Jam Upload Instagram 2023 yang Wajib Content Creator dan Seller Tahu!

by Fanny
jam upload instagram 2023

Kenapa sih harus tahu jam upload Instagram 2023? Jika Sobat MEA pengguna Instagram biasa yang nggak mementingkan engagement akun, tentunya hal ini nggak penting-penting amat. Tapi untuk content creator dan pebisnis online, mengetahui jadwal upload Instagram ini sangat penting karena bisa mempengaruhi engagement, traffic, audience, dan jumlah penjualan produk.

Emang ada ya jam upload Instagram 2023? Maksudnya gimana sih? Ya singkatnya, ternyata da beberapa jam upload Instagram yang paling bagus untuk meningkatkan engagement sebuah konten.

Tolak ukur dari bagus atau tidaknya jam upload ini berdasarkan traffic pengguna Instagram itu sendiri. Pada jam-jam tersebut tertentu, sebuah konten dapat cepat menyebar karena banyak orang yang sedang membuka aplikasi Instagram itu sendiri.

Selain hal di atas, ada banyak alasan lain kenapa Sobat MEA harus menjadwalkan posting konten di jam-jam tertentu. Untuk lebih jauhnya, langsung simak penjelasannya di bawah ini!

3 Alasan Harus Upload Konten di Waktu Tertentu

Mau konten kamu cepat dikenal audiens?

Yuk belajar bareng sama para pelakunya langsung lewat grup komunitas content creator MEA

Instagram adalah salah satu aplikasi sosial media di mana Sobat MEA bisa berinteraksi secara langsung dengan followers atau audiens baru. Semakin tinggi interaksi, semakin mudah pula sebuah akun mendapatkan audiens baru. Karenanya, Sobat MEA perlu sekali untuk mengetahui jam-jam terbaik untuk upload Instagram untuk mendapat interaksi.

Selain menyoal interaksi, ada 3 alasan lain kenapa Sobat MEA harus mengupload konten Instagram sesuai jam upload-nya. Nah berikut ini 3 alasan kenapa Sobat MEA wajib untuk mengunggah konten pada waktu terbaiknya.

1. Peningkatan Jangkauan

2. Memiliki Audiens yang Setia

Manfaat selanjutnya yang Sobat MEA dapatkan adalah audiens yang loyal. Salah satu cara untuk memiliki audiens yang setia adalah dengan rutin mengunggah konten dengan ide-ide yang segar, kreatif, punya ciri has serta relevan mengikuti trend. Hal ini tentunya nggak semudah yang Sobat MEA bayangkan karena Sobat MEA juga harus bersaing dengan kompetitor dan content creator lainnya.

Tapi tenang aja, kalau Sobat MEA memposting secara konsisten dan di jam upload Instagram terbaik, audiens akan merasa diprioritaskan. Jika memang tepat, hal pertama yang akan audiens lihat saat membuka feed Instagram adalah konten Sobat MEA yang paling baru.

3. Membangun Keterlibatan

Punya banyak followers tapi penjualannya masih gitu-gitu aja? Jangan-jangan akun Sobat MEA dinilai kurang interaksi dengan audiens? Tahu nggak kalau jumlah views dan likes aja nggak cukup dan nggak menjamin tingkat penjualan atau konversi?

Kalau memang hal ini terjadi, hal yang harus Sobat MEA lakukan adalah membuat konten yang membangun interaksi dengan followers agar mereka merasa ‘dilibatkan’ dan nggak cuman sekadar jadi penonton. Beberapa contoh konten ini misalnya mini games, giveaway, ataupun konten interaktif lainnya.

Percaya nggak percaya, jenis konten-konten di atas bisa membuat audiens jadi ingin tahu lebih banyak tentang produk atau jasa yang Sobat MEA tawarkan. Hasilnya, para penonton akan lebih aktif atau bahkan sampai menunggu postingan baru Sobat MEA.

Jam Upload Instagram 2023 Setiap Hari

Nggak punya waktu buat kelola dan bikin konten buat akun toko Instagram?

Serahkan ke tim kelola Instagram profesional aja!

1. Hari Senin

Jam ulpload Instagram 2023 terbaik pada hari Senin adalah sekitar pukul 11.00 pagi hingga 13.00 siang dengan waktu puncak 12.00 siang. Jam-jam sekitar waktu makan siang membuat banyak orang membuka Instagram untuk membuka akun Instagram dan memerisa postingan terbaru atau menyegarkan mata dari kesibukan pekerjaan.

2. Hari Selasa

Di hari Selasa, jam upload Instagram terbaik yakni pukul 08.00 hingga 10.00 pagi dengan waktu puncak sekitar pukul 09.00 untuk mendapatkan engagement tinggi.

3. Hari Rabu

jam upload instagram 2023

Untuk hari Rabu, jam upload konten terbaik adalah pukul 09.00 hingga pukul 11.00, dengan waktu puncak pukul 10.00 pagi. Jam tersebut menjadi yang paling punya tingkat keterlibatan paling tinggi karena banyak pengguna Instagram membuka akun masing-masing untuk melihat berbagai postingan

4. Hari Kamis

Pada hari Kamis, jam upload terbaik dimulai pada 11.00 pagi hingga 13.00 siang, dengan waktu puncak 12.00 siang. Sama seperti hari rabu, waktu yang tepat untuk mengupload konten pada hari kamis adalah jam-jam menuju istirahat makan siang.

5. Hari Jumat

Di hari Jumat, Sobat MEA disarankan untuk mengupload konten di pukul 14.00 hingga pukul 16.00, dengan waktu puncak pukul 15.00 sore. Alasannya, Jumat adalah hari terakhir dalam bekerja dan banyak orang yang sudah mulai santai sejak sore hari.

6. Hari Sabtu

7. Hari Minggu

Jam upload Instagram 2023 pada hari Minggu jauh berbeda dengan hari lainnya, nih, Sobat MEA. Ternyata, banyak pengguna Instagram yang aktif menggunakan Instagram di malam hari. Jadi, Sobat MEA bisa mengunggah konten pada pukul 18.00 hingga 20.00 malam, dengan waktu puncak pukul 19.00 malam.

Udah tau alasan dan jam upload Instagram 2023, saatnya Sobat MEA mulai mengatur strategi untuk memposting di waktu yang sudah kita bahas sebelumnya. Semoga saja artikel ini bisa membantu Sobat MEA yang ingin jadi content creator maupun seller di Instagram untuk mengembangkan akun secara organik dengan lebih cepat.

You may also like

Leave a Comment