Mengenal Facebook Canvas: Pengertian, Kegunaan, Hingga Cara Membuatnya

by Viki
facebook canvas

Di era digital, para pemilik website sangat mendambakan kecepatan. Hal ini penting karena dapat mempengaruhi kenyamanan pengunjung saat membuka suatu laman. Mereka tentu merasa kesal dengan proses arahan website yang lamban. Untungnya, Facebook Ads selalu memahami kebutuhan bisnis dengan menghadirkan fitur Ad Creative berupa Facebook Canvas. 

Facebook Ads sendiri merupakan solusi beriklan yang mutakhir di mana dia dapat menyampaikan pesan iklan secara cepat dan efektif kepada audiens yang dituju dengan tampilan yang sangat menarik.

Studi dari Gomez.com mengungkapkan bahwa sebagian besar pengguna internet ingin halaman web terbuka kurang dari 2 detik. Itulah mengapa MiMe ingin membagikan informasi mengenai Facebook Canvas yang membuat performa iklan lebih maksimal. 

Table of Contents

Apa itu Facebook Canvas?

Mau Tahu Cara Jualan di Sosial Media yang Baik dan Benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Facebook Canvas merupakan salah satu Ad Creative dari Facebook yang lebih modern ketimbang pendahulunya yang menggunakan format iklan berupa Images (gambar), Videos, Carousel dan Collection.

Bisa dibilang, Canvas adalah seamless, di mana dapat memberikan pengalaman iklan full screen yang menarik dan interaktif pada perangkat mobile dengan transisi yang begitu halus dan sangat ngebut (diklaim 10x lebih cepat daripada versi mobile web standar) hingga nyaris tidak terasa bagi pengguna. 

4 Kegunaan Facebook Canvas

Tapi meskipun hampir mirip dengan Carousel dan Collection, ternyata tidak semua campaign cocok untuk menggunakan Facebook Canvas dalam iklan.  Lantas apa saja tujuan yang cocok dengan penggunaan Canvas dari Facebook ini? Berikut ini adalah kegunaannya:

1. Cocok Bagi yang Tidak Memiliki Website

2. Cocok Untuk Target Pengguna Mobile

Tidak semua orang memiliki Laptop/PC. Tapi tidak semua produk dan layanan cocok dengan traffic mobile yang bersifat tunggal. Hanya saja, Canvas mematahkan fakta tersebut. Memang, kebanyakan platform membutuhkan traffic dengan kombinasi pengguna desktop. Tapi Canvas cukup dengan traffic mobile saja. Bukankah ini lebih praktis dan efisien?

3. Cocok Untuk Brand Awareness

Perlu diketahui, Canvas bisa menjadi media yang tepat untuk memperkenalkan brand dengan desain fullscreen yang menarik. Canvas menyediakan area yang relatif luas untuk ditambahkan storytelling. Tentu saja ini dapat membuat merk dan pesan yang disampaikan terkesan positif dan mudah diingat oleh audiens. 

4. Cocok Sebagai Showcase atau Prelander

Di sisi lain, Facebook Canvas memiliki ruang yang lapang dan cocok digunakan sebagai etalase, termasuk toko online serta prelander untuk kebutuhan edukasi produk atau layanan yang ditawarkan sebelum dialihkan ke landing page utama. Canvas ini dapat memuat video, gambar dan teks, yang ramah digunakan dalam bentuk swipe, scroll, tap, dan tilt to pan.

Cara Membuat Facebook Canvas

Setelah mengetahui kegunaan Facebook Canvas, sekarang kita masuk apda tutorial cara menggunakannya. Namun, sebelum membuat Canvas di Facebook, ada beberapa hal yang harus Sobat MEA persiapkan terlebih dahulu mencakup:

  • Facebook Page – Profil FB biasa saja tidak cukup untuk membuat Canvas. Maka jika Sobat MEA belum memiliki Facebook Page, buatlah melalui akun Facebook yang terkait. 
  • HP dan PC – Meskipun bisa diakses lewat HP, Sobat MEA tetap perlu PC untuk membuat Canvas baru. Nantinya preview akan dilakukan lewat HP. Maka letakkan HP yang mudah dijangkau. 
  • Materi Desain / Content – Pastikan Sobat MEA sudah memiliki materi desain dan konten yang ingin dimasukkan. Karena ini untuk promosi, maka perlu tampilan visual yang menarik. 
Jika sudah memperhatikan ketiga hal di atas, Sobat MEA bisa langsung membuat Canvas. Berikut ini tutorialnya:
  1. Buka halaman Facebook Page, dan pilih menu Publishing Tools yang ada di sebelah kanan atas.
  2. Lalu pilih Canvas di menu sidebar pojok kiri bawah.
  3. Selanjutnya, klik tombol Create hingga muncul Blank Canvas
  4. Masukkan komponen yang diperlukan, bisa lebih dari satu komponen secara bersamaan. 
  5. Jika sudah, berilah nama Canvas dan ubah setting sesuai keinginan serta upload berbagai media desain atau kontennya.
  6. Pilih tema putih, hitam atau custom yang sesuai dengan tema desain yang dimiliki.
  7. Swipe to open final link agar dapat membuka link yang dituju secara otomatis ketika pengunjung melakukan swipe up dari bawah. Tambahkan support Instagram jika ingin digunakan di Instagram juga. 
  8. Jika sudah sesuai 100%, klik tombol Finish untuk membagikan hasil Canvas dan dapat dilihat oleh semua orang.
Artikel Terkait  5 Cara Dapat Uang dari Reels Facebook. Begini Tutorialnya

Selanjutnya akan muncul 3 opsi di layar sebagai berikut:

  • Duplicate – Berfungsi untuk menduplikasi Canvas agar dapat digunakan untuk kebutuhan yang lain.
  • Page Post – Berfungsi untuk memposting Canvas pada Page.
  • Get URL –Berfungsi untuk mendapatkan url dari Canvas.

Ketiga pilihan tersebut dapat memudahkan penjelasan, dan Sobat MEA dapat memilih salah satunya sesuai kebutuhan dan keinginan.

Demikian informasi mengenai Facebook Canvas mulai dari pengertian, kegunaan, serta cara membuatnya yang begitu penting untuk dicoba dalam promosi bisnis. Pastikan Sobat MEA mengadaptasi strategi marketing lainnya untuk hasil yang maksimal. Semoga artikel ini dapat membantu!

You may also like

Leave a Comment