Ini Contoh Naskah Live Streaming TikTok yang Komunikatif dan Interaktif. Cobain!

by Fanny
tips sukses jualan di TikTok Shop untuk ibu rumah tangga

Melakukan live streaming TikTok adalah salah satu cara untuk mempromosikan produk Sobat MEA. Namun agar live streaming semakin menarik dan mengundang banyak penonton, Sobat MEA perlu membuat contoh naskah live streaming TikTok yang komunikatif dan interaktif. Nggak perlu khawatir, kita akan memberikan contoh naskah live streaming TikTok dalam artikel ini.

Menurut laman JetCommerce, hal terpenting dalam live streaming TikTok adalah persiapannya. Hampir 90% live streaming jualan di TikTok itu dipersiapkan secara matang. Mulai dari promosi, set up sampai dengan naskahnya. 

Nah dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana sih tips live streaming TikTok sekaligus contoh naskah live streaming TikTok yang interaktif dan komunikatif. Dari pada berbasa-basi lagi, langsung aja yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Table of Contents

5 Tips Sukses Live Streaming di TikTok

Belajar jualan di TikTok dan dipandu langsung dengan Ahlinya
Yuk diskusi bersama para seller dan creator TikTok di Komunitas TikTok MEA

Sebelum mengetahui contoh naskah live streaming TikTok, sebaiknya Sobat MEA mempersiapkan beberapa hal di bawah ini agar live streaming lancar dan meraih banyak penonton. Berikut beberapa tips sukses live streaming di TikTok. Yuk, langsung simak!

1. Tentukan Waktu atau Jadwal Live yang Tepat

Tentunya Sobat MEA akan semakin semangat melakukan live streaming TikTok banyak yang menonton, bukan? Salah satu cara untuk mendapatkan banyak penonton adalah dengan menentukan waktu live yang tepat.

Karena banyaknya pengguna TikTok yang terdiri dari berbagai kalangan mulai dari usia dan latar belakang pekerjaan, Sobat MEA perlu mengetahui audiens terlebih dahulu. 

Jika target pasarnya adalah ibu rumah tangga, Sobat MEA bisa melakukan live streaming di pagi hari sekitar pukul 9-11 pagi ketika mereka sudah selesai mengerjakan segala urusan rumah tangga dan bersantai sambil scrolling TikTok. Live streaming ini bisa dilakukan setiap hari Senin hingga Jumat.

Artikel Terkait  1 Koin TikTok Berapa Rupiah? Ini Penjelasan dan 5 Cara Mendapatkannya!

Namun jika target pasar Sobat MEA adalah karyawan atau pekerja, Sobat MEA bisa melakukan live streaming setelah jam pulang kerja, yaitu sekitar pukul 7 malam setelah orang-orang selesai beraktivitas dan mulai bersantai. Singkatnya, Sobat MEA perlu tahu dulu audiens atau tipe penonton live streaming yang seperti apa.

2. Siapkan Tempat dan Alat yang Memadai

Live streaming adalah kesempatan dimana Sobat MEA bisa menunjukkan produk asli pada penonton. Dengan peralatan live streaming dan tempat yang baik, Sobat MEA dapat meningkatkan minat penonton untuk membeli produk Sobat MEA.

Pastikan Sobat MEA merapikan tempat, background dan menata produk dengan baik agar penonton dapat melihatnya dengan jelas. Gunakan juga kamera dan mic yang berkualitas agar Sobat MEA dapat menjelaskan produk dengan baik dan jelas. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan penggunaan ring light agar produk semakin terlihat jelas.

3. Susun Sesi Live Streaming

Bingung caranya ngiklan di TikTok?
Pakai Jasa Iklan TikTok MEA aja biar penjualan kamu semakin meningkat!

Ini dia pentingnya membuat contoh naskah live streaming TikTok, yaitu agar Sobat MEA memiliki panduan untuk melakukan apa saja selama live. Sobat MEA bisa mulai menyusun dari durasi live yang ingin dilakukan, kemudian tema atau topik apa saja yang ingin dibahas, lalu produk apa saja yang ingin dipasarkan.

