Kisaran Gaji Digital Marketing Pemula Terlengkap. Bisa Sampai 10 Juta?

by Bagus Alhadi
gaji digital marketing pemula

Profesi digital marketing saat ini semakin menjamur di Indonesia. Profesi ini menjadi tulang punggung bagi sebuah perusahaan di era digital saat ini. Bagi mereka yang ingin atau baru terjun kedalam dunia digital marketing, pertanyaan seperti berapa gaji digital marketing pemula menjadi fokus utama untuk diketahui.

Gaji digital marketing pemula sangat beragam, Kisarannya dapat bervariasi tergantung pada sejumlah faktor, termasuk lokasi, industri, dan tingkat pengalaman. 

Secara umum, digital marketing pemula di Indonesia dapat mengharapkan gaji yang bersaing, terutama jika mereka memiliki keterampilan khusus seperti pengelolaan iklan online, analisis data, atau keahlian kreatif dalam pembuatan konten. Nah berikut ini adalah pembahasan mengenai kisaran gaji digital marketing pemula terlengkap yang bisa Sobat MEA simak!

Table of Contents

Apa itu Pekerjaan Digital Marketing?

Mau belajar digital marketing dari 0 sampai bisa?
Saatnya gabung ke komunitas bisnis online MEA sekarang juga. GRATIS!

Sebelum berbicara tentang lingkup pekerjaan digital marketing dan gaji digital marketing pemula, mari kita bahas terlebih dahulu sedikit tentang digital marketer. 

Posisi ini sangat beragam pekerjaannya, biasanya mereka bekerja berdasarkan funnel digital marketing mana yang dipilih. Meski begitu, fokus tujuan akhirnya tetap untuk menjalankan strategi pemasaran digital agar tujuan sebuah perusahaan tercapai.

Seorang profesional dalam bidang pemasaran digital bertujuan untuk mempengaruhi minat konsumen terhadap produk atau layanan yang dipasarkan.

Digital marketer tidak hanya bertugas untuk meningkatkan penjualan saja, lebih dari itu mereka mempunyai tugas untuk mengenalkan perusahaan ke khalayak, meningkatkan brand awareness, memperbaiki reputasi perusahaan, dan mengenalkan visi misi sebuah perusahaan.

  1. Iklan online (Google Ads, Facebook Ads, TikTok Ads, dan Instagram Ads)
  2. Search Engine Optimization (SEO)
  3. Email marketing
  4. Mobile Apps marketing
  5. Key Opinion Leader (KOL)
  6. Billboard Elektronik

Pada dasarnya seorang digital marketer adalah orang yang mengerjakan pekerjaan di bidang digital marketing, seorang digital marketer diharuskan untuk mempunyai kemampuan dan keterampilan serta mampu memahami tentang bidang digital marketing.

5 Faktor yang Membedakan Gaji Digital Marketing

gaji digital marketing pemula

Adapun beberapa faktor yang harus Sobat MEA ketahui sebagai orang yang baru lulus kuliah terhadap bedanya gaji digital marketing pemula di tiap perusahaannya, dan inilah alasan mengapa seorang pemula bisa berbeda gajinya dengan yang sudah berpengalaman diantaranya:

1. Latar Belakang Pendidikan

Riwayat pendidikan yang telah ditempuh dapat berdampak pada tingkat gaji dalam karir digital marketing. Individu yang memiliki gelar dan sertifikat keterampilan memiliki peluang lebih besar untuk direkrut dan mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak. Meski demikian, pengetahuan dalam bidang digital marketing dapat diperoleh dari berbagai sumber, karena tidak terbatas pada satu disiplin ilmu tertentu.

2. Skill yang Dimiliki

Faktor lainnya adalah skill yang dimiliki. Skill memiliki peran yang sangat signifikan, karena menjadi parameter penilaian kemampuan bagi calon praktisi digital marketing. Semakin beragam skillset yang dimiliki, semakin besar pula potensi untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi. 

Sebagai contoh, jika keahlian SEO menjadi keunggulan utama, maka peran Sobat MEA mungkin terfokus pada manajemen SEO. Namun, jika Sobat MEA mampu menguasai SEM dan menjadi seorang Content Strategist, peluang untuk mendapatkan manfaat lebih banyak serta potensi untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi semakin terbuka.

3. Portofolio yang Keren

4. Jenis & Lingkup Perusahaan

Gaji yang akan diterima dapat dipengaruhi oleh jenis perusahaan yang menjadi tujuan. Apabila perusahaan yang Sobat MEA lamar sebanding dengan startup unicorn, besar kemungkinan Sobat MEA akan mendapatkan kompensasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan perusahaan yang masih dalam tahap awal atau UMKM.

Selain itu, lokasi atau domisili perusahaan juga turut memainkan peran dalam menentukan besaran gaji digital marketing. Hal ini disebabkan oleh perbedaan standar gaji di setiap wilayah. Sebagai contoh  DKI Jakarta yang memiliki tingkat upah minimum yang berbeda dengan kota Bandung. Oleh karena itu, penting untuk memahami lingkup perusahaan yang akan Sobat MEA lamar agar dapat menyesuaikan harapan gaji dengan kondisi setempat.

5. Pengalaman Kerja

Selain memiliki portofolio yang keren dan riwayat pendidikan dari kampus ternama, pengalaman kerja juga menjadi faktor yang diperhitungkan. Para perekrut ingin memahami detail pekerjaan sebelumnya, tingkat kesulitan yang dihadapi, dan skala proyek yang pernah Sobat MEA tangani. 

Memiliki pengalaman kerja sebelumnya dapat menjadi keuntungan dalam negosiasi gaji, memungkinkan Sobat MEA untuk mendapatkan kompensasi yang lebih besar dibandingkan dengan kandidat yang belum memiliki pengalaman kerja.

Gaji Digital Marketing Pemula di Indonesia

gaji digital marketing pemula

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa gaji seorang digital marketing itu berbeda-beda tergantung faktor apa yang mempengaruhinya.

Menurut situs resmi Indeed, gaji digital marketing pemula untuk level fresh graduate atau sudah berpengalaman kurang dari 2 tahun, mereka memiliki rentang gaji antara Rp5 juta hingga Rp6 juta per bulan. 

Senior digital marketing dengan pengalaman kerja 2-5 tahun menerima gaji berkisar antara Rp7 juta hingga Rp10 juta per bulan. Supervisor digital marketing memiliki potensi gaji mulai dari Rp8 juta hingga Rp12 juta per bulan. Manajer digital marketing, di sisi lain, dapat memperoleh gaji yang melampaui angka Rp12 juta per bulan.

Artikel Terkait  Mau Tutup Toko Instagram? Ini Cara Menghilangkan Akun Bisnis di IG!

Berikut ini kisaran gaji digital marketing jika dibedakan dari pekerjaanya:

  • Pay-Per-Click Analyst: Rp 4.400.000 – Rp 6.500.000
  • Content Strategist: Rp 5.000.000 – Rp 6.000.000
  • Email Marketing Specialist:  Rp 5.000.000 – Rp 6.000.000
  • E-Commerce Specialist: Rp 6.000.000 – Rp 7.000.000
  • SEO Specialist: Rp 6.000.000 – Rp 10.000.000
  • Social Media Specialist: ± Rp 7.000.000
  • Content Marketing Manager: Rp 10.000.000 – Rp 12.000.000
  • Paid Media Specialist: ± Rp 60.000.000/tahun
  • Digital Marketing Specialist: Rp 12.000.000 – Rp 18.000.000

Nah itu dia informasi mengenai gaji digital marketing pemula di Indonesia, menarik bukan? Tidak ada lagi alasan untuk menunda karir Sobat MEA di bidang digital marketing! Yuk bergabung bersama komunitas MEA untuk mengetahui seputar digital marketing dan raihlah kesuksesanmu di dunia digital.

You may also like

Leave a Comment