Contoh Surat Lamaran Kerja Via WA yang Simpel dan Sopan

by Fanny
contoh surat lamaran kerja via WA

Di era yang serba digital ini, semua hal bisa Sobat MEA lakukan secara online. Termasuk dalam melamar pekerjaan. Jika dulu Sobat MEA perlu membawa salinan berkas dan mendatangi perusahaan secara langsung untuk melamar pekerjaan, saat ini Sobat MEA cukup mengirimkan berkas dan melamar pekerjaan secara online.

Platform untuk melamar pekerjaan secara online pun beragam, salah satunya adalah melalui WhatsApp. Sedikit unik, bukan, mengingat WhatsApp adalah aplikasi yang digunakan untuk berkirim pesan dan ada nggak sedikit orang yang jualan online lewat WA. Untuk itu kami akan memberikan beberapa saran dan contoh surat lamaran kerja via WA yang sopan dan sederhana agar Sobat MEA bisa mendapatkan panggilan untuk lanjut ke tahap berikutnya. Yuk simak!

6 Tips Melamar Pekerjaan di WhatsApp

Makin cuan bisnis online dengan panduan Coach berpengalaman

Yang bisa kamu dapatkan dengan gabung ke komunitasnya secara gratis di sini!

Sebelum memberikan contoh surat lamaran kerja via WA, Sobat MEA harus memastikan dulu bahwa surat lamaran ini dapat dikirimkan melalui WhatsApp, mengingat banyak recruiter yang memilih untuk berkirim berkas dan kabar melalui email. Jadi berikut ini adalah beberapa tips untuk mencari pekerjaan di WA yang bisa Sobat MEA coba:

1. Cari Lowongan Pekerjaan yang Sesuai Kualifikasi

Ada banyak lowongan pekerjaan di luar sana, untuk itu pastikan Sobat MEA melamar pada pekerjaan sesuai kemampuan dan kualifikasi yang ada. Hal ini bertujuan agar perusahaan mendapatkan sumber daya yang mereka butuhkan dengan kemampuan yang sesuai.

Selain itu, dengan memenuhi kualifikasi yang dicari, kemungkinan Sobat MEA untuk melanjutkan ke proses selanjutnya bisa meningkat. Jangan sampai Sobat MEA melamar posisi yang tidak dikuasai karena hanya akan mendapatkan respon negatif atau bahkan tidak akan direspon sama sekali oleh recruiter.

2. Cari Informasi Perusahaan Terkait

Sebaiknya hindari perusahaan yang tidak ditemukan pada mesin pencarian atau sosial media karena ditakutkan ini hanya lowongan pekerjaan fiktif semata. Selain itu dengan mencari tahu informasi tentang perusahaan, Sobat MEA jadi lebih tahu tentang kredibilitas perusahaan yang dituju.

3. Siapkan Berkas yang Dibutuhkan

Nggak perlu bingung mikirin konten Instagram

Kalau pakai Jasa Kelola Instagram yang dipegang oleh tim berpengalaman kami!

Untuk melamar pekerjaan, tentunya Sobat MEA perlu mencantumkan berkas terkait pekerjaan. Berkas ini berupa dokumen data diri seperti KTP dan pas foto terbaru. Lalu ada juga ijazah pendidikan terakhir atau sertifikat pelatihan lainnya untuk menunjukkan kemampuan Sobat MEA pada bidang tertentu.

Ada juga CV dan contoh surat lamaran kerja via WA yang perlu dibuat. Siapkan pula portofolio jika dibutuhkan untuk mendukung semua berkas yang ada dan menunjukkan keterampilan Sobat MEA pada posisi ingin dilamar.

4. Gunakan Bahasa yang Sopan

Kirimkan contoh surat lamaran kerja via WA dengan bahasa yang jelas dan sopan. Dengan menggunakan pemilihan kata yang sopan dan tepat, Sobat MEA akan meninggalkan impresi positif kepada recuiter. Coba bayangkan saja jika Sobat MEA ada di posisi sebagai recruiter lalu mendapatkan pesan yang kurang sopan dari pencari kerja, tentu Sobat MEA tidak akan berminat untuk melangkah ke proses selanjutnya dengan orang ini, bukan? Jadi alangkah baiknya jika Sobat MEA berhati-hati dan teliti ketika mengirimkan contoh surat lamaran kerja via WA.

5. Kirimkan di Waktu yang Tepat

Pemilihan waktu untuk mengirimkan contoh surat lamaran kerja via WA juga penting, loh, Sobat MEA. Sebaiknya kirimkan surat lamaran di hari kerja dan pada jam kerja. Karena di waktu ini para recruiter juga sedang aktif untuk menyaring kandidat yang melamar pekerjaan. 

