Ternyata Segini Lho Gaji Content Creator YouTube! Mantap Banget~

by Viki
gaji content creator youtube

Gaji Content Creator YouTube telah menjadi daya tarik bagi banyak individu yang ingin berkarir di dunia digital. Semakin populernya platform video ini telah menciptakan peluang bagi kreator konten untuk menghasilkan pendapatan yang signifikan. 

Tapi seperti halnya pekerjaan lainnya, menjadi seorang Content Creator juga datang dengan tantangan dan upaya keras. Meskipun pendapatannya bisa dibilang menjanjikan. 

Dalam artikel ini, MiMe akan membahas tentang nominal gaji Content Creator YouTube sekaligus siapa saja yang telah mendapatkan gaji tertinggi dari profesi content creator. Simak!

Table of Contents

Detail Gaji Content Creator YouTube

Ingin Tahu Rahasia Sukses Para YouTuber Raup Gaji Melimpah?
Yuk, gabung diskusi bareng YouTuber berpengalaman di komunitas YouTuber MEA, dapatkan rahasia suksesnya!

Bagi para kreator konten, YouTube menawarkan kesempatan untuk berbagi ide, cerita, dan bakat mereka kepada jutaan orang di seluruh dunia. Melalui monetisasi, para pembuat konten dapat menghasilkan uang dari konten yang mereka produksi.

Pada awal karir, seorang youtuber pemula bisa menghasilkan antara $0,01 hingga $0,03 per view. Dalam artian, jika video ditonton sebanyak 1.000 kali, maka pemilik channel YouTube tersebut akan mendapatkan penghasilan sekitar $10 hingga $30. Yuk simak uraian lengkap mengenai penghasilannya berdasarkan level!

Entry Level atau Pemula

Pekerjaan content creator berawal dari entry level. Biasanya posisi ini memiliki penghasilan mulai Rp500 ribu-6 juta per bulan. Dan nilai ini bisa berbeda untuk setiap perusahaan.

Umumnya, seorang content creator pemula akan bertugas untuk membuat konten yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Misalnya, jika Sobat MEA bekerja di industry fashion, Sobat MEA akan membuat konten media sosial yang berhubungan dengan fashio seperti mix n match, tren fashion terkini, dan tips-tips lainnya.

Artikel Terkait  Apa itu SEO Instagram dan 5 Cara Optimasinya. Mudah!

Sobat MEA juga bisa memilih menjadi content creator lepas (freelance). Dengan kata lain, Sobat MEA bisa membuat konten sendiri tanpa perlu menjadi karyawan tetap di sebuah perusahaan.

Tapi tentu saja penghasilannya akan berbeda dengan content creator di suatu perusahaan. Sobat MEA bisa mendapatkan berbagai peluang untuk cuan dari iklan/ads dan endorsement.

Endorsement atau Kolaborasi

Selanjutnya, ada content creator untuk melayani endorsement atau kerjasama. Biasanya mereka mendapatkan penghasilan berkisar dari Rp200 ribu hingga 1,5 juta dalam setiap konten. Tarif mereka akan dihitung setiap mereka memposting konten endorsement.

Adapun produk yang diendorse umumnya adalah produk skincare, makanan, make up, peralatan rumah tangga, hingga pakaian. Jika Sobat MEA tertarik, Sobat MEA bisa menentukan tarif endorsement berdasarkan jumlah pengikut di akun media sosial. Semakin banyak jumlah followers dan benefit klien, semakin besar tarif yang bisa ditawarkan. 

Perusahaan

Berbeda halnya dengan content creator di suatu perusahaan. Mereka bisa mendapatkan gaji yang lebih tinggi. Umumnya, perusahaan menawarkan gaji sebesar Rp4 juta – 6 juta perbulan untuk posisi content creator. Adapun tugasnya adalah mengelola media sosial milik perusahaan. Tapi nilai tepatnya tergantung skala perusahaan, lokasi, dan pengalaman yang dimiliki. 

Content Creator dengan Gaji Tertinggi

syarat monetisasi YouTube Shorts

Seperti yang disinggung sebelumnya, gaji content creator YouTubedi Indonesia berkisar Rp 500 ribu – 6 juta rupiah. Tapi jika Sobat MEA terus meningkatkan skill, Sobat MEA bisa memperoleh penghasilan yang lebih besar lagi. 

Di Indonesia sendiri sudah banyak yang sukses menjadi content creator dengan penghasilan yang tinggi. Berikut beberapa content creator Indonesia yang terkenal dengan gaji tertinggi di Indonesia:

1. Ria Ricis

Sobat MEA tentu sudah tidak asing lagi dengan content creator sekaligus influencer bernama Ria Ricis atau Ria Yunita yang memiliki followers terbanyak di Indonesia. Ria Ricis bahkan memiliki akun dengan followers tinggi pada tiga media sosial, yaitu YouTube, Instagram, dan TikTok.

Artikel Terkait  5 Contoh Tautan Instagram yang Cocok untuk Bisnis. Kepoin!

Channel Ricis Official di YouTube saja memiliki 30,8 juta subscriber. Sehingga penghasilan Ria Ricis dari YouTube ditaksir mencapai Rp 2-3 miliar per bulan.

Ria Ricis juga memiliki 31 juta pengikut di TikTok. Dari sana, Ria Ricis dapat memperoleh gaji sekitar Rp50-100 juta per bulan. Sementara di Instagram, Ria Ricis memiliki 32,7 juta followers dengan penghasilan sebesar Rp100-180 juta per bulan. 

2. Rans Entertainment

Siapa sih yang tidak kenal dengan keluarga Raffi Ahmad dan Nagita Slavina? Pasangan sejoli ini diketahui membangun Rans Entertainment dan memilik 24,6 juta subscribers di YouTube. Mereka biasa membagikan konten keseharian keluarga Raffi Ahmad.

Dengan jumlah subscribers tersebut, akun YouTube ini ditaksir berpenghasilan sebesar Rp5-7 miliar per bulan.

3. Baim Wong dan Paula Verhoeven

Pesinetron Baim Wong, dan istrinya sang model yaitu Paula Verhoeven, juga aktif menjadi content creator dengan channel YouTube bernama Baim Paula.

Baim Paula telah memiliki 20,8 juta subscriber di YouTube. Dengan begitu, artinya Baim Paula mendapatkan gaji content creator mencapai Rp1-2 miliar per bulan.

4. Fadil Jaidi

Kemudian ada selebgram yang terkenal konyol dan biasa membuat konten bersama keluarga, Fadil Jaidi. Dia berhasil memiliki 8,2 juta followers di Instagram dan 9,2 juta followers di TikTok. Di media sosialnya, dia kerap membuat konten komedi yang menghibur para pengikutnya. 

Berkat kontennya tersebut, Fadil Jaidi diperkirakan mendapat gajji yang cukup fantastis sebesar Rp200-300 juta per bulan.

5. Anggun Supriadi

Bagi penonton yang suka konten kuliner atau mukbang, ada juga nih content creator yang fokus di bidang tersebut. Dia bernama Anggun Supriadi. Dia memiliki 19,6 juta followers di TikTok dan 2,07 juta subscribers di channel YouTube Anggun Supriadi.

Artikel Terkait  Bikin Makin Eksis, Gini Cara Agar Video FYP di FB Pro! Simpel Loh~

Dari konten tersebut, Anggun berhasil meraup penghasilan sekitar Rp90-120 juta. Nominal ini dinilai menjadi salah satu gaji TikTok-ers yang paling tinggi. Bahkan Anggun sempat berkolaborasi dengan selebriti terkenal seperti Irfan Hakim dalam konten makan besar. 

Kunci Keberhasilan sebagai Content Creator YouTube

Meskipun tantangan yang ada, ada beberapa kunci keberhasilan sebagai Content Creator YouTube:

  1. Niche yang Relevan: Menentukan niche yang relevan dan memiliki audiens yang berpotensi besar adalah langkah awal yang penting.
  2. Kualitas Konten: Konten harus berkualitas tinggi, menarik, dan memberikan nilai tambah kepada penonton.
  3. Konsistensi: Konsistensi dalam mengunggah video adalah kunci untuk membangun audiens setia.
  4. Pemahaman Algoritma: Memahami bagaimana algoritma YouTube bekerja dapat membantu meningkatkan visibilitas konten.
  5. Engagement dengan Penonton: Berinteraksi dengan penonton melalui komentar, live streaming, dan media sosial dapat memperkuat ikatan dengan audiens.
  6. Inovasi dan Adaptasi: Selalu berusaha untuk berinovasi dan beradaptasi dengan perubahan tren dan kebutuhan penonton.

Wah, ternyata gaji Content Creator YouTube menarik ya, tapi juga menghadirkan tantangan yang serius. Peluang untuk sukses terletak pada kemampuan untuk menghadapi tantangan ini dengan kreativitas, ketekunan, dan dedikasi yang tinggi. 

Tapi dengan mengadaptasi kunci dan strategi yang efektif, seorang Content Creator memiliki peluang untuk mencapai kesuksesan dan mengubah hobi mereka menjadi karir yang sukses di dunia digital yang terus berkembang. Semoga menginspirasi!

You may also like

Leave a Comment