Segini Engagement Rate Instagram yang Bagus. Udah Tahu?

by Viki
engagement rate instagram yang bagus

Belakangan ini, Instagram telah menjadi media sosial yang bonafit bagi penggunanya. Didesain secara sempurna untuk menarik hati audiens melalui berbagai alat untuk meningkatkan engagement rate yang tinggi. Terlebih, Instagram juga memiliki algoritma unik yang penting untuk diperhatikan oleh Kreator maupun pebisnis. Memangnya berapa sih Engagement Rate Instagram yang bagus?

Ya, ini penting juga untuk Sobat MEA pahami untuk menjadi tolak ukur dalam mencapai akun yang berkualitas. Dengan memahami Engagement Rate Instagram yang bagus, Sobat MEA pun bisa mendapatkan akun Instagram yang potensial bagi bisnis maupun personal branding. Oleh karena itu, mari simak selengkapnya!

Table of Contents

Mengapa Engagement Rate Instagram itu Penting?

Manfaatkan ER IG untuk raih keuntungan afiliasi bareng MCN MEA!
Karena dengan kolaborasi dan bimbingannya akan memudahkanmu lebih cuan dengan jadi Affiliate profesional di MCN MEA~

Singkatnya, Engagement Rate IG dapat memberikan benchmark atau gambaran tentang posisimu dalam menghadapi persaingan. Engagement Rate juga berguna untuk mengukur keberhasilan di platform ini. Selain itu, ada beberapa hal lainnya yang menjadi alasan mengapa Engagement Rate Instagram itu penting. Berikut uraiannya:

  • Engagement rate dapat menandakan bahwa akunmu berkinerja lebih baik daripada pesaingmu. Artinya, kontenmu jadi menonjol dibandingkan konten serupa dari akun lain.

  • Engagement rate yang tinggi dapat memberi isyarat kepada algoritma Instagram jika kontenmu relevan. Dengan begitu, kontenmu akan direkomendasikan ke lebih banyak pengguna Instagram lainnya.

  • Berpeluang meningkatkan visibilitas akun di Instagram. Sehingga engagement rate yang baik dapat mendorong peningkatan profile visit, follower, hingga penjualan bisnis.

  • Hasil Engagement Rate juga dapat menjadi bahan untuk mengukur pertumbuhan akun Instagran.  

  • Dengan memantau Engagement Rate, Sobat MEA dapat memahami preferensi audiens. Engagement rate memberitahumu mengenai konten apa yang disukai dan konten apa yang tidak disukai.

  • Engagement Rate yang baik bahkan bisa menciptakan efek snowball di mana Sobat MEA dapat meningkatkan lebih banyak views, likes, comment, dan share.

  • Jika mencapai engagement rate yang tinggi, Sobat MEA tentu akan lebih mudah dalam mendapatkan kemitraan yang menguntungkan bagi Sobat MEA sendiri maupun brand lain. 

Artikel Terkait  Jangan Sampe Menumpuk, Ini Cara Menghapus Draft Instagram. Penting!

Cara Mencapai Engagement Rate yang Bagus

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Melihat keuntungan-keuntungan di atas, Sobat MEA tentu ingin mendapatkan engagement rate yang bagus di Instagram, bukan? Nah, melansir laman Slice, ada 4 cara mencapai Engagement Rate yang bagus untuk akun Instagram. Berikut uraian lengkapnya:

1. Gunakan fitur “Reply with Reels”

Sobat MEA bisa memulainya dengan membalas komentar di video segera. Ini penting untuk membuat percakapan seputar konten tetap berjalan sekaligus mempertahankan relevansi konten. Membalas komentar audiens tentu terkesan lebih menarik serta membuat brand mu eksis hingga mencapai reach yang luas. 

2. Manfaatkan Stiker Question dan Polling di Instagram Story.

Instagram Story sendiri memiliki fitur sticker yang memungkinkanmu untuk mengirimkan pertanyaan langsung kepada audiens. Melalui fitur ini, Sobat MEA dapat mengetahui apa yang disukai dan diinginkan followers di Instagram. Maka cobalah untuk memberikan pertanyaan yang menarik untuk mendorong pengguna berinteraksi dengan brand yang Sobat MEA miliki.

3. Tarik Minat Audiens di 3 Detik Pertama Video

Penting untuk menarik perhatian audiens. Nah, Sobat MEA bisa melakukannya di 3 detik pertama pada video. Semakin menarik pembukaan 3 detik pertama video, semakin besar peluangmu untuk mendapatkan likes, comment, dan share pada video tersebut. Ini sangatlah penting, karena 3 detik pertama dapat emutuskan apakah videomu layak untuk ditonton atau tidak.

4. Pantau Tren Instagram yang Sedang Tren

Berapa Sih Engagement Rate Instagram yang Bagus?

Menurut laporan RivallQ, rata-rata engagement rate pada Instagram untuk bisnis yaitu sebesar 1,05%. Dan ini berlaku bagi brand yang berada di posisi 25%. Sehingga brand-brand yang tercantum perlu memposting konten dengan frekuensi yang sama yaitu 4,7 kali per minggu. 

Sehingga artinya engagement rate akan dianggap bagus jika mencapai 1,05% atau lebih tinggi. Sedangkan untuk ER IG yang di bawah nilai tersebut, belum bisa dikatakan bagus bagi bisnis. 

Tapi nilai engagement sendiri memiliki rata-rata yang berbeda untuk setiap industri. Berikut uraiannya. 

  • Pendidikan tinggi: engagement rate 2,58%.
  • Segmen tim olahraga: engagement rate 1,48%.
  • Influencer: engagement rate 0,809%.
  • Nonprofits untuk lintas industri terendah: engagement rate 0,627%.

Jadi begitulah kira-kira nilai Engagement Rate Instagram yang bagus bagi bisnis. Semoga artikel ini dapat dijadikan panduan untuk mencapai akun yang berkualitas, sehingga Sobat MEA dapat lebih mudah dalam mengembangkan bisnis melalui Instagram. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment