Fitur Musik di Instagram Tidak Muncul? Ini 7 Solusi yang Bisa Kamu Coba!

by Fanny
Fitur musik di Instagram tidak muncul

Instagram memiliki banyak fitur yang bisa membuat setiap unggahan Sobat MEA jadi lebih menarik. Salah satunya adalah fitur musik di Instagram. Fitur ini membuat Sobat MEA bisa memasukkan musik favorit ke postingan berupa Instagram story. Akan tetapi, tidak sedikit pula yang mengalami kendala seperti fitur musik di Instagram tidak muncul.

Apakah Sobat MEA pernah mengalaminya juga? Kalau memang pernah, yuk simak penjelasan selengkapnya mengenai penyebab fitur musik di Instagram tidak muncul dan bagaimana cara mengatasinya dengan mudah. Daripada berlama-lama lagi, simak ulasan selengkapnya di bawah ini ya!

Apa itu Fitur Musik di Instagram?

Gak perlu bingung lagi mikir jualan di Instagram

Kalau gabung ke komunitas dan ngobrol sama pakarnya langsung secara gratis!

Instagram meluncurkan fitur musik di Indonesia pada Juni 2021, bersamaan dengan diluncurkannya fitur Reels. Meskipun fitur ini sudah diluncurkan sejak 2 tahun yang lalu, namun tidak sedikit yang mengalami masalah seperti fitur musik di Instagram tidak muncul. Tentunya hal ini cukup mengganggu, apalagi jika Sobat MEA perlu mengunggah konten dengan musik tertentu dan pada waktu yang sudah ditentukan. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Fitur musik di Instagram tidak muncul karena beberapa alasan. Yang pertama, Sobat MEA belum memperbarui aplikasi sehingga tidak bisa mengakses fitur ini. Bisa juga karena karena Instagram belum memiliki lisensi suatu musik di negara tertentu, sehingga Sobat MEA tidak dapat menggunakan beberapa lagu. 

Pembatasan resmi oleh Instagram untuk memakai musik pada akun bisnis juga bisa menjadi salah satu alasan fitur musik di Instagram tidak muncul. Instagram menetapkan hal ini agar akun bisnis tidak menggunakan lagu yang memiliki hak cipta untuk kepentingan komersial.

Artikel Terkait  Cara Membuat Loyalty Program. Efektif untuk Tarik Pelanggan!

Tapi tenang saja, ada 7 cara mengatasi fitur musik di Instagram tidak muncul yang bisa Sobat MEA coba sekarang juga!

7 Cara Mengatasi Fitur Musik di Instagram Tidak Muncul

Gak punya waktu bikin konten Instagram?

Pakai Jasa Kelola Instagram aja dan serahkan semua urusan konten ke tim profesional kami!

Setelah mengetahui sedikit mengenai fitur musik Instagram, sekarang saatnya Sobat MEA mengetahui cara mengatasi fitur musik di Instagram tidak muncul dengan mengaplikasikan 7 cara ini:

1. Perbarui Aplikasi Instagram

Cara pertama yang bisa Sobat MEA lakukan untuk mengatasi fitur musik tidak muncul ini adalah dengan melakukan update atau pembaharuan pada aplikasi Instagram. Nah berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengupdate aplikasi Instagram:

  1. Buka PlayStore atau AppStore, lalu cari aplikasi Instagram di kolom pencarian.
  2. Klik Update atau Perbarui, lalu tunggu hingga pembaruan diunduh.
  3. Klik Open atau Buka jika aplikasi sudah berhasil diperbarui.
  4. Buka akun Instagram Sobat MEA, lalu coba buat Instagram Story dan masukkan musik yang diinginkan.
  5. Selesai! 

Jika ternyata saat membuka PlayStore atau AppStore dan tidak ada pembaruan, Sobat MEA bisa mencoba cara selanjutnya untuk mengatasi fitur musik di Instagram tidak muncul.

2. Login Ulang

Tingkatkan penjualan dan omzet toko dengan pakai FB/IG Ads iklan !

Pelajari cara beriklan selengkapnya di Kelas FB & IG Ads biar kamu gak boncos!

Setelah itu, masuk kembali ke akun Instagram Sobat MEA dengan memasukkan username dan kata kunci. Lanjutkan dengan mencoba fitur musik di Instagram Story lagi.

3. Hapus Cache Aplikasi Instagram

Terlalu banyak cache bisa mengganggu Sobat MEA mengakses fitur lengkap dari suatu aplikasi. Untuk itu, Sobat MEA perlu membersihkan cache secara rutin agar aplikasi dapat berjalan dengan baik. Caranya sangat mudah, Sobat MEA hanya perlu masuk ke pengaturan handphone, lalu cari aplikasi Instagram, kemudian klik Hapus Cache.

Perlu diingat bahwa proses menghapus cache Instagram ini akan menghilangkan semua informasi login akun Instagram. Jadi jika Sobat MEA memiliki beberapa akun, sebaiknya catat username dan kata kuncinya terlebih dahulu agar bisa login kembali ke akun Instagram dengan aman.

4. Hapus Data Aplikasi Instagram

Fitur musik di Instagram tidak muncul juga bisa Sobat MEA atasi dengan menghapus data aplikasinya. Cara ini membuat aplikasi bisa menyegarkan ulang semua fiturnya dan mengatur ulang ke setelan awal. Seperti penghapusan cache, cara ini juga akan menghapus pengaturan pengguna dan data akun. Jadi pastikan Sobat MEA mengingat setiap username dan kata kunci agar bisa masuk kembali ke akun Instagram.

5. Instal Ulang Aplikasi Instagram

fitur musik di instagram tidak muncul

Sobat MEA juga bisa menghapus dan mengunduh kembali aplikasi Instagram sebagai salah satu solusi fitur musik di Instagram tidak muncul. Dengan menginstall ulang, seharusnya semua bug dan masalah pada aplikasi bisa diperbaiki.

6. Beralih ke Akun Personal

Seperti yang sudah dibahas sedikit di atas bahwa ada pembatasan beberapa musik untuk akun bisnis, sehingga Sobat MEA menghadapi masalah fitur musik di Instagram tidak muncul dan tidak bisa menggunakan musik tertentu. Jadi Sobat MEA bisa beralih ke akun personal untuk menggunakan musik yang diinginkan.

7. Hubungi Instagram

Sudah mencoba keenam cara mengatasi fitur musik di Instagram tidak muncul di atas dan tidak ada yang berhasil? Coba untuk melaporkan ke pihak Instagram karena ditakutkan hal ini hanya terjadi pada akun Sobat MEA karena adanya error.

Cara menghubungi pihak Instagram juga mudah kok. buka Pengaturan > Bantuan > Laporkan Masalah. Dalam kolom yang tersedia, jelaskan masalah fitur musik di Instagram tidak muncul di akun Sobat MEA. Cantumkan pula screenshot sebagai bukti dan untuk mempercepat pihak Instagram untuk memproses laporan Sobat MEA.

Itu dia cara mengatasi fitur musik di Instagram tidak muncul yang bisa Sobat MEA atasi dengan mencoba 7 cara di atas. Butuh update lain seputar tips dan trik jualan atau bikin konten di Instagram? Baca artikel lainnya dari Komunitas MEA hanya di sini!

You may also like

Leave a Comment