Berapa Harga Iklan di Instagram? Ini Detail Lengkapnya!

by Fanny
berapa harga iklan di instagram

Ketika menjadi pebisnis online, Sobat MEA juga perlu melakukan promosi secara online pula. Seperti membuat konten dan memasang iklan di Instagram menjadi salah satu cara efektif yang bisa Sobat MEA lakukan. Namun, banyak pebisnis online yang masih bingung apakah perlu memasang iklan karena belum tahu harga iklan di Instagram.

Karena masih banyak pebisnis yang belum melakukan promosi lewat Instagram karena alasan pengetahuan soal harga, lewat artikel ini, kami akan membahas secara lengkap mengenai pengertian, manfaat, hingga biaya yang perlu Sobat MEA keluarkan untuk membuat iklan di Instagram dan meningkatkan penjualan. Yuk simak ulasannya di bawah!

Apa itu Iklan Instagram?

Mau tau cara efektif jualan di Instagram?

Gabung ke komunitasnya sekarang dan dapatkan ilmunya dari praktisinya langsung. Gratis!

Sebelum membahas mengenai tarif, Sobat MEA perlu mengetahui pengertian dari Instagram Ads itu sendiri. Pada dasarnya, Instagram Ads adalah suatu fitur yang dapat digunakan oleh Sobat MEA untuk membuat dan menyebarkan iklan produk ke target audiens. Bentuk iklannya sendiri bisa berupa gambar maupun video.

Lalu, apakah memasang iklan Instagram ini efektif untuk meningkatkan penjualan? Berdasarkan data yang ada, setidaknya 62% pengguna Instagram mengatakan bahwa mereka melihat produk baru dari iklan Instagram yang lewat di halaman beranda mereka. Dengan begitu iklan yang Sobat MEA buat bisa menjangkau audiens secara lebih luas dan tepat.

3 Keuntungan Lain Memasang Iklan di Instagram

Nggak punya waktu buat bikin konten dan ngeloka akun Instagram?

Serahkan aja ke tim kami dengan Jasa Kelola Instagram di sini!

Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas bahwa memasang iklan di Instagram dapat membantu Sobat MEA untuk menjangkau target audiens yang lebih luas, fungsi lain dari iklan ini adalah untuk mendatangkan konsumen baru. 

Namun tidak hanya itu saja, Sobat MEA juga bisa mendapatkan keuntungan lainnya dari memasang iklan di Instagram, loh. Nah berikut ini ada 3 keuntungan lain saat beriklan di Instagram:

1. CTR Lebih Tinggi

Seperti yang kita ketahui, Instagram adalah salah satu aplikasi yang memiliki banyak pengguna dari berbagai kalangan usia dan latar belakang. Dengan begitu, Sobat MEA juga bisa menjangkau lebih banyak audiens. Instagram Ads bisa mempertahankan CTR sebesar 2,5% lebih tinggi dibandingkan jika Sobat MEA memasang iklan pada sosial media lainnya. Angka yang cukup tinggi dan efektif, bukan?

2. Pilihan Penargetan Lanjutan

Mau belajar ngiklan di Instagram biar cuan?

Yuk gabung ke Kelas FB & IG Ads di sini!

Ketika memasang iklan untuk pertama kali, Sobat MEA tidak boleh berharap iklannya akan langsung sampai ke target audiens yang diinginkan. Sobat MEA pasti perlu waktu untuk menemukan target pasar yang tepat dengan produk yang ditawarkan. Mungkin target pasar yang sudah Sobat MEA rancang sendiri kurang sesuai dengan minat audiens, sehingga iklannya malah menyasar ke target market yang berbeda.

3. Interaksi Lebih Tinggi

Bentuk iklan Instagram yang berupa story, single image, dan video seperti unggahan biasa bisa meningkatkan interaksi pada iklan. Pengguna Instagram tidak akan ragu untuk meninggalkan like, komen, hingga share ketika Sobat MEA memasang iklan yang menarik dan informatif. Interaksi ini bisa meningkatkan penjualan dari iklan, loh.

Berapa Harga Iklan di Instagram?

berapa harga iklan di instagram

Setelah membahas mengenai pengertian dan keuntungan dari memasang iklan di Instagram, sekarang saatnya membahas harga iklan di Instagram yang perlu Sobat MEA keluarkan. Sebenarnya, tidak ada harga pasti yang ditentukan untuk memasang iklan karena ada banyak faktor yang mempengaruhi harga iklan di Instagram.

Pada tahun 2019, Sobat MEA bisa memasang iklan Instagram dengan minimal biaya sebesar 25 ribu saja. Kemudian di tahun berikutnya, Sobat MEA bisa memasang iklan dengan harga iklan di Instagram sebesar 10 ribu rupiah saja. Sangat terjangkau, bukan? Lalu apakah iklan ini bisa menjangkau audiens yang diinginkan?

Harga iklan di Instagram ditentukan oleh harga yang dibayarkan, jenis iklan yang dipilih, dan berapa lama iklan ingin ditampilkan. Harga yang dibayarkan juga akan mempengaruhi jumlah audiens yang akan tercapai. Tentunya membayar iklan dengan harga 50 ribu akan berbeda jumlah audiens-nya dengan harga iklan di Instagram yang hanya 10 ribu.

Jumlah Audiens Berdasarkan Harga Iklan

Jika harga iklan di Instagram yang Sobat MEA bayarkan sebesar 20 ribu rupiah, maka Sobat MEA bisa menjangkau sebanyak 1.300-3.400 pengguna. Sedangkan jika Sobat MEA membayar sebesar 50 ribu untuk iklan Instagram, Sobat MEA bisa menjangkau sekitar 3.200-8.500 audiens. Semakin banyak audiens yang melihat iklan Sobat MEA, tentunya akan semakin tinggi pula kemungkinan produk dikenali dan semakin banyak pengguna yang akan membeli produk yang diiklankan.

Artikel Terkait  Apa itu Influencer? ini Jenis Influencer dan Beragam Sebutannya

Sobat MEA tidak perlu khawatir apakah iklan bisa sampai ke target audiens yang tepat karena Instagram sudah memiliki algoritma dan datanya sendiri. Seperti misalnya saja Sobat MEA menjual produk skincare dengan target market wanita usia 25-30 tahun di area Jabodetabek. Nantinya, algoritma Instagram akan membantu menampilkan iklan produk Sobat MEA ke beranda pengguna Instagram sesuai dengan target yang sudah ditentukan. Dengan begitu, iklan yang dibuat akan sampai ke audiens yang sesuai.

Itu dia pembahasan lengkap mengenai harga iklan di Instagram yang perlu Sobat MEA ketahui. Cukup murah dan sederhana untuk dipahami, bukan? Semoga ulasan ini membantu Sobat MEA dalam meningkatkan bisnis online, ya!

You may also like

Leave a Comment