Ini 5 Contoh Surat Keterangan Usaha yang Perlu Diketahui!

by Viki
contoh surat keterangan usaha

Bagi pekalu usaha, Surat keterangan usaha (SKU) merupakan salah satu hal yang wajib dimiliki. Meskipun usaha kecil, tapi banyak manfaat yang bisa dinikmati. Tapi sayangnya masih banyak yang bingung bagaimana cara membuat SKU ini. Nggak perlu khawatir, dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana cara membuat SKU sekaligus contoh Surat Keterangan Usaha yang benar.

Sobat MEA sebagai pebisnis tentu wajib memiliki Surat Keterangan Usaha ini dan mengerti bagaimana cara membuatnya. Pasalnya, ada berbagai manfaat yang bisa Sobat MEA dapatkan dengan memiliki SKU ini. Untuk informasi lebih lengkapnya, yuk langsung aja simak artikel ini sampai habis!

Table of Contents

Apa itu Surat Keterangan Usaha?

Mau Jago Jualan dan Bikin Usaha Lebih Cuan?
Saatnya kupas tuntas rahasia sukses seller expert di komunitas MEA sekarang juga!

Melansir laman Pemkot Semarang, Surat Keterangan Usaha (SKU) adalah surat penting yang dibutuhkan oleh pelaku usaha mikro maupun makro yang berhubungan dengan prosedur legalitas dan perkembangan usaha. SKU biasanya diterbitkan oleh aparat wilayah setempat seperti kelurahan atau kecamatan. 

Pengajuan SKU ini tidak dikenakan biaya sepeserpun. Adapun masa berlaku SKU adalah satu tahun sejak tanggal penerbitan. Jadi, Sobat MEA wajib menghindar jika ada orang yang menawarkan pembuatan SKU yang dikenakan biaya. Lebih baik lagi, Sobat MEA bisa melaporkan oknum aparat yang menawarkannya tersebut.

5 Manfaat Surat Keterangan Usaha (SKU)

Punya toko online tapi belum terlihat profesional?
Yuk pakai Gowebin dan buat website untuk toko kamu sendiri. Mudah dan murah!

1. Legalitas Usaha

Seperti yang sudah disebutkan tadi, usaha yang memiliki SKU telah diakui oleh pemerintah. Ini adalah bukti bahwa usahamu legal di mata hukum. 

2. Syarat Pembuatan NPWP Wirausaha

SKU juga dapat menjadi syarat pembuatan dokumen lain seperti Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Wirausaha. Pelaku usaha juga diwajibkan membayar pajak. Maka NPWP ini juga wajib dimiliki. NPWP juga biasanya menjadi syarat mengikuti program tertentu.

3. Untuk Mengajukan Pinjaman

Untuk mengajukan pinjaman dana pengembangan usaha di bank, SKU menjadi salah satu syarat umumnya. Terutama untuk mengikuti program pengembangan usaha dari pemerintah melalui perbankan, seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR).

4. Persyaratan Ikut Lelang

Selain KUR, program lain yang membutuhkan SKU adalah lelang atau tender. Biasanya pemerintah atau perusahaan swasta mengadakan lelang untuk mengerjakan suatu proyek atau kegiatan. Bagi pelaku usaha, biasanya perlu melampirkan SKU.

5. Perubahan Golongan Tarif Listrik

Dengan Surat Keterangan Usaha (SKU), usahamu berarti legal dan Sobat MEA berhak mendapatkan fasilitas golongan listrik yang lebih murah dibandingkan rumah tangga biasa. 

7 Syarat Mengajukan Surat Keterangan Usaha

Saatnya omzet toko kamu meningkat drastis di tahun 2024!
Yuk konsultasi masalahmu dan ketahui potensi besar bisnismu pada tim digital marketing terbaik MEA sekarang juga!

Meskipun banyak manfaatnya, ternyata masih banyak juga orang yang malas untuk mengurusnya. Padahal syarat pengajuan SKU tidak banyak dan cara membuatnya pun sangatlah mudah. 

Melansir laman Dinas PM & PTSP Pemprov DKI Jakarta dan laman PPID Pemkot Semarang, berikut beberapa syarat yang harus dilengkapi untuk mengajukan SKU:

  1. Surat permohonan yang disertai pernyataan kebenaran dan keabsahan dokumen & data di atas kertas bermaterai Rp6.000.
  2. Formulir pendukung seperti surat pernyataan pengganti pengantar RT/RW.
  3. Identitas pemohon meliputi Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  4. Jika dikuasakan, harap lampirkan Surat Kuasa di atas kertas bermaterai RP6.000 dan KTP orang yang diberi kuasa.
  5. Surat pernyataan di atas kertas bermaterai Rp6.000 dari pihak pemohon yang menyatakan tidak akan berjualan di trotoar, badan jalan, dan tidak mengganggu kegiatan umum.
  6. Foto lokasi usaha
  7. Jika menyewa, harap sertakan perjanjian sewa tanah/bangunan, Surat pernyataan tidak keberatan, dan KTP pemilik tanah/bangunan.
Artikel Terkait  Apa yang Dimaksud dengan Strategi Riset Produk Laris yang Tepat

5 Langkah Cara Mengajukan Surat Keterangan Usaha

Jika sudah memenuhi syarat-syarat di atas, Sobat MEA bisa langsung mengajukan Surat Keterangan Usaha (SKU). Nah berikut ini adalah beberapa langkah untuk mengajukan SKU:

  1. Pastikan telah melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan.
  2. Ajukan surat pengantar dari RT/RW. Tapi beberapa daerah justru sudah tidak membutuhkan surat pengantar ini.
  3. Datang ke kantor kelurahan dengan membawa dokumen dan surat pengantar RT/RW. Sobat MEA kan diarahkan untuk mengisi formulir. Proses ini bisa lebih cepat atau lebih lambat, tergantung antrean yang berlangsung. 
  4. Di beberapa daerah, SKU hanya ditandatangani oleh lurah. Tapi beberapa daerah lain, SKU harus disahkan oleh kecamatan. 
  5. Proses di kecamatan bisa lebih cepat karena hanya perlu mengajukan pengesahan dari SKU yang telah diproses kelurahan.

Pengajuan SKU juga bisa dilakukan secara online melalui situs OSS. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  1. Kunjungi laman resmi OSS di sini
  2. Daftar akun OSS dan pilih jenis usaha seperti UMK atau Non UMK. Lalu masukkan nomor telepon dan email untuk verifikasi.
  3. Sobat MEA akan mendapatkan kode verifikasi melalui nomor WA atau email, masukkan kode tersebut di kolom yang tersedia. 
  4. Jika sudah terverifikasi, isi data yang diminta seperti nama, alamat, NIK, hingga pembuatan password akun. 
  5. Kemudian login ke akun yang terdaftar tadi di website OSS.
  6. Sobat MEA akan diminta untuk mengisi data usaha. Isilah sesuai dengan bidang usaha secara jelas dan lengkap.
  7.  Jika sudah, akan muncul hasil pendaftaran.
  8. Selesai!

5 Contoh Surat Keterangan Usaha

1. SKU Dinas Koperasi dan Usaha Mikro

2. SKU Warung Makan

3. SKU Jasa Fotografi

4. SKU Toko Kelontong

5. SKU Pinjaman Modal

Nah itu dia 5 contoh Surat Keterangan Usaha (SKU) untuk beberapa bidang usaha yang perlu diketahui. Jika Sobat MEA memiliki usaha di luar bidang tersebut, Sobat MEA tetap bisa mengajukannya ke aparat wilayah daerah tempat Sobat MEA tinggal. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment