5 Contoh Disclaimer Bahasa Indonesia. Bisa Dicontek!

by Fanny
contoh disclaimer bahasa Indonesia

Pastinya Sobat MEA sudah tidak asing dengan kata “disclaimer”, bukan? Meskipun Sobat MEA belum pernah mendengar kata ini, namun Sobat MEA pasti sudah paham maksud dari apa itu disclaimer itu sendiri. Pada kenyataannya, ada banyak contoh disclaimer bahasa Indonesia yang muncul di berbagai media atau layanan yang Sobat MEA gunakan tanpa disadari.

Untuk itu pada kesempatan kali ini, kami akan membahas secara lengkap mengenai apa itu disclaimer, fungsinya, hingga 5 contoh disclaimer bahasa Indonesia yang bisa Sobat MEA terapkan sesuai kebutuhan. Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Table of Contents

Apa itu Disclaimer?

Bisnis Mandeg di Tempat?
Yuk belajar langsung dari ahlinya dengan gabung ke komunitasnya sekarang. GRATIS!

Sebelum membagikan contoh disclaimer bahasa Indonesia, kami akan menjelaskan sedikit mengenai apa itu disclaimer. Disclaimer berasal dari bahasa Inggris yang jika diterjemahkan secara sederhana adalah sebuah pernyataan yang menjelaskan tentang batasan akan informasi atau tanggung jawab yang akan disampaikan. Disclaimer ini sendiri banyak digunakan oleh berbagai macam pihak mulai dari individu, organisasi, hingga perusahaan besar.

Hal ini bukan berarti pihak yang menyampaikan disclaimer akan lari dari tanggung jawab jika ada kesalahan, ya. Namun disclaimer sendiri menjadi sebuah antisipasi jika nantinya ada pihak yang salah menginterpretasikan suatu informasi yang disampaikan.

Inilah manfaat dari disclaimer bahasa Indonesia, yaitu untuk menyampaikan informasi namun juga memberikan penjelasan kepada audiens bahwa informasi ini bisa berubah tergantung dari kondisi dan pengalaman setiap orang.

Fungsi Disclaimer

Saatnya dapat komisi dari bikin konten di sosial media!
Yuk langsung aja gabung ke MCN Shopee MEA sekarang juga. GRATIS!

Setelah memahami pengertian disclaimer di atas, kami juga akan membagikan apa saja fungsi atau manfaat dari disclaimer itu sendiri sebelum memberikan beberapa contoh disclaimer bahasa Indonesia. Ini dia 3 fungsi utama dari penggunaan disclaimer:

1. Memperingatkan Tentang Batasan

Disclaimer menjadi pengingat untuk audiens atau penerima informasi bahwa ada batasan risiko atau tanggung jawab yang akan didapatkan nantinya dari penggunaan produk atau layanan. Seperti yang sudah dijelaskan sedikit di atas, hal ini akan membantu penerima informasi untuk tidak menelan mentah-mentah semua informasi yang mereka dapatkan dan bisa mengantisipasi kemungkinan lainnya. Selain itu, disclaimer juga akan menghindari terjadinya kesalahpahaman.

2. Melindungi Pemberi Informasi

Fungsi dari penggunaan contoh disclaimer bahasa Indonesia yang kedua adalah Sobat MEA sebagai pemberi informasi bisa terlindungi dari interpretasi atau penerimaan yang salah dari pihak audiens, jadi Sobat MEA tidak perlu menjelaskan ulang mengenai informasi yang sudah pernah diberikan.

3. Menyampaikan Informasi yang Jelas

Meskipun demikian, desclaimer justru mampu memberikan informasi yang jelas dan akurat karena sudah berdasarkan uji coba dari pemberi informasi itu sendiri. Audiens juga akan mendapatkan informasi sesuai dengan konteks yang sudah diberikan dan mendapatkan bukti nyatanya. Dengan kata lain, disclaimer menunjukkan bahwa informasi yang diberikan tidak hanya berdasarkan asumsi saja.

5 Contoh Disclaimer Bahasa Indonesia

contoh disclaimer bahasa Indonesia

1. Hak Cipta

Semua karya seni berupa tulisan, gambar, lagu, dan karya seni lainnya terlindung dalam Pasal 107 Undang-Undang Hak Cipta. UU ini bisa Sobat MEA jadikan sebagai disclaimer dalam pembuatan karya seni untuk melindungi karya Sobat MEA dari plagiarisme atau pengakuan hak milik oleh orang lain. Jadi, Sobat MEA bisa menggunakan disclaimer ini di awal karya seni untuk menegaskan bahwa karya tadi milik Sobat MEA dan siapapun yang akan menirunya bisa terjerat hukum yang berlaku.

2. Investasi

Contoh disclaimer bahasa Indonesia yang kedua adalah dalam dunia investasi. Seperti yang kita ketahui, investasi merupakan keputusan demi kepentingan pribadi untuk tabungan dalam jangka menengah maupun jangka panjang. Investasi bagi setiap orang pun berbeda-beda tergantung dari kemampuan dan kebutuhannya.

Contoh kalimat disclaimer dalam bidang ini yang biasanya Sobat MEA temui adalah sebagai berikut:

“Disclaimer: Informasi yang ada dalam laporan ini bukan merupakan saran investasi. Semua keputusan terkait investasi sepenuhnya ada di tangan Anda. Kami tidak bertanggung jawab atas kerugian atau kerusakan yang muncul karena tindakan lanjutan berdasarkan laporan ini.”

3. Produk atau Layanan

Disclaimer juga bisa digunakan untuk produk maupun layanan yang Sobat MEA tawarkan kepada target pasar. Berikut adalah contoh disclaimer bahasa Indonesia dalam produk atau layanan:

“Disclaimer: Produk ini tidak bertujuan untuk menggantikan saran profesional. Hentikan pemakaian jika muncul tanda-tanda ketidakcocokan.”

4. Alat Kesehatan

Contoh disclaimer bahasa Indonesia berikutnya datang dari industri medis atau kesehatan. Disclaimer yang diberikan biasanya berisi pembuktian produk yang digunakan oleh sejumlah orang dan memberikan hasil yang memuaskan. Berikut adalah contoh copywriting disclaimer untuk produk kesehatan:

Artikel Terkait  4 Contoh Digital Advertising yang Bikin Sukses Bisnismu! Kepoin~

“Disclaimer: Produk sudah diuji coba kepada 30 penderita asthma dan 90% orang diantaranya puas dengan efek produk ini. Mohon perhatikan kembali kandungan yang ada di dalam produk untuk menghindari adanya alergi. Jika terjadi iritasi atau gangguan, langsung hubungi dokter.”

5. Sosial Media

Disclaimer ini biasanya bertujuan sebagai ulasan pribadi atau perusahaan agar tidak menimbulkan kesalahpahaman terhadap audiens. Contohnya adalah sebagai berikut:

“Disclaimer: Tulisan yang saya buat ini berdasarkan pengalaman pribadi dan tidak ada campur tangan dari perusahaan.”

Itu dia pembahasan lengkap mengenai pengertian, fungsi, hingga contoh disclaimer bahasa Indonesia. Semoga ulasan ini bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment