10 Jenis-jenis Konten Instagram yang Interaktif dan Anti Boring. Simak!

by Fanny
jenis-jenis konten instagram

Sebagai pebisnis online yang menjual produknya melalui sosial media seperti Instagram, posting konten saja nggak cukup. Pastinya Sobat MEA ingin konten yang diunggah mendapatkan respon dari audiens, kan? Namun sebelum itu, Sobat MEA harus mengetahui lebih dulu jenis-jenis konten Instagram agar bisa menjangkau audiens yang lebih luas dan beragam.

Buat Sobat MEA yang mungkin nggak tahu, jenis-jenis konten Instagram ini juga bisa mempengaruhi engagement rate dan tingkat interaksi dengan audiens. Pasalnya, setiap konten memiliki keunggulan maupun kekurangannya tersendiri.

Nah buat Sobat MEA yang udah lama aktif di Instagram tapi belum tahu, berikut ini adalah jenis-jenis konten Instagram yang bisa Sobat MEA buat agar feed akun nggak membosankan dan lebih menarik untuk menarik followers baru. Yuk simak!

Table of Contents

Jenis-jenis Konten Instagram dan Fungsinya

Mau tahu rahasia sukses jualan lewat Instagram?
Yuk diskusi bersama di Komunitas Seller sosial media MEA GRATIS!

Setelah Sobat MEA mengetahui pentingnya konten Instagram yang berbeda-beda, kita akan mulai membahas mengenai seluruh jenis konten ini. Emang apa aja sih? Yuk langsung aja simak 10 jenis-jenis konten Instagram yang bisa Sobat MEA aplikasikan dan gunakan sesuai kebutuhan. Check this out~

1. Instagram Reels

Jenis-jenis konten Instagram yang pertama adalah Instagram Reels. Jenis konten ini memungkinkan Sobat MEA untuk membuat video menarik dengan editan ciamik serta musik yang sedang trend. Bentuk konten ini  sangat populer karena memang berbentuk video pendek. Nah selain meningkatkan brand awareness dengan cara kekinian, Sobat MEA juga bisa meningkatkan engagement rate menggunakan Instagram Reels.

Jika Sobat MEA mengikuti trend yang sedang ramai di Instagram Reels, maka unggahan Sobat MEA juga akan masuk ke dalam trending section. Tentu saja masuk ke trending section ini membuat Sobat MEA bisa menjangkau audiens baru yang sedang membuka trending section. Karena itu, mempelajari trend dan algoritma adalah hal wajib sebelum membuat konten reels.

2. Konten Giveaway

jenis jenis konten instagram

Siapa, sih yang nggak suka produk atau barang gratisan? Percaya-nggak percaya Sobat MEA bisa meningkatkan brand awareness produk secara singkat dengan membuat konten giveaway. Selain itu, Sobat MEA juga bisa menarik banyak audiens baru. Dalam membuat konten ini, Sobat MEA wajib menyiapkan hadiah yang beragam. Mulai dari produk gratis, voucher belanja, atau hadiah lainnya yang berhubungan dengan produk yang Sobat MEA jual.

Artikel Terkait  Ingin Cepat Viral? Ini 10 Contoh Kata Kunci YouTube Populer yang Patut Digunakan

Agar konten giveaway semakin interaktif, Sobat MEA bisa mencantumkan syarat-syarat untuk ikut giveaway seperti harus follow akun, tag 5 teman, dan meminta audiens untuk komen kenapa mereka harus dipilih untuk mendapatkan hadiah. Dengan begitu, produk Sobat MEA akan lebih mudah untuk dikenalkan ke audiens baru.

3. Instagram Live

Jenis-jenis konten Instagram selanjutnya adalah Instagram Live di mana Sobat MEA bisa berkomunikasi secara langsung dengan audiens. Sobat MEA bisa memperomosikan produk secara langsung. Audiens sendiri juga bebas mengajukan pertanyaan seputar detail produk dan diskon jika memang ada. 

Menariknya lagi, Sobat MEA juga bisa mengundang influencer untuk masuk ke Instagram dan turut mempromosikan produk secara langsung, loh. Instagram menjadi salah satu dari jenis-jenis konten Instagram yang paling efektif untuk meningkatkan penjualan produk.

4. Konten Q&A

Boncos terus pas pasang iklan di Instagram?
Pakai Jasa Iklan Instagram aja!

Jika Sobat MEA nggak memiliki waktu untuk melakukan Instagram Live, jenis-jenis konten Instagram ini bisa dijadikan sebagai alternatif. Sobat MEA bisa menggunakan fitur Q&A yang ada di Instagram Story.

Pengikut bisa bebas mengajukan pertanyaan seputar produk dan Sobat MEA bisa menjawabnya sesuai USP produk. Jangan lupa juga untuk mencantumkan link produk agar audiens bisa langsung membeli produk Sobat MEA.

5. Konten Meme

Ada banyak meme yang sering muncul seiring berjalannya waktu. Sebagai pebisnis online, Sobat MEA nggak boleh ketinggalan mengikuti trend meme ini. Karena waktu bertahannya yang nggak lama, maka konten meme harus dimanfaatkan semaksimal mungkin. Sobat MEA bisa membuat konten meme yang relatable dengan masalah konsumen yang bisa diatasi dengan produk Sobat MEA.

6. Konten Testimoni Pelanggan

jenis-jenis konten instagram

Buat konsumen baru semakin tertarik dengan produk Sobat MEA menggunakan konten testimoni dari pelanggan sebelumnya. Untuk mengaplikasikan jenis-jenis konten Instagram ini, pastikan Sobat MEA menggunakan testimoni yang jelas.

