Mengenal Fitur TikTok Shop dan Cara Memaksimalkannya Untuk Seller

by Husna Rahman
fitur tiktok shop

Akhir-akhir ini, TikTok Shop menjadi pilihan masyarakat di Indonesia untuk berjualan dan berbelanja. Menurut Katadata, TikTok Shop memiliki sejumlah 99,79 juta pengguna. Hal ini tentu tidak lepas dari fitur TikTok Shop yang memudahkan penjual maupun pembeli.

Tidak heran jika kemudian berbelanja lewat TikTok Shop semakin populer. Bahkan TikTok sudah menjadi salah satu aplikasi dengan review tertinggi di kawasan Asia Tenggara.

Untuk itu, TikTok pun selalu memperbarui aplikasi dengan berbagai fitur TikTok Shop terbaru demi menarik pengguna. Apalagi setelah adanya gebrakan belanja online di TikTok. Sehingga sebagian besar pengguna TikTok kerap berbelanja banyak produk kategori clothing, produk kecantikan, hingga F&B dengan rata-rata pengeluaran Rp274.034 setiap bulan.

Bahkan seiring perkembangannya, TikTok Shop juga menjadi destinasi belanja bagi anak muda usia 18 hingga 25 tahun. Sedangkan WhatsApp dan Instagram Shop digunakan oleh generasi yang lebih tua berumur 36 hingga 45 tahun.

Table of Contents

Kenapa Perlu Jualan di TikTok Shop?

Yuk gabung grup Komunitas Seller dan Creator TikTok MEA GRATIS
Belajar bareng creator di grup WA GRATIS!

TikTok sebenarnya telah menjadi salah satu kompetitor Shopee yang memiliki peluang sukses yang tinggi. Terlebih, TikTok memang menyasar pasar Asia Tenggara. Sehingga bisa dibilang, penggunanya dapat meraup keuntungan dari TikTok Shop. 

Selain itu, saat ini TikTok Shop memang sedang digandrungi oleh kalangan muda bersia 18-25 tahun. Generasi ini adalah mereka yang memang telah terbiasa dengan dunia digital.

Hal ini menjadi ciri khas dengan marketplace lain. Marketplace lain biasanya hanya fokus pada pengelolaan toko dan bermain dengan iklan, riset dan juga optimasi. Sementara TikTok Shop mengharuskan seorang seller pandai menghibur atau menarik perhatian calon konsumen.

Cara Memulai Jualan di TikTok Shop

Mulai maksimalkan jualan di TikTok Shop bareng partner profesional MEA!
Tentunya cuman bisa kamu dapatkan di MCN TikTok MEA!

Sobat MEA pasti memiliki pertanyaan, bagaimana sih cara mulai berjualan di TikTok Shop? Nah berikut adalah langkah-langkah dan tutorial berjualan lewat TikTok yang bisa diikuti. Yuk simak!

  1. Pertama kunjungi TikTok Shop Seller Center atau klik link ini
  2. Sobat MEA bisa mendaftar dengan akun TikTok atau bisa mendaftar baru menggunakan nomor telepon dan email.
  3. Isi formulir pendaftaran bisnis, informasi pribadi, alamat toko, email, nomor telepon aktif dan informasi lainnya.
  4. Setelah itu, isi informasi bisnis mulai nama toko, jenis bisnis, alamat, produk, deskripsi toko, foto dan lain sebagainya.
  5. Terakhir, lakukan registrasi bisnis untuk mendapat verifikasi dan konfirmasi dari TikTok. Sobat MEA tinggal menunggu kabar dari pihak TikTok.

Fitur TikTok Shop Untuk Para Seller

TikTok Shop membuka peluang dan membantu para calon seller atau mereka yang ingin berbisnis di platformnya. TikTok bahkan memiliki beragam layanan yang bisa Sobat MEA gunakan. Berikut ini adalah fitur beserta penjelasan fungsinya:

1. Produk

2. Pesanan

Fitur Pesanan membuat Sobat MEA bisa melihat semua pesanan  yang masuk. Dari orderan yang belum dibayar, terbayar sampai pesanan batal. Ada waktu 6 hari sebelum status orderan berubah. Jadi setelah melakukan checkout TikTok ada waktu bagi pembeli untuk membatalkan pesanannya.

3. Pengiriman

Fitur Pengiriman membuat Sobat MEA bisa mengatur pengiriman pick up atau drop off produk dan melacak status paket pengiriman secara real timeFitur ini juga bisa membuat Sobat MEA melakukan pengiriman secara massal untuk pesanan dalam jumlah yang banyak sekaligus.

4. Promosi

Sobat MEA bisa berpartisipasi dalam sebuah kampanye dan menetapkan strategi marketing untuk meningkatkan penjualan lewat fitur Promosi. Sobat MEA bisa mengatur pre-order, promo diskon, promo live streaming, gratis ongkir dan banyak lagi. 

4. Keuangan

Fitur Keuangan membuat Sobat MEA melihat data penghasilan bersih, penghasilan yang harus diselesaikan sampai kredit untuk ditarik. Nah penarikan uang dari penjualan maupun monetisasi video TikTok akan memakan waktu sekitar 6 hingga 7 hari kerja.

5. Kompas Data

Kompas Data dapat memberikan ilustrasi tentang tren dan kinerja penjualan Sobat MEA dari Afiliator, Streamer dan performa akun dan produk. Contohnya, Sobat MEA bisa mengidentifikasi produk menurut pendapatan terbesar, penjualan terbaik dan produk paling banyak orang-orang kunjungi.

6. Obrolan

Fitur Obrolan memungkinkan Sobat MEA melihat pesan yang sedang berlangsung maupun pesan selesai dari para pembeli. Nah Sobat MEA bisa banget untuk mengubah status ketersediaan untuk menyesuaikan dan mengelola ekspektasi para pembeli yang ingin bertanya pada Sobat MEA.

7. Misi

8. Akun Saya

Untuk fitur “Akun Saya”, kamu bisa menyiapkan pengguna, peran, dan menautkan akun pemasaran. Singkatnya, Sobat MEA bisa mengatur semua hal mengenai akun ataupun toko lewat kolom satu ini.

9. Kesehatan Toko

Kesehatan Toko adalah fitur untuk memantau tingkat resiko, catatan pelanggaran, dan status banding tokomu. Sobat MEA juga bisa membaca kebijakan evaluasi kinerja seller TikTok Shop untuk menghindari pelanggaran.

10. Pusat Bantuan

Pusat Bantuan membuat Sobat MEA bisa mendapatkan bantuan dari TikTok dengan membuat tiket baru. Melampirkan dokumen pendukung akan memungkinkan TikTok untuk menyelesaikan masalahmu dengan lebih baik. Singkatnya, Pusat Bantuan adalah cara Sobat MEA menghubungi customer service TikTok.

Nah itu dia beberapa fitur TikTok Shop yang bisa Sobat MEA manfaatkan. Semoga artikel ini membantu Sobat MEA yang lagi belajar dan membangun TikTok Shop!

You may also like

2 comments

Maysaroh Januari 13, 2023 - 10:25 pm

Terima kasih kk motifasinya semuga dengan begini saya bisa dpat orderan

Reply
Husna Rahman Januari 16, 2023 - 9:49 am

Sama-sama kak. Semoga bermanfaat. Kalau mau belajar lebih dalam tentang jualan di TikTok dan gabung sama komunitas seller-seller TikTok , gabung di Kelas TikTok MEA ya! Hubu WA 0881-5266-813 untuk tanya-tanya lebih lanjut ya kak! Semangat!

Reply

Leave a Comment