Artikel Terkait  MEA Membantu Menyelesaikan Masalah Pelanggaran TikTok Shop

Hindari mengirim surat lamaran diluar jam kerja seperti pagi hari sebelum pukul jam 8 atau sore hari setelah pukul 5. Jangan juga mengirimkan surat lamaran saat akhir pekan karena hal ini sama saja mengganggu waktu istirahat para recuiter dan Sobat MEA akan dinilai tidak profesional.

6. Jangan Spam

Mengirimkan contoh surat lamaran kerja via WA membutuhkan kesabaran karena bukan hanya Sobat MEA saja yang berminat dan melamar pada posisi dan tempat yang sama. Ada banyak kandidat lain yang mungkin sudah melamar terlebih dahulu dan menjadi proritas untuk mendapatkan respon. Jadi Sobat MEA perlu bersabar.

Hal lain yang perlu dilakukan adalah hindari mengirimkan pesan spam kepada recuiter. Karena hal ini hanya akan menunjukkan bahwa Sobat MEA tidak sabaran dan bertindak tidak sopan. Kemungkinan terburuknya, recruiter malah tidak akan merespon pesan Sobat MEA sama sekali karena dinilai mengganggu.

Contoh Surat Lamaran Kerja Via WA

Mau tau cara ngiklan di Instagram biar makin cuan?

Gabung ke Kelas FB & IG Ads sekarang juga!

Setelah mengikuti tips melamar pekerjaan di WhatsApp seperti yang sudah dijabarkan di atas, sekarang saatnya kami membagikan contoh surat lamaran kerja via WA dengan bahasa yang sopan dan sederhana yang bisa Sobat MEA coba. Tapi sebelum itu, pastikan Sobat MEA sudah mengatur beberapa hal berikut ini agar WA Sobat MEA juga terlihat lebih profesional dan terpercaya:

contoh surat lamaran kerja via wa
  • Pasang foto profil dengan menampilkan wajah yang jelas dan pose yang pantas.
  • Sebaiknya nyalakan centang biru dan last seen agar Sobat MEA mengetahui apakah pesan sudah diterima dan dibaca oleh pihak recruiter.
  • Atur nama kontak Sobat MEA dengan nama yang jelas agar recruiter bisa melihat identitas Sobat MEA dengan baik.
  • Isikan bagian ‘About’ dengan pilihan default dari WhatsApp atau kalimat motivasi lainnya. Hindari mengisi bagian ini dengan kata-kata yang kurang pantas.
  • Siapkan contoh surat lamaran via WA dengan kata-kata yang sopan dan informatif.
  • Pastikan Sobat MEA sudah memiliki salinan dokumen berupa soft copy dalam bentuk scan maupun pdf agar dapat dikirimkan sebagai lampiran lamaran kerja.
  • Jangan lupa untuk mencantumkan salam pembuka, perkenalan, isi, dan salam penutup dalam surat lamaran.
Artikel Terkait  Bisnis Frozen Food di Shopee Hasilkan Omzet Sampai Rp200 Juta. Gimana Caranya?

Jika beberapa hal di atas sudah disiapkan, Sobat MEA bisa langsung membuat contoh surat lamaran kerja via WA seperti yang akan kami contohkan di bawah ini:

Selamat pagi,

 

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari akun Instagram Komunitas MEA pada tanggal 5 Oktober 2023, PT. MEA Digital Marketing membuka lowongan pekerjaan untuk posisi CRO. Untuk itu, saya:

 

Nama: Nerissa Agustian, S.E

Tempat, Tanggal Lahir: Jakarta, 17 Agustus 1998

Alamat: Jl. Kasuari No. 9, Maleber, Bandung.

Pendidikan: S1 Ekonomi Universitas Indonesia

 

Saya memiliki pengalaman kerja sebagai Sales dan Marketing selama satu tahun di perusahaan agensi digital marketing. Dari pengalaman tersebut, saya dapat bekerja di bawah tekanan dan mencapai target yang sudah ditentukan. Saya juga mampu bekerja secara tim maupun individu dengan baik.

 

Sebagai pertimbangan, saya melampirkan beberapa dokumen yang diperlukan:

 

Scan KTP

Scan ijazah terakhir

CV

Scan transkrip nilai

Scan surat pengalaman kerja

Pas foto berwarna

 

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat. Saya harap bisa mendapatkan kabar baik dari Anda.

 

 

Hormat saya,

Nerissa Agustian

Nah itu dia contoh surat lamaran kerja via WA yang bisa Sobat MEA tiru. Untuk kalimat posisi dan pengalaman kerjanya bisa Sobat MEA ubah sendiri sesuai lowongan yang ingin dilamar. Jangan lupa untuk mencantumkan berkas yang diperlukan agar bisa menjadi bahan pertimbangan recruiter, ya.

Gimana? Mudah sekali, bukan? Semoga artikel ini bisa membantu Sobat MEA yang sedang mencari pekerjaan melalui WA, ya!

You may also like

Leave a Comment