Belum lagi, naskah ini penting untuk menjadi panduan bagaimana Sobat MEA harus berinteraksi dengan penonton saat live berlangsung. Pembuatan naskah live streaming TikTok bertujuan untuk mencegah Sobat MEA kebingungan selama melakukan live streaming. Singkatnya, penting untuk mengetahui contoh naskah live streaming TikTok ini

4. Buat Judul Live yang Menarik

5. Komunikatif dan Cantumkan CTA

Menjadi host live streaming membuat Sobat MEA harus jago ngomong. Hal ini bukan berarti Sobat MEA hanya sibuk ngomong sendiri sambil mempromosikan produk, ya. Tapi Sobat MEA juga harus bisa membuat penonton ingin berinteraksi.

Salah satu caranya adalah dengan menjawab pertanyaan penonton di komen. Sobat MEA juga bisa mengajukan pertanyaan yang bisa dijawab oleh penonton. Dengan begitu, penonton merasa dilibatkan.

Jangan lupa juga untuk menggunakan CTA (Call-To-Action) seperti meminta penonton untuk memberikan like, komen, dan klik keranjang kuning.

6 Contoh Naskah Live Streaming TikTok yang Baik

contoh naskah live streaming tiktok

Setelah mengetahui tips dan cara live streaming di TikTok, sekarang kami akan membagikan contoh naskah live streaming TikTok yang bisa Sobat MEA buat sendiri dengan panduan berikut:

1. Tentukan Tema Live Streaming

Hal pertama yang harus dilakukan saat membuat contoh naskah live streaming TikTok adalah dengan menentukan tema atau topik pembahasan untuk konten. Apakah Sobat MEA ingin fokus pada pada penjualan produk, atau berbagi cerita, atau membagikan promo produk. Pastikan juga tema yang Sobat MEA buat sesuai dengan audiens.

2. Buat Daftar Pembahasan

Setelah menentukan tema, langkah kedua dari contoh naskah live streaming TikTok adalah membuat daftar atau list topik apa saja yang dibahas. Sobat MEA bisa menuliskan poin-poin penting agar tidak kebingungan dan kehilangan arah saat melakukan live streaming.

3. Buat Struktur Naskah

4. Selalu Bahas USP Produk yang Dijual

Ketika Sobat MEA menjual produk, pastikan minimal ada satu hal yang membuat produk Sobat MEA berbeda dengan produk kompetitor. Hal ini yang membuat produk Sobat MEA menjadi unik dan membuat penonton merasa rugi jika tidak membeli produk tersebut. 

Jelaskan USP (Unique Selling Point) atau kelebihan produk Sobat MEA di beberapa kesempatan untuk mengajak penonton agar membeli produk. Kendati demikian, selalu hindari membandingkan dengan produk lain karena hal ini akan menurunkan kredibilitas Sobat MEA sebagai penjual.

5. Buat Script Pendukung

Selain membuat contoh naskah live streaming TikTok, Sobat MEA juga perlu menyiapkan skrip pendukung yang berisi perkenalan atau obrolan ringan untuk ice breaking biar isi live streamingnya nggak jualan mulu. Script pendukung ini juga bisa Sobat MEA lakukan untuk meningkatkan interaksi dengan audiens.

6. Lakukan Uji Coba

Sebelum melakukan live streaming, Sobat MEA perlu melakukan uji coba contoh naskah live streaming TikTok agar tidak belibet dan mengetahui poin mana saja yang butuh perbaikan atau tambahan. Dengan begitu, Sobat MEA bisa lebih lancar dan tidak gugup saat melakukan live streaming.

Itu dia beberapa tips dan contoh naskah live streaming TikTok yang bisa Sobat MEA coba dan tiru. Semoga saja artikel ini bisa bermanfaat ya. Baca juga artikel lainnya seputar tips jualan di TikTok biar Sobat MEA nggak ketinggalan informasi menarik seperti ini.

You may also like

Leave a Comment