Ini Jenis Jenis Iklan Instagram dan Manfaatnya Masing-Masing

by Nabila Rubianty
akun profesional instagram

Saat ini, media sosial kerap kali dijadikan sebagai media untuk promosi. Salah satunya adalah Instagram. Instagram menjadi media sosial yang dapat membantu untuk mewujudkan tujuan bisnis mu. Promosi di media sosial bermacam – macam namun iklan menjadi salah satu media promosi yang sangat efektif. Yuk kenali lebih lanjut mengenai jenis jenis iklan Instagram!

Instagram merupakan layanan jejaring sosial yang memungkinkan para penggunanya untuk berbagi kisah, ataupun momen-momen terbaiknya. Terkenal memiliki banyak pengguna hingga 1 milyar membuat Instagram menjadi salah satu aplikasi yang memudahkan untuk berinteraksi satu sama lain. Hal ini tentunya menjadi peluang yang sangat besar bagi para pebisnis untuk mempromosikan bisnisnya. 

Table of Contents

Apa itu Instagram Ads?

Mau tahu cara bisnis lewat Instagram yang baik dan benar?
Yuk gabung di Komunitas Seller Sosial Media MEA dan diskusi bareng seller berpengalaman lain. Amin!

Seiring perkembangan teknologi, Instagram menciptakan fitur terbarunya yang bernama Instagram Ads. Instagram Ads merupakan platform periklanan yang bermanfaat untuk meningkatkan penjualan suatu bisnis.

Layanan iklan ini bisa digunakan bagi siapapun yang memiliki bisnis, baik yang masih merintis maupun bisnis bisnis yang sudah ternama. Kekurangan yang dimiliki oleh Instagram Ads yaitu Sobat MEA harus rajin memposting agar iklan efektif. Sementara itu, Instagram Ads memiliki beberapa kelebihan dan manfaat antara lain:

  • Meningkatkan brand awareness
  • Meningkatkan penjualan
  • Biaya yang terjangkau
  • Menjangkau target iklan

Kelebihan dan Manfaat Iklan Instagram

Mau bikin Iklan Instagram murah? Pakai jasa iklan Instagram MEA aja!
Jasa iklan instagram termurah dan terpercaya dalam meningkatkan penjualan dengan hasil yang maksimal.

Saat ini membuat iklan di Instagram menjadi salah satu media promosi yang sangat menarik untuk dilakukan serta dapat menjangkau target pasar yang lebih luas. Iklan instagram disebut sebut menjadi media untuk memasarkan produk yang efektif dalam meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis. 

6 Jenis Iklan Instagram

Instagram memiliki berbagai jenis jenis iklan yang memiliki manfaat berbeda dari jenis iklan yang lain. Jika ingin memasarkan produk atau jasa melalui iklan Instagram, Sobat MEA perlu mengetahui terlebih dahulu jenis jenis iklan instagram agar iklan yang Sobat MEA buat tepat sasaran dan lebih efektif. Daripada berlama-lama lagi yuk langsung kita bahas saja 6 jenis iklan Instagram beserta fungsinya masing-masing di bawah ini!

1. Iklan Story

Jenis iklan Instagram yang pertama yaitu iklan Instagram Story. Seringkali  pengguna Instagram  menelusuri Instagram Story para pengguna yang diikutinya. Untuk itu sangat memungkinkan para pebisnis untuk membuat Iklan Story Instagram. Iklan yang satu ini menjadi solusi terbaik untuk memasarkan produk.

Dengan menggunakan Iklan ini para pebisnis dapat memilih ingin beriklan dengan format menggunakan gambar atau video. Tiap jenis iklan pasti memiliki format rasio yang berbeda beda. Iklan Stories menawarkan format dengan layar penuh dan berdurasi 15 hingga 60 detik. Untuk Iklan Stories dengan format vertikal memiliki ukuran yaitu 1080px x 1920px.

Di dalam Iklan Story biasanya terdapat tautan alias link. Link inilah yang dapat membantu pengguna Instagram untuk membuka halaman landing page produk dengan cara mengetuk tautan yang ada di dalam Iklan.

2. Iklan Carousel

3. Iklan Photo

jenis jenis iklan instagram

Iklan Photo merupakan jenis iklan Instagram yang akan menampilkan gambar dan selalu mengutamakan visual. Selain itu, iklan ini memuat deskripsi serta kalimat ajakan untuk menarik perhatian calon pelanggan.

Jenis Iklan ini menjadi iklan yang sangat mudah untuk dilakukan karena kamu hanya akan memposting foto produk dengan memberikan deskripsi dan kalimat ajakan untuk menarik perhatian calon pembeli 

Biasanya Iklan Photo akan muncul di halaman para pengguna Instagram dan iklan ini menjadi iklan yang paling efektif untuk memasarkan produk karena memiliki peluang yang cukup besar untuk dilihat dan dikunjungi oleh calon pembeli jika tertarik membeli produk kamu. 

 

Oleh karena itu foto iklan yang diposting harus sangat menarik perhatian hingga memikat orang untuk membeli produk kamu. Untuk iklan ini biasanya memiliki format landscape, persegi dan potret

4. Iklan Video

Iklan video bisa di bilang mirip dengan iklan foto. Sama sama mengutamakan visual, namun yang membedakannya adalah untuk iklan video menggunakan video. Kamu dapat memperlihatkan detail produkmu melalui iklan video tersebut. 

Iklan video memiliki durasi maksimal 60 detik, dan di dalam iklan video memuat foto, suara, gerakan dan CTA untuk menarik perhatian penonton. Iklan video harus bisa menyampaikan pesan yang ingin disampaikan kepada calon konsumen

5. Iklan Koleksi

jenis jenis iklan instagram

Iklan koleksi merupakan jenis iklan yang menggunakan beberapa foto produk. Berbeda dari iklan lainnya, iklan koleksi dapat memudahkan pengguna Instagram untuk berbelanja langsung di dalam iklan tersebut. 

6. Iklan Reels

Itu dia jenis jenis iklan Instagram yang harus Sobat MEA ketahui. Setelah mengetahui jenis jenis iklan Instagram Sobat MEA dapat menentukan iklan seperti apa yang kamu inginkan dan sesuaikan pula dengan budget yang kamu miliki. Semoga artikel ini bermanfaat. Amin!

You may also like

Leave a Comment