Wajib Coba, Ini 10 Ide Konten Ramadan yang Bikin Bisnis Auto Laris!

by Viki
ide konten ramadan

Tidak terasa kita sudah memasuki bulan Ramadan. Meski demikian, bukan berarti harus berhenti berjualan. Sebenarnya inilah saatnya Sobat MEA lebih aktif di media sosial dan menggunakan momen ini sebaik mungkin untuk menggaet lebih banyak followers melalui ide konten Ramadan yang akan disampaikan di artikel ini. 

Melansir laman Think Marketing Magazine, konten Ramadan bisa menjadi salah satu strategi marketing yang memberikan dampak yang besar terhadap digital media. Terlebih bagi seller online dan Affiliate Marketer. Oleh karena itu, Sobat MEA dapat memanfaatkan hal ini untuk meraup keuntungan sebanyak-banyaknya dengan membuat konten-konten yang relevan. 

Lantas, apa saja kira-kira ide konten Ramadan yang bisa dibuat? Ssssttt, MiMe akan bagikan inspirasinya di bawah ini. Simak ya!

Table of Contents

10 Ide Konten Ramadan yang Menarik

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Sobat MEA tentu setuju bahwa membuat konten yang relevan merupakan salah satu strategi jitu untuk memikat audiens. Itulah mengapa Sobat MEA perlu mempersiapkan konten-konten berkaitan dengan Ramadhan di bulan suci ini. 

Karena ini merupakan peluang yang bagus untuk mendapatkan pengikut bahkan pelanggan baru dan meningkatkan orderan. Tapi sebelumnya, pastikan Sobat MEA juga menyiapkan alat produksi yang mumpuni serta konsep yang nyambung dengan tema konten yang akan dibuat untuk menghasilkan konten yang menghibur dan menyenangkan. 

Untuk hal ini, berikut beberapa ide konten media sosial yang bisa dibuat untuk promosi selama bulan Ramadan dan tips membuat konten tema Ramadan. Yuk langsung simak aja uraiannya di bawah ini!

1. Konten Bertemakan Rohani

2. Tutorial Hijab

Jika Sobat MEA menjual produk hijab, ada baiknya Sobat MEA membuat konten tutorial memakai hijab. Untuk itu, Sobat MEA perlu siapkan model hijab apa saja yang ingin dibagikan kepad audiens atau pelangganmu. Pastikan hijab yang digunakan adalah produkmu sehingga bisa sekalian merekomendasikan produkmu. 

Sobat MEA bisa memulainya dengan mengajak para pengikut untuk mencontoh gaya hijab yang Sobat MEA gunakan dalam video dan unggah ke media sosial. Pastikan Sobat MEA tetap jaga interaksi pada video-video yang dibagikan tersebut. 

3. Rekomendasi Menu Sahur dan Berbuka Puasa

Mau dapat komisi TikTok dan Shopee Affiliate sampai 20% per produk?
Yuk langsung gabung aja ke MCN TikTok MEA dan dapatkan berbagai keuntungannya!

Selama Ramadan, pasti tidak lepas dari menu-menu buka atau sahur. Pastinya Sobat MEA bisa membuat konten rekomendasi menu untuk sahur dan buka puasa. Konten jenis ini akan banyak dicari mengingat banyak juga orang yang kebingungan memilih menu yang tepat untuk berbuka dan sahur. 

Dengan rekomendasi menu yang dibagikan, akan banyak followers yang recook resep yang diberikan. Maka di dalamnya, Sobat MEA bisa memberikan CTA (call to action) untuk mengajak audiens memasak ulang dan mention akunmu untuk meningkatkan reach.

4. Tips Jaga Kesehatan Selama Puasa

Nah, mengingat banyak orang yang belum tahu, Sobat MEA bisa memulainya dengan membuat konten seputar hidup sehat dalam format video. Selain memberikan informasi kesehatan, Sobat MEA juga dapat mengajak para audiens untuk membiasakan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

5. Tips Mengatur Keuangan

Menjelang idul fitri, para keluarga cenderung akan menghabiskan banyak uang untuk keperluan sajian hari raya hingga pembagian THR kepada sanak saudara. Untuk hal ini, Sobat MEA bisa membagikan konten tentang tips mengatur keuangan. 

Dengan begitu, Sobat MEA dapat memberikan tips n trick tentang pengalokasian budget untuk THR, membeli baju lebaran, membagikan ke sanak saudara, hingga tips menabung agar kondisi keuangan tetap stabil.

6. Hiburan Untuk Ngabuburit

Dilansir dari Liputan6, konten hiburan selalu menjadi topik yang hangat untuk diperbincangkan oleh pengguna media sosial, terutama di bulan Ramadan. Dalam hal ini, Sobat MEA bisa menyajikan konten-konten hiburan yang bisa dinikmati sembari menunggu waktu berbuka puasa. 

Tidak melulu komedi, Sobat MEA juga bisa kok memberikan rekomendasi film dan serial, rekomendasi podcast, atau rekomendasi channel YouTube, dan rekomendasi menghibur lainnya. 

Dengan rekomendasi-rekomendasi tersebut, orang-orang akan tertarik untuk menontonnya mengingat mereka tidak hanya terhibur tapi juga bisa sekaligus mendapatkan informasi penting.

7. Tips Seputar Mudik

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, mudik merupakan kegiatan tahunan yang wajib dilaksanakan di bulan Ramadan, terutama jelang lebaran.  

Nah, Sobat MEA bisa memanfaatkan momen ini dengan membagikan konten yang berisi tips persiapan mudik seperti info seputar waktu berangkat yang tepat, barang yang harus dibawa, hingga harga tiket mudik terbaru untuk semua jalur transportasi. 

8. Rilis Produk Baru

Dengan memanfaatkan momen Ramadan dengan merilis produk baru, bukan tidak mungkin produk baru akan cepat dikenal mengingat jangkauan yang lebih luas apalagi jika konten yang dibuat relevan dengan produk dan hal-hal tentang Ramadan. 

9. OOTD Ramadan

Sobat MEA juga bisa lho memberikan tips n trick padu padan pakaian dalam bentuk konten media sosial yang menarik di bulan Ramadan. Misalnya, outfit untuk acara buka bersama, outfit ngabuburit, outfit pengajian, dan lain sebagainya. 

Bukan hanya hijab, banyak perempuan yang juga mencari tahu OOTD yang pas untuk kegiatan sehari-hari di bulan Ramadan. Biar bagaimanapun mereka tentu ingin selalu tampil all out

10. Konten Ngabuburit

Selanjutnya Sobat MEA juga bisa membagikan konten seputar rekomendasi tempat ngabuburit seperti tempat-tempat hits di sekitaran untuk menghabiskan waktu sebelum berbuka.

Tapi jangan lupa cantumkan info penting seperti jam buka, fasilitas, hingga kegiatan seru yang bisa dilakukan agar mereka tidak kecewa setelah melihat dan menyukai kontenmu. 

Ya, itu dia beberapa ide konten Ramadan yang bisa dicoba untuk meramaikan media sosial. Tapi pastikan Sobat MEA rekam video dengan kualitas yang baik, ya. Minimalkan guncangan saat merekam untuk menghasilkan video yang enak dilihat. Dengan begitu, algoritma media sosial pun akan menyebarkan kontenmu lebih luas lagi sebagai rekomendasi tontonan. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment