Wajib Tahu, Berikut Gaji Content Writer Terbaru Tahun 2023! Berapa Angkanya?

by Husna Rahman
gaji content writer

Dalam industri kreatif, peran seorang penulis konten atau content writer sangatlah penting. Bukan tanpa alasan, semua konten baik berbentuk audio, video, teks sampai desain datang pertama dari seorang content writer. Karena penting, kamu juga harus tahu berapa sih gaji content writer di Indonesia. Apakah profesi ini menjanjikan untuk digeluti?

Content Writer sendiri adalah pekerjaan yang membutuhkan skill kepenulisan. Seorang content writer profesional, mampu membuat konten yang memang sesuai dengan audiensnya. Karenanya seorang content writer wajib untuk memiliki skill riset dan wajib untuk terus membaca dan mencari tahu informasi-informasi baru dari setiap industri. 

Pertanyaannya kemudian, apakah gaji content writer memang sebesar peran dan tugasnya? Untuk mengetahui lebih lanjut, langsung aja simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa itu Content Writer?

Mau belajar cara bikin konten jualan yang menarik?
Yuk langsung aja gabung di Komunitas Upgrade Skill MEA

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang berapa gaji content writer, Sobat MEA pastinya harus mengetahui apa sih sebenarnya content writer itu. Dapat dikatakan content writer adalah seseorang yang bertugas untuk membuat konten tulisan yang informasi, menarik dan relevan untuk berbagai platform mulai dari blog, website atau media sosial.

Profesi content writer kadang disamakan dengan Copywriter. Padahal, dua profesi ini punya tujuan yang berbeda. Content writer ini bertugas untuk edukasi dan informasi yang bermanfaat sementara copywriter ini bertugas untuk membuat tulisan persuasif untuk menjual produk atau jasa tertentu.

3 Jenis Gaji Content Writer Tahun 2023!

Saatnya sosial media kamu hasilkan keuntungan berlipat-lipat
Pakai aja tim jasa sosial media management MEA sekarang juga

Dengan banyaknya tugas dan spesifikasi skill, apakah gaji content writer di Indonesia sudah sepadan dan fair? Menurut laman Indeed, berikut adalah rata-rata gaji content writer yang ditawarkan di beberapa kota besar di Indonesia:

  • Jakarta: Rp4.791.669 per bulan

  • Tangerang: Rp4.613.983 per bulan

  • Batam: Rp4.550.600 per bulan

  • Badung: Rp4.274.314 per bulan

  • Surabaya: Rp3.946.040 per bulan

  • Bekasi: Rp3.604.760 per bulan

  • Denpasar: Rp3.550.674 per bulan

  • Depok: Rp3.513.105 per bulan

Tapi nilai di atas masih terbilang relatif, karena nilai gaji terkadang ditentukan dari lokasi, industri, hingga pengalaman yang dimiliki. Dalam hal ini, berikut 3 jenis gaji content creator di Indonesia. Berapa? Yuk langsung simak aja di bawah ini!

1. Gaji Content Writer Berdasarkan Tempat

Pertama ada gaji penulis konten yang didasarkan berdasarkan tempat atau lokasi bekerja. Seperti kita tahu, di Indonesia, setiap daerah memiliki gaji minimum yang berbeda-beda. Karena itu, ada gaji content writer yang memang didasarkan dari gaji minumum sebuah daerah. Nah berikut ini adalah rata-rata gaji content writer di beberapa kota besar di Indonesia;

  • Jakarta: 4,7 juta per bulan
  • Tangerang: 4,6 juga per bulan
  • Batam: 4,5 juta per bulan
  • Bekasi: 3,6 juta per bulan
  • Denpasar: 3,5 juga per bulan
  • Depok: 3,5 juta per bulan
  • Surabaya: 3,9 juta per bulan
  • Bandung: 4,2 juga per bulan

2. Gaji Berdasarkan Bidang dan Industri

Selain berdasarkan lokasi, seorang content writer juga bisa saja digaji berdasarkan bidang dan juga industri. Maksudnya, gaji ditetapkan dari bidang apa yang dikuasai oleh sang content writer. Apakah hanya writer biasa atau ada embel-embel SEO Writer. Gajinya tentu saja berbeda.

Selain berdasarkan bidang, gaji content writer juga bisa berbeda-beda sesuai dengan di industri mana sang penulis bekerja. Nah berikut ini ada beberapa bayaran seorang content writer berdasarkan industri;

  • Legal: 6 juta per bulan
  • Education: 9,6 juta per bulan
  • Healthcare: 5 juta per bulan
  • Information Technologi (IT): 10 juta per bulan
  • Manufacturing: 4,9 juta per bulan

3. Gaji Berdasarkan Pengalaman

Content Writer Pemula

Umumnya, gaji seorang content writer pemula atau yang merupakan fresh graduate masih berkisar di UMR. Sebab, para pemula ini masih tergolong entry level dan membutuhkan pengalaman. Biasanya, tingkat pemula ini harus bisa menulis artikel blog dan sosial media, riset topik dan belajar menggunakan tools.

Untuk seorang pemula, gaji yang akan diterima biasanya berkisar antara Rp4,5 juta sampai dengan Rp5 juta. Nah seiring pengalaman bertambah, Sobat MEA akan mendapatkan penyesuaian gaji.

Content Writer Tingkat Menengah

Setelah masuk sebagai entry, level, ada tingkat menengah atau lanjutan. Seorang content writer dianggap masuk tingkat menengah setelah punya 2-5 tahun pengalaman kerja. Jika sudah berada di tingkat menengah, Sobat MEA wajib untuk bisa membuat konten pilar, membuat atan mengembangkan strategi konten, menulis konten yang berkualitas dan mengalisa kinerja konten. Pada tingkat ini, Sobat MEA bisa menerima gaji sekitar Rp5 juta sampai dengan Rp6 juta per bulan.

Senior Content Writer

Pengalaman terakhir tentu saja ada tingkat senior content writer. Untuk mencapai tahap ini, Sobat MEA harus memiliki pengalaman sekitar 5-8 tahun dan juga punya pengalaman dengan teknik SEO.

Sebagai senior, Sobat MEA wajib untuk mengembangkan strategi konten, membuat pedoman dan gaya kualitas konten, mengawasi penulisan konten, mengelola tim, melakukan riset sampai mengembangkan hubungan. Gaji senior content writer umumnya berkisar di angka Rp6,5 juta sampai Rp7,5 juta.

4 Tips Menjadi Content Writer yang Profesional

gaji content writer

Setelah mengetahui jumlah gaji rata-rata, kita akan masuk pada beberapa tips untuk menjadi content writer yang profesional. Meski terdengar mudah, nyatanya banyak sekali orang yang kemudian merasa kesulitan saat menjadi content writer. Apalagi dengan maraknya AI, pekerjaan content writer bisa saja digantikan.

Nggak perlu khawatir, berikut ini adalah 4 tips menjadi content writer profesional berdasarkan tips dari para content writer di MEA Digital Marketing. Check this out~

1. Perbanyak Baca dan Temukan Gaya Penulisan

Selain itu, Sobat MEA juga bisa dengan cepat menemukan gaya penulisan. Karena skill utama dari seorang content writer adalah menulis, maka penting bagi Sobat MEA untuk menemukan dan menentukan gaya penulisan yang paling cocok dan bisa digunakan di berbagai kondisi.

2. Perdalam Cakupan Pekerjaan Content Writer

Tips menjadi content writer profesional yang berikutnya adalah memperdalam dan fokus pada cakupan pekerjaan seorang content writer. Jika Sobat MEA ingin dikenal dan profesional, maka Sobat MEA wajib untuk memperdalam skill lain selain menulis. Misalnya, Sobat MEA bisa memperdalam teknik SEO atau mengetahui bagaimana cara membuat konten pilar dan strategi konten pada sebuah bisnis.

3. Ambil Banyak Freelance

Untuk memperluas pengalaman dan mempercepat naik tingkat, Sobat MEA wajib hukumnya untuk mengambil banyak pekerjaan freelance. Meski bayarannya lebih murah, Sobat MEA bisa menambah pengalaman membuat beragam topik konten. Apalagi, freelance ini bisa membuat Sobat MEA  mendapat uang tambahan sekaligus portofolio yang nantinya bisa dijadikan acuan untuk penyesuaian gaji.

4. Belajar Menjadi Editor

Tips yang terakhir adalah jangan gampang puas dengan menjadi seorang penulis saja. Sobat MEA harus mau berkembang ke tingkat yang lebih tinggi. Jika berada di mid level, Sobat MEA sudah bisa belajar untuk menjadi editor, melakukan quality control terhadap sebuah konten dan mengatur serta mengembangkan strategi tim content writer pada sebuah perusahaan.

Nah itulah penjelasan mengenai gaji content writer beserta tips menjadi seorang content writer yang profesional. Semoga saja artikel ini bisa membantu Sobat MEA ya. Selamat berkarya dan bekerja!

You may also like

Leave a Comment