Misalnya, Sobat MEA bisa pilih testimoni yang menjelaskan kondisi sebelum dan sesudah pemakaian produk atau cara pemakaian produk yang mudah. Bisa juga membagikan testimoni yang menunjukan pelanggan puas karena harga produk yang lebih terjangkau sampai hasil yang lebih cepat.

7. Konten Carousel

Jangan buat konten berupa posting foto-foto produk saja. Buat juga konten edukatif dan informatif dengan carousel. Carousel sendiri merupakan salah satu dari jenis-jenis konten Instagram yang efektif untuk meningkatkan engagement rate karena followers melihat unggahan Sobat MEA lebih lama. Pastikan untuk mencantumkan CTA yang mengarahkan ke website atau link produk untuk memudahkan pengikut membeli produk Sobat MEA.

8. Konten Ajukan Pertanyaan

Kalau Sobat MEA merasa kesulitan untuk membuat konten carousel, Sobat MEA juga bisa loh membuat konten single image namun tetap bisa menarik interaksi dengan audiens. Misalnya saja Sobat MEA membuat konten berupa kuis atau mengajukan pertanyaan ke audiens.

Contoh, Sobat MEA menjual produk alat pancing yang target marketnya adalah bapak-bapak. Sobat MEA bisa membuat konten berupa, “Bapak lebih suka mancing di mana? A. Empang, B. Kali, atau C. Mancing keributan.” Atau pertanyaan lainnya yang nyambung dengan produk Sobat MEA namun tetap relatable dengan kondisi dan kebutuhan audiens

Jenis pertanyaan seperti ini yang membuat audiens tertarik untuk meninggalkan komentar dan menjelaskan alasan mereka.

9. Konten Perbandingan

jenis-jenis konten instagram

Jenis-jenis konten Instagram ini akan sangat mengutungkan jika Sobat MEA memiliki produk yang membuat konsumen bingung ingin memilih yang mana. Misalnya saja Sobat MEA menjual produk berupa keyboard.

Ada keyboard wireless dan keyboard dengan kabel. Sobat MEA bisa membuat konten berupa perbandingan antara kedua jenis keyboard ini beserta kelebihannya masing-masing. Jangan lupa untuk mencantumkan foto produk agar tampilan konten semakin menarik

10. Konten Jadwal Penting

Terakhir ada konten jadwal penting. Ini merupakan salah satu dari jenis-jenis konten Instagram yang bisa Sobat MEA gunakan jika ingin mengeluarkan produk baru. Selain itu, konten ini Bisa juga Sobat MEA gunakan untuk membagikan aktivitas akun seperti jika Sobat MEA mengakan seminar atau webinar yang biasanya digunakan oleh pebisnis online yang menjual jasa.

5 Jenis Jenis Postingan Instagram

jenis-jenis konten instagram

1. Single Image

Jenis postingan Instagram yang pertama adalah single image yang merupakan postingan paling umum digunakan. Hal ini karena konten single image lebih mudah untuk dibuat dan tidak membutuhkan waktu untuk membuatnya. Ada 3 rasio yang bisa Sobat MEA gunakan, yaitu kotak 1:1, horizontal 16:9, dan vertikal 4:5.

Sayangnya, konten single image membuat Sobat MEA tidak bisa memasukkan banyak elemen di dalamnya karena akan terlihat terlalu penuh dan ramai. Untuk itu, buat tulisan sesingkat mungkin dan buat desain seunik mungkin agar efektif menarik perhatian audiens.

2. Carousel

jenis-jenis konten instagram

Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas, carousel mampu meningkatkan engagement rate karena audiens akan melihat konten Sobat MEA lebih lama mengingat Sobat MEA bisa mengunggah hingga 10 foto sekaligus. Kelebihan lainnya dari jenis konten ini adalah Sobat MEA bisa menyampaikan lebih banyak informasi dalam beberapa slide yang bisa Sobat MEA jadikan sebagai konten edukasi.

3. Reels

Konten berbasis video dengan durasi 15 detik cocok untuk Sobat MEA terapkan sebagai salah satu jenis postingan Instagram untuk menarik audiens. Hal ini karena saat ini banyak pengguna yang sudah terbiasa melihat dan menyerap banyak informasi melalui video pendek. Untuk itu, pastikan Sobat MEA membuat video yang keren agar audiens betah menontonnya hingga akhir dan tidak langsung scroll ke unggahan lainnya.

4. Instagram Story

jenis-jenis konten instagram

Jenis jenis postingan di Instagram berikutnya yang tidak kalah populer adalah IG Story. Fitur ini menyediakan berbagai macam elemen tambahan yang bisa Sobat MEA gunakan untuk mempercantik tampilan unggahan. Selain itu, ada banyak fitur yang bisa Sobat MEA gunakan untuk meningkatkan interaksi dengan audiens seperti fitur polling, add yours, QnA, dan lain sebagainya.

5. Guide

Jenis jenis postingan Instagram berikutnya adalah guide, yaitu tipe konten yang memberikan panduan atau tutorial akan sesuatu. Tipe konten ini akan menarik perhatian audiens karena Sobat MEA membagikan sesuatu yang dibutuhkan dan bermanfaat bagi audiens. Kontennya sendiri bisa berupa foto atau video yang bisa Sobat MEA buat sesuai kemampuan dan kebutuhan.

Nah itulah 10 jenis-jenis konten Instagram yang bisa Sobat MEA aplikasikan untuk meningkatkan interaksi dengan audiens. By the way, mana jenis konten yang ingin Sobat MEA coba?

You may also like

Leave a Comment