Fitur Privasi DM Instagram. Ini Penjelasan dan Fungsinya!

by Viki
fitur privasi dm instagram

Dalam dunia komunikasi digital, kita tidak bisa lepas dari DM asing dari orang yang tidak dikenal. Ini tentunya sangat mengganggu. Apalagi jika orang tersebut mengirim pesan yang tidak pantas. Tapi tenang, kini ada fitur privasi DM Instagram yang dapat digunakan untuk mencegahmu dari spam DM yang berbahaya.

Meskipun Instagram telah menyediakan fitur request pada halaman direct message, hal ini tidak menutup kemungkinan spam DM link phishing dapat masuk ke folder request. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan fitur pembatasan DM IG ini. 

Karena fitur privasi DM Instagram memberikan filter atau batasan berlapis pada direct message yang masuk dari akun asing. Ini tentunya dapat melindungi pengguna dari serangan phishing dan memberikan kenyamanan lebih. Dalam hal ini, mari kenali lebih lanjut tentang fitur batasi Instagram serta penggunaannya. Simak!

Table of Contents

Apa itu Fitur Batasi di Instagram?

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Bagi yang belum tahu, Instagram telah meluncurkan fitur privasi DM Instagram pada tanggal 3 Agustus 2023 silam. Fitur ini tentu berfungsi untuk menjaga privasi dan keamanan bagi para  penggunanya.

Sobat MEA mungkin tidak menyadari bahwa Instagram telah meluncurkan fitur “Hidden Word” atau kata tersembunyi dengan filter spesifik pada DM IG yang masuk. Sehingga setiap DM yang mengandung frasa, kata, atau emoji yang melanggar akan disembunyikan hingga pengguna tidak bisa melihatnya.  

Tentu saja dengan fitur privasi DM Instagram ini dapat membantu pengguna dalam meningkatkan privasi dan keamanan dalam menjelajahi media sosial yang lebih nyaman.  

Cara Membatasi DM Instagram dengan Efektif

Jualan di IG Lebih Maksimal dengan Website Bisnis yang Profesional
Pastikan pakai tools yang canggih agar kinerja website lebih apik dan asyik, seperti GoWebin by MEA!

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ternyata ada beberapa fitur yang berguna untuk menjaga privasi di Instagram. Tapi nyatanya masih banyak yang bingung bagaimana penggunaannya. Padahal melalui fitur privasi DM Instagram, pengguna dapat membatasi siapa saja yang dapat mengirim DM ke akun Instagrammu. 

Sobat MEA juga bisa merasa lebih nyaman dengan memanfaatkan fitur limits untuk membatasi pesan yang masuk di Instagram. Dan Sobat MEA bisa mengaktifkannya melalui menu pengaturan. 

Menggunakan Fitur Limits

Setuju dong pastinya ketika tiba-tiba ada DM IG yang masuk dari orang yang tidak dikenal? Sobat MEA tentu ingin membatasi akun agar tidak lagi merasa terganggu. Nah, dalam hal ini, Sobat MEA bisa melakukannya dengan beberapa cara mudah. 

Salah satunya dengan memanfaatkan fitur Limits di Instagram. Berikut langkah-langkah yang perlu Sobat MEA lakukan:

Hanya saja, dengan fitur limits, followers baru dan akun asing tidak akan bisa mengirim DM ke akunmu. Tapi Sobat MEA dapat mengaktifkan pilihan “Who to Limit” untuk mengatur siapa saja akun yang dibatasi untuk mengirim DM ke akunmu tersebut. 

Menggunakan Apikasi Instagram

Selain fitur limits, Sobat MEA juga bisa membatasi DM IG langsung melalui aplikasi Instagram. Berikut langkah-langkah yang perlu Sobat MEA lakukan:

  1. Buka aplikasi Instagram di HP. Pastikan sudah login akun. 
  2. Pilih menu Profil di pojok kanan bawah. 
  3. Di halaman Profil, pilih ikon Tiga Garis di pojok kanan atas.
  4. Lalu pilih menu Pengaturan dan Privasi.
  5. Scroll ke bawah, dan klik opsi Pesan
  6. Di bagian Koneksi Potensial, pilih menu Pengikut Anda di Instagram
  7. Sobat MEA dapat menentukan pesan dari orang asing dapat masuk ke folder permintaan atau tidak. Untuk membatasi DM, pilih Jangan Terima Permintaan
  8. Selesai!

Hal-Hal yang Perlu Diketahui Dalam Membatasi DM Instagram

Nah, penggunaan fitur batasi di Instagram sangatlah mudah, bukan? Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu Sobat MEA perhatikan sebelum mulai melakukan pembatasan DM IG. Berikut uraiannya:

  • Ketika orang lain tidak Sobat MEA izinkan mengirim DM, Instagram akan memberitahukan hal tersebut.
  • Ketika Sobat MEA memblokir seseorang pada aplikasi Instagram, mereka tidak akan bisa mengirim permintaan DM.
  • Jika Sobat MEA membatasinya melalui aplikasi Instagram pesan akan masuk ke folder permintaan pesan. Tapi mereka akan mendapatkan muncul keterangan Restricted Account.

You may also like

Leave a Comment