Contoh FAQ Online Shop. Toko Semakin Dipercaya Pembeli!

by Fanny
contoh FAQ online shop

Contoh FAQ online shop ini banyak dicari oleh para pebisnis online karena mereka mulai menyadari pentingnya mencantumkan FAQ atau Frequently Asked Questions di website atau landing page resmi mereka. FAQ ini sendiri tidak hanya menguntungkan konsumen untuk mendapatkan informasi lebih jelas mengenai suatu brand atau produk, namun juga bisa memudahkan Sobat MEA sebagai penjual untuk hemat waktu dalam menjawab pertanyaan konsumen. Lalu, apa fungsi dari FAQ itu sendiri?

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas secara tuntas mengenai pengertian, fungsi, cara membuat, hingga contoh FAQ online shop yang bisa Sobat MEA jadikan sebagai referensi untuk membuat FAQ sendiri sesuai dengan kebutuhan bisnis. Yuk simak!

Table of Contents

Apa itu FAQ?

Mau bangun bisnis online tapi bingung mulai dari mana?
Gabung ke komunitas yang dipandu Coach berpengalaman dan dapatkan ilmu dagingnya sekarang. GRATIS!

Sebelum membahas tentang contoh FAQ online shop, yuk kenali dulu apa itu FAQ! Sesuai namanya, FAQ atau Frequently Asked Questions adalah daftar pertanyaan yang sering diajukan oleh pembeli kepada penjual. Pertanyaan ini biasanya adalah pertanyaan mendasar mengenai ketersediaan stok, harga, varian, lokasi pengiriman, dan pertanyaan umum lainnya. 

Tentunya Sobat MEA sebagai penjual perlu menjawab semua pertanyaan ini, namun untuk mempersingkat waktu dan memudahkan konsumen untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan, Sobat MEA perlu menyusun FAQ terlebih dahulu.

  • Untuk membantu menjawab pertanyaan konsumen secara langsung, sehingga konsumen tidak perlu menghubungi Sobat MEA terlebih dahulu untuk mendapatkan jawabannya.
  • Mempercepat proses pembelian karena konsumen sudah mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dan bisa langsung melakukan pembelian.
  • Meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap brand Sobat MEA karena dengan memberikan FAQ, artinya Sobat MEA peduli terhadap kebutuhan konsumen.
  • Meningkatkan SEO karena halaman FAQ bisa membantu algoritma Google untuk lebih memahami isi website Sobat MEA.

5 Cara Membuat FAQ

Ribet ngurus bisnis dan toko online sendirian?
Tenang aja, ada Tim MEA yang siap bantu kelola bisnismu. Yuk tingkatkan omzet toko sekarang juga!

Setelah mengetahui apa itu FAQ dan fungsinya, pasti Sobat MEA gak sabar untuk melihat bagaimana contoh FAQ online shop, bukan? Sabar, kami akan membagikan cara membuat FAQ dulu yang bisa Sobat MEA lakukan dengan 5 langkah di bawah ini!

1. Riset Pertanyaan yang Banyak Diajukan Konsumen

Hal pertama yang harus Sobat MEA lakukan untuk membuat FAQ adalah melakukan riset pertanyaan apa yang akan diajukan oleh konsumen. Ini bisa Sobat MEA lakukan dengan membuat asumsi sendiri. Namun tentunya hal ini tidak akan akurat. 

Sobat MEA bisa menyusun FAQ berdasarkan pengalaman berinteraksi dengan konsumen, seperti pertanyaan apa yang sering diajukan dan masalah apa yang mereka hadapi. Selain itu, Sobat MEA juga bisa melakukan survei secara langsung.

2. Tuliskan Jawaban yang Mudah Dipahami

3. Buat Kategori Pertanyaan

contoh FAQ online shop

Jangan lupa untuk menyusun kategori pertanyaan agar tampilan FAQ lebih rapi dan terarah. Seperti contoh FAQ online shop misalnya Sobat MEA mengawali dengan FAQ dengan pertanyaan umum yang dilanjutkan dengan pertanyaan khusus. Dengan begitu konsumen akan lebih mudah untuk menemukan jawaban dari pertanyaan yang ingin mereka ajukan.

4. Pastikan Halaman FAQ Mudah Dilihat

Berikutnya berkaitan dengan hal teknis, yaitu penempatan FAQ. Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas, FAQ biasanya diletakkan di bagian paling bawah pada suatu website. Namun tidak semua konsumen akan menggulirkan layar mereka sampai bagian bawah, sehingga kolom FAQ akan sulit untuk ditemukan. Oleh karena itu, Sobat MEA bisa menempatkan di sisi samping yang kosong atau memasukkannya ke dalam daftar isi agar bisa diakses dengan lebih mudah oleh konsumen.

5. Perbarui Pertanyaan di FAQ

Pasti ada saatnya Sobat MEA akan mendapatkan pertanyaan yang serupa dari berbagai macam konsumen. Untuk menghemat waktu, Sobat MEA bisa mengunggah pertanyaan ini ke FAQ agar konsumen baru bisa mengetahui jawabannya tanpa harus bertanya kepada Sobat MEA sebagai penjual. Untuk itu, melakukan pembaruan pertanyaan dan jawaban di FAQ menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan.

Contoh FAQ Online Shop

contoh FAQ online shop

Setelah mengetahui informasi lengkap di atas, sekarang saatnya kami membagikan mengenai contoh FAQ online shop yang bisa Sobat MEA terapkan pada website bisnis. Perlu diingat bahwa FAQ untuk setiap jenis produk akan berbeda-beda. 

Misalnya saja FAQ barang elektronik akan berbeda dengan FAQ untuk produk perawatan kulit. Ini pun jika Sobat MEA ingin membuat FAQ yang spesifik. Namun untuk FAQ yang general atau umum, Sobat MEA bisa membuat contoh FAQ online shop yang bisa digunakan untuk berbagai macam produk atau brand.

Artikel Terkait  Laris Pakai Cashback Toped

Contoh FAQ online shop ini diantaranya adalah mengenai ketersediaan stok, jam operasional, lokasi pengiriman barang, perkiraan waktu pengiriman, metode pembayaran, garansi produk, dan pertanyaan umum lainnya. 

Sedangkan untuk FAQ yang bersifat spesifik, bisa Sobat MEA sesuaikan dengan produk yang dijual. Seperti misalnya saja Sobat MEA membuka jasa printing untuk kain mulai dari satuan hingga grosir. Nah di sini Sobat MEA bisa menuliskan FAQ seperti apakah desain bisa custom, apakah harga grosir akan lebih murah dibandingkan satuan, apakah bisa memilih jenis kain, dan pertanyaan lainnya.

Itu dia pembahasan lengkap mengenai pengertian hingga contoh FAQ online shop. Semoga ulasan ini bermanfaat dan selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment