakukan pemasaran.

Untuk tetap bisa bersaing dengan para kompetitor lainnya, strategi pemasaran bisnis menjadi sangat krusial untuk dipelajari. Salah satu pendekatan yang paling efisien adalah melalui Digital Advertising ini, di mana media promosi menjadi kunci utama.

Tidak mengherankan bahwa Digital Advertising menjadi sorotan banyak individu yang ingin mendalami bidang tersebut untuk membuat bisnisnya makin sukses. Jika Sobat MEA termasuk di dalamnya, ayo telusuri beberapa contoh Digital Advertising yang menarik di bawah ini!

Table of Contents

Mengenal Digital Advertising Lebih Dalam

Mau belajar digital marketing tapi bingung mulai dari mana?
Yuk langsung aja gabung di Komunitas upgrade skill MEA. GRATIS!

Sebelum membahas tentang contoh Digital Advertising, alangkah baiknya kita mengenal lebih dalam tentang Digital Advertising.

Melansir laman GreatNusa, Digital advertising adalah bentuk promosi atau pemasaran produk, layanan, atau merek yang dilakukan melalui media digital atau internet. Tentunya bertujuan untuk menyampaikan pesan promosi kepada target audiens. Ini melibatkan penggunaan platform online seperti situs web, media sosial, mesin pencari, aplikasi mobile, dan berbagai kanal digital lainnya.

Contoh Digital Advertising pertama kali di kemumukan yaitu pada Oktober 1994 oleh majalah online bernama HotWire dengan banner ads yang ditampilkan. Dari contoh iklan tersebut, akhirnya dengan lambat laun, Digital Advertising merambah dan mencapai puncak popularitas. Trend ini semakin meroket karena teknologi hampir menguasai semua aspek sektor kehidupan saat ini

Tak hanya berbentuk iklan display, Digital Advertising bisa berupa iklan pencarian, iklan di media sosial, iklan video, iklan programmatic, dan berbagai varian iklan digital lainnya.

Manfaat Digital Advertising

contoh digital advertising

Menggunakan digital advertising dapat memberikan sejumlah manfaat, antara lain:

  1. Targeting yang Tepat: Sobat MEA dapat menargetkan iklan kepada audiens yang spesifik berdasarkan demografi, perilaku online, atau minat, memastikan bahwa iklan telah sampai ke orang yang tepat.
  2. Mengukur Kinerja dengan Akurat: Analitik digital bisa melacak dan menganalisis kinerja iklan secara real-time. Taak hanya itu, hal ini dapat juga  mengukur sejumlah metrik, seperti klik, impresi, konversi, dan lainnya.
  3. Kreativitas Tanpa Batasan: Dalam iklan digital, Sobat MEA memiliki fleksibilitas untuk menciptakan konten yang kreatif tanpa terbatas oleh format tradisional. Ini termasuk iklan video, gambar, teks, dan format lainnya.
  4. Kemampuan Menyesuaikan Kampanye: Sobat MEA dapat mengubah kampanye digital secara cepat berdasarkan hasil analisis atau perubahan tren pasar. Ini memungkinkan fleksibilitas yang tinggi dalam mengelola kampanye periklanan yang dijalankan.
  5. Kontrol Anggaran: Sobat MEA dapat menyesuaikan anggaran periklanan sesuai kebutuhan dan memonitor pengeluaran dengan lebih efisien. Model pembayaran berbasis klik atau impresi juga memungkinkan pengontrolan yang lebih baik terhadap biaya.
  6. Interaksi Langsung dengan Konsumen: Digital advertising memungkinkan interaksi langsung dengan audiens melalui komentar, pesan langsung, atau tautan ke situs web perusahaan.
  7. Peningkatan Konversi: Dengan kemampuan targeting yang tepat dan analisis yang cermat, digital advertising dapat meningkatkan tingkat konversi melalui pemberian informasi yang relevan kepada calon pelanggan.
  8. Skala Global atau Lokal: Sobat MEA dapat mengatur kampanye periklanan untuk menjangkau pasar global atau memfokuskan upaya pada pasar lokal, memberikan fleksibilitas dalam mencapai audiens yang diinginkan.
  9. Keterlibatan Sosial: Digital advertising dapat terintegrasi dengan media sosial, memungkinkan keterlibatan yang lebih besar melalui berbagi, komentar, dan interaksi sosial lainnya.
  10. Pemahaman yang Lebih Baik tentang Audiens: Melalui data analitik, Anda dapat memahami lebih baik perilaku online dan preferensi audiens Anda, memungkinkan Anda untuk menyesuaikan strategi pemasaran secara lebih efektif.
Artikel Terkait  Hal-hal Penting Untuk Kesuksesan Bisnis Kalian

Contoh Digital Advertising

contoh digital advertising

Adapun beberapa contoh Digital Advertising yang biasa digunakan oleh para pelaku usaha pada zaman ini, diantaranya:

1. Paid Search/Google Ads

contoh digital advertising

Paid Search, atau yang dikenal sebagai search engine marketing, merupakan bentuk iklan yang muncul di halaman hasil mesin pencarian. Melalui strategi ini, pengiklan membayar setiap kali pengguna mengklik iklan mereka, memberikan jangkauan yang lebih besar dan relevan terhadap pencarian yang dilakukan oleh target audiens.

2. Social Media Ads

contoh digital advertising

Berikutnya, pilihan yang cukup efektif adalah iklan media sosial seperti Facebook, Twitter, TikTok, dan Instagram. Sobat MEA dapat menyusun kategorisasi sesuai dengan karakteristik target pasar untuk produk atau jasa yang ditawarkan, termasuk aspek usia, jenis kelamin, lokasi, tingkat penghasilan, dan faktor lainnya

3. Display Ads

contoh digital advertising

Iklan display dianggap lebih menarik daripada iklan baris atau kolom karena memiliki beragam konten. Pengiklan atau desainer gambar iklan tampilan dapat mengekspresikan kreativitas tanpa adanya batasan terkait ukuran, warna, atau jenis media konten yang dapat digunakan.

4. Video Ads

contoh digital advertising

Iklan video merupakan iklan yang disajikan dalam bentuk visual bergerak. Keefektifan iklan ini terletak pada kemampuannya menyampaikan pesan secara menyeluruh. Kombinasi suara dan gambar menciptakan pengalaman yang memungkinkan audiens membayangkan informasi yang disampaikan dalam video iklan tersebut.

Nah itu dia beberapa contoh Digital Advertising yang bisa Sobat MEA pelajari untuk kepentingan meningkatkan omzet pada perusahaan.

Peran advertising menjadi krusial dalam strategi pemasaran setiap bisnis dan perusahaan pada era saat ini. Dengan adanya hasil dari contoh iklan digital ini, memungkinkan perusahaan untuk mencapai target pasar secara efektif dan membangun kesadaran merek dengan cara yang efisien.

You may also like

Leave a Comment