Penjelasan Facebook Ad Breaks, Manfaat Serta Cara Mendapat Uang di Facebook!

by admin
facebook ad breaks

Walaupun Facebook merupakan media sosial yang sudah lama, tetap saja Facebook menjadi salah satu primadona dalam menjalankan strategi pemasaran. Facebook juga peduli pada kreator dalam platformnya karena memiliki halaman yang menguntungkan. Terlebih, kini muncul Facebook Ad Breaks.

Facebook Ad Breaks merupakan fitur yang dapat menyelipkan iklan video dengan durasi 3 menit. Fitur ini dapat memberikan penghasilan lebih untuk pengguna yang pasang iklan di Facebook. Jadi akan saling menguntungkan bagi pebisnis dan juga pengguna.

Table of Contents

Pengertian FB Ad Breaks

Mau ngiklan di Facebook tanpa takut boncos?
Yuk gabung ke komunitas MEA dan pelajari cara ngiklan di Facebook biar makin cuan di sini. Gratis!

Sebelum membahas lebih lanjut, Sobat MEA perlu mengetahui apa itu Ad Breaks dari Facebook terlebih dahulu. Jadi, fitur ini dikenalkan oleh Facebook pada tahun 2019 silam yang disambut baik oleh para pebisnis online dan konten kreator. Cara kerjanya hampir sama dengan Googel AdSense.

Jadi dengan bergabung pada Ad Breaks di Facebook, maka setiap video yang Sobat MEA unggah akan menampilkan iklan dengan topik yang serupa pada video unggahan. Seperti misalnya Sobat MEA membuat unggahan mengenai tips merawat kulit, maka jenis iklan yang muncul juga akan berhubungan dengan masalah kulit serta solusinya. Menarik, bukan?

Tentu Sobat MEA sebagai pemilik konten akan mendapatkan keuntungan dari adanya kemunculan iklan ini. Facebook memberlakukan sistem di mana Sobat MEA akan mendapatkan 55% dari total penghasilan. 

Contoh iklan yang muncul menghasilkan keuntungan sebesar 4 juta rupiah. Kemudian Sobat MEA akan mendapatkan 55% dari penghasilan tersebut. Jadi Sobat MEA akan menerima 2,2 juta rupiah dari hasil iklan. Sangat menguntungkan, bukan?

Artikel Terkait  Ketahui Dulu Ukuran Layar Video YouTube Kalau Mau Upload. Biar Viewers Banyak!~

Nah setelah mengetahui cara kerjanya, sekarang saatnya kami membagikan cara bergabung Ad Breaks by Facebook dan syarat yang harus Sobat MEA penuhi di bawah ini!

Cara Daftar Facebook Ad Breaks

Setelah mengetahui pengertian dan cara kerjanya, Sobat MEA pasti ingin tahu bagaimana cara daftar dan membuat fitur ini untuk menghasilkan uang dari Facebook dengan mudah. 

Cara mendaftarkan diri ke Facebook Ad Breaks sangat mudah dan bisa Sobat MEA lakukan dengan gratis! Sobat MEA hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, Sobat MEA perlu masuk ke halaman Facebook dan masuk ke akun.
  2. Untuk tampilan desktop, Sobat MEA bisa klik tanda panah arah bawah di sebelah pojok kanan atas. Lalu klik buat halaman atau create page.
  3. Selanjutnya pilihlah topic halaman Facebook Sobat MEA dan pilih salah satu dari kategori pilihan yang ada.
  4. Lanjutkan dengan memasukkan sub kategori di masing-masing pilihan dan nama halaman Facebook Sobat MEA.
  5. Lanjutkan dengan klik menu options / pengaturan.
  6. Gulir ke bawah dan pilih Monetization.
  7. Kemudian Sobat MEA akan melihat apakah halaman sudah memenuhi syarat atau belum.
  8. Lanjutkan dengan mengikuti prosedur yang diberikan Facebook ketika mendaftar.
  9. Sobat MEA akan diminta untuk memasukkan identitas diri beserta informasi lainnya.
  10. Jika Sobat MEA tidak menemukan menu Monetization pada halaman, Sobat MEA bisa klik di sini.
  11. Menu ini memiliki 3 pilihan yaitu Ad Break, Payout Setting dan Eligbility.
  12. Jika video Sobat MEA sudah memenuhi persyaratan, maka logo dollar akan berwarna hijau. Namun jika belum memenuhi persyaratan, maka akan muncul logo dollar berwarna abu-abu yang dikelilingi garis lingkaran putus-putus.
  13. Kemudian jika video Sobat MEA sudah bisa dipasang iklan, maka pendapatan bisa dicairkan melalui bank yang sudah bekerjasama dengan pihak Facebook.
Artikel Terkait  Cara Menghapus Akun Instagram Sementara dan Permanen

