Ini Contoh Konten Pilar Instagram dan 4 Jenisnya. Pahami Dulu Sebelum Bikin!

by Fanny
arti engagement dalam marketing

Tahukah Sobat MEA kalau mengunggah konten di Instagram, terutama untuk bisnis, nggak boleh sembarangan? Sobat MEA harus bisa membuat jadwal untuk menentukan konten apa saja yang harus diunggah setiap harinya. Ini adalah hal yang disebut dengan content pilar. Apa itu konten pilar dan bagaimana contoh konten pilar Instagram yang bagus?

Buat Sobat MEA yang mungkin baru dan masih belajar membuat konten Instagram, tidak perlu khawatir. Dalam artikel ini, kami akan membahas mengenai pengertian, jenis, cara membuat, sampai contoh konten pilar Instagram yang bisa Sobat MEA jadikan sebagai referensi untuk menyusun konten pilar sendiri. Daripada berlama-lama lagi, yuk langsung aja simak pembahasan selengkapnya di bawah ini!

Pengertian Konten Pilar

Mau belajar jualan di Instagram dari awal hingga omzet naik tiap bulan?

Gabung ke komunitas content creator Instagram sekarang juga dan diskusi langsung dengan para content creator

Sesuai namanya, konten pilar adalah pedoman suatu unggahan. Dengan menyusun konten pilar, Sobat MEA bisa membuat jenis unggahan yang konsisten dan relevan. Konten pilar juga membuat unggahan Sobat MEA jadi lebih terorganisir dan tetap berada di jalan yang sama. Alhasil isi konten tidak akan melenceng dari tujuan utama

Dapat dikatakan juga bahwa konten pilar merupakan strategi konten yang bisa Sobat MEA manfaatkan untuk menyusun jenis konten yang akan diunggah setiap harinya. Sebagai akun bisnis, tentunya akan membosankan bukan jika yang diunggah hanya promosi produk terus menerus?

Selain menurunkan minat konsumen, hal ini juga dapat membuat Sobat MEA kehabisan ide jika harus promosi produk terus. Untuk itu, Sobat MEA bisa membuat berbagai jenis konten. Tenang, kami akan membahas secara mendalam mengenai jenis sampai contoh konten pilar Instagram.

4 Jenis Konten Pilar Instagram

Gak punya banyak waktu buat ngurus konten Instagram?

Pakai Jasa Kelola Instagram aja dan kamu bisa duduk tenang tanpa mikirin konten!

Sebelum membahas contoh konten pilar Instagram, Sobat MEA perlu mengetahui terlebih dahulu 4 jenis konten pilar yang bisa digunakan sesuai branding dan kebutuhan bisnis. Nah berikut ini adalah 4 jenis dan contoh konten pilar Instagram. Check this out!~

1. Promotional Content

contoh konten pilar instagram

Untuk meningkat rasa percaya audiens, Sobat MEA bisa mencantumkan testimoni positif dari pelanggan. Tonjolkan pula kelebihan produk Sobat MEA yang berbeda dengan produk kompetitor. Hal ini pastinya akan membuat para audiens semakin percaya dengan bisnis yang sedang Sobat MEA bangun.

2. Entertainment Content

contoh konten pilar instagram

Selanjutnya ada entertainment content. Sama seperti namanya, tujuannya jenis konten pilar ini adalah untuk menghibur audiens. Konten ini bisa digunakan untuk meningkatkan interaksi dengan audiens.

Sobat MEA bisa membuat unggahan bernada menghibur untuk audiens. Jangan lupa untuk tetap memasukkan branding perusahaan dalam jenis konten ini agar Sobat MEA tetap bisa menyelipkan sisi promosi. Contoh konten pilar Instagram yang termasuk entertaiment content antara lain meme, kuis, tebak-tebakan lucu, game sampai giveaway.

3. Educational Content

contoh konten pilar instagram

Contoh konten pilar Instagram berikutnya ada jenis konten edukasi. Di sini, Sobat MEA bisa berbagi pengetahuan sesuai dengan hal-hal yang berhubungan dengan produk yang dijual.

Seperti contohnya akun dari Komunitas MEA yang merupakan agensi digital marketing yang menawarkan berbagai macam jenis jasa dan mengedukasi Sobat MEA mengenai persaingan ide marketing dari 2 brand besar ini.

Jika Sobat MEA berjualan produk skincare, Sobat MEA bisa memberikan tips cara merawat kulit, makanan yang perlu dihindari agar tidak berjerawat, cara memilih skincare, dan tips lainnya. Jadi untuk jenis konten ini bisa disesuaikan dengan produk atau layanan yang dijual, ya.

4. Agile Content

contoh konten pilar instagram

Penting bagi pebisnis online untuk mengikuti hal-hal terbaru yang sedang ramai diperbincangkan di sosial media. Agile content sendiri berisi topik yang viral untuk meningkatkan engagement dan interaksi unggahan.

4 Cara Membuat Konten Pilar yang Berkualitas

Mau tahu contoh konten pilar? Tunggu dulu ya, Sobat MEA harus mempelajari cara membuat konten pilar dulu sebelum nanti kami beri lihat contohnya. Nah Sobat MEA bisa melakukan 4 langkah-langkah ini untuk membuat konten pilar yang baik dan pastinya berkualitas. Berikut tutorial lengkapnya;

1. Memahami Audiens

Langkah pertama dalam membuat konten pilar adalah memahami audiens. Hal ini bertujuan agar konten yang dibuat bisa relatable dan sesuai kebutuhan audiens. Selain itu, audiens juga akan lebih tertarik dengan konten yang menarik perhatian dan sesuai dengan kebutuhannya.

2. Memahami Produk

Untuk memasarkan produk, tentunya Sobat MEA harus memahami kelebihan produk sendiri, dong. Pastikan produk Sobat MEA memiliki USP (Unique Selling Point) yang tidak dimiliki oleh produk serupa lainnya. Seperti misalnya memiliki kualitas yang lebih baik, desain lebih ergonomis, dibuat dari bahan premium, dan keunggulan-keunggulan lain yang dapat ditonjolkan dalam konten.

3. Analisis Sosial Media

Untuk membuat contoh konten pilar Instagram yang baik dan benar, Sobat MEA harus mau menyelam di sosial media untuk mengetahui trend terbaru dan perubahan minat audiens. Dengan begitu, Sobat MEA bisa membuat konten yang nyambung dan tentunya up to date dengan trend, informasi sampai perkembangan format konten terbaru.

4. Kepoin Konten Kompetitor

Persaingan dalam dunia bisnis adalah hal yang wajar. Tapi bukan berarti Sobat MEA bisa anti banget dengan kompetitor. Justru kepoin konten-konten mereka dan lihat jenis konten apa yang paling berhasil untuk menarik audiens baru. Cara ini juga membuat Sobat MEA jadi bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan produk sendiri. Nggak perlu gengsi, melakukan teknik ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) dalam bisnis bukanlah hal yang baru atau dilarang.

Artikel Terkait  Ketahui Dulu Ukuran Layar Video YouTube Kalau Mau Upload. Biar Viewers Banyak!~

Contoh Konten Pilar Instagram

Tingkatkan penjualan di Instagram dengan pasang iklan

Yang bisa kamu pelajari selengkapnya di Kelas FB & IG Ads sekarang!

Untuk membuat konten pilar, Sobat MEA bisa menyusunnya berdasarkan tujuan yang ingin dicapai. Apakah kontennya bertujuan sebagai awareness saja, atau untuk konversi? Dengan begitu, Sobat MEA akan lebih mudah untuk membuat strategi kontennya.

Misalnya saja Sobat MEA menjual produk skincare, contoh konten pilar Instagram yang bisa dibuat harus menentukan target market, kelebihan produk, dan jenis kontennya. Misal target market Sobat MEA adalah wanita usia 20-27 tahun dengan produk yang bertujuan mencerahkan kulit. Sobat MEA bisa menyusun konten dengan mengkombinasikan berbagai jenis konten pilar.

contoh konten pilar instagram

Seperti Sobat MEA bisa membuat promotional konten khusus di hari Senin dan Jumat. Kemudian buat entertainment content pada hari Selasa dan Sabtu. Untuk hari Rabu dan Minggu, Sobat MEA bisa membuat educational content. Dan di hari Kamis, Sobat MEA bisa membuat agile content. Untuk pemilihan harinya bisa Sobat MEA sesuaikan dengan tanggal dan kebutuhan branding sendiri. Penyusunan contoh konten pilar Instagram sendiri bisa Sobat MEA buat di Google Docs atau Google Sheet agar lebih rapi dan mudah untuk dilihat.

Setelah mengetahui pengertian, jenis, cara membuat, dan contoh konten pilar Instagram, kapan nih Sobat MEA menyusun konten pilar sendiri? Bukan hanya untuk penjual, seorang content creator Instagram lebih bagus untuk tahu juga cara membuat konten pilar ini. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

You may also like

Leave a Comment