Penarikan uang dari hasil penayangan iklan pada halaman ini tidak dibatasi oleh waktu, namun oleh jumlah minimal. Jika Google AdSense menetapkan penarikan minimal sebesar 10 dollar, maka jenis iklan ini menetapkan nominal yang lebih tinggi, yaitu sebesar 100 dollar.

Syarat Monetisasi Konten Dengan Iklan Facebook

facebook ad breaks

Sama seperti AdSense, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi Sobat MEA untuk mendapatkan uang uang dari iklan Facebook. Nah buat yag penasaran, yuk langsung aja simak syarat untuk mengaktifkan Facebook Ad Break di bawah ini!

1. Memiliki 10000 Followers Facebook

Syarat pertama yang memenuhi kelayakan monetisasi fanpage Facebook adalah jumlah followers atau pengikut. Facebook tentu saja ingin iklan tersebar pada banyak orang. Karena itu, Facebook menetapkan batas 10 ribu followers untuk monetisasi.

2. Tayangan 1 Menit Untuk Video 3 Menit

Syarat selanjutnya adalah tayangan 1 menit untuk video 3 menit. Maksudnya, konten video yang Sobat MEA upload harus berdurasi 3 menit. Nah dalam 3 menit tersebut, minimal ditonton selama 1 menit. Belum lagi, video Sobat MEA harus mendapat 30000 kali pemutaran.

3. Memiliki Standar Kelayakan Monetisasi

Selanjutnya adalah standar kelayakan monetisasi. Maksudnya, Facebook sendiri kini sudah menetapkan peraturan hak cipta pada setiap kreator. Agar bisa monetisasi, Sobat MEA dilarang untuk melanggar aturan hak cipta seperti menggunakan lagu orang lain sampai mencuri konten.

Tips Sukses Monetisasi Facebook Ad Breaks

Karena syarat-syarat monetisasi ini cukup berat, maka Sobat MEA sangat perlu untuk memperhatikan banyak hal mengenai tips penting Facebook Ad Breaks. Ini penting untuk mengumpulkan followers, memenuhi standar dengan cepat, hingga mendapatkan akses pada monetisasi. Berikut tips-tips yang perlu diikuti:

1. Ketahui Umur Target

2. Buat Konten yang Menarik dan Bermanfaat

Jika konten video yang ada sudah menarik, maka semakin lama akan dapat menjangkau penonton yang banyak. Ya, hal ini memang sudah menjadi hal yang umum. Pada setiap media sosial, konten yang menarik dan bermanfaat akan punya tempatnya sendiri.

3. Buat Video Berdurasi 3 Menit

Jika ingin monetisasi video pada Facebook Ads Breaks, Sobat MEA kita sarankan untuk membuat konten video dengan durasi minimal 3 menit. Selain itu, konten video Sobat MEA harus para pengguna tonton sekitar 1 menit.

Hal ini akan berpengaruh pada hasil. Pasalnya hasil monetisasi akan terakumulasi sesuai durasi menit pada 60 hari terakhir Sobat MEA membuat konten. Nah pada 60 hari ini Sobat MEA harus bisa mendapatkan 30.000 tayangan dalam satu bulan.

Nah itulah pembahasan mengenai Facebook Ads Break yang perlu Sobat MEA ketahui. Semoga artikel ini bisa membantu meningkatkan pendapatan Sobat MEA dan membuat Sobat MEA semangat membuat konten video di Facebook ya.

You may also like

Leave a Comment