Yuk Pahami 5 Kelebihan dan Kekurangan Affiliate Marketing ini!

by Fanny
kelebihan dan kekurangan affiliate marketing

Saat ini, hampir semua orang bisa menjalankan bisnis online dengan modal yang sekecil mungkin. Salah satunya adalah program affiliate yang membuat Sobat MEA bisa mendapatkan penghasilan dari mempromosikan produk melalui sosial media. Dengan sistem yang mudah menguntungkan, banyak orang yang tertarik untuk menjadi seorang afiliator. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan affiliate marketing?

Untuk itu pada kesempatan kali ini, kita akan membahas secara mendalam 5 kelebihan dan kekurangan affiliate marketing yang bisa Sobat MEA jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum bergabung ke program affiliate di marketplace maupun sosial media. Yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah!

Table of Contents

Apa itu Affiliate Marketing?

Mau tau caranya biar bisnis makin cuan?
Gabung ke komunitas dan belajar langsung dari ahlinya dengan klik di sini. Gratis!

Sebelum membahas tentang kelebihan dan kekurangan affiliate marketing, kami akan menjelaskan sedikit mengenai pengertian affiliate marketing itu sendiri. Jadi, affiliate marketing adalah program di mana Sobat MEA bisa mempromosikan suatu produk ke sosial media dengan menyertakan link produknya, kemudian Sobat MEA bisa mendapatkan komisi. 

Besaran komisi ini pun berbeda-beda tergantung dari kebijakan setiap penjual. Komisi ini pun akan Sobat MEA dapatkan jika ada pengguna sosial media yang membeli produk melalui konten yang Sobat MEA unggah.

Cara kerjanya sangat mudah, bukan? Sobat MEA juga bisa membuat konten di berbagai macam platform dan memilih berbagai macam produk yang bisa dipromosikan, sehingga hal ini akan meningkatkan penghasilan yang bisa Sobat MEA dapatkan. Inilah mengapa banyak orang yang tertarik untuk bergabung ke program affiliate marketing.

Kelebihan dan Kekurangan Affiliate Marketing

Tertarik jadi affiliate dan dapetin komisi extra?
Yuk gabung ke MCN MEA dan dapatkan berbagai keuntungannya sekarang juga!

5 Kelebihan Affiliate Marketing

Berikut adalah 5 kelebihan dari affiliate marketing yang membuat banyak orang tertarik untuk bergabung pada program ini:

1. Mudah untuk Dimulai

Kelebihan dan kekurangan affiliate marketing yang pertama adalah karena kemudahannya untuk memulai. Berbagai marketplace dan sosial media menyediakan program affiliate yang bisa Sobat MEA pilih sesuai kebutuhan. Bahkan ada beberapa program yang tidak mengharuskan Sobat MEA untuk memiliki minimal pengikut atau subscriber terlebih dahulu.

Jadi, Sobat MEA yang baru membuat akun atau ingin merintis bisnis online dari awal bisa bergabung dulu ke program ini untuk mengasah kemampuan membuat konten di sosial media. Program ini pun diminati oleh berbagai kalangan mulai dari pelajar, pekerja, hingga ibu rumah tangga, semua bisa menjadi afiliator.

2. Minim Modal

kelebihan dan kekurangan affiliate marketing

Kelebihan dari program ini juga Sobat MEA tidak membutuhkan banyak modal. Cukup gunakan akun sosial media, jaringan internet yang lancar, dan kreativitas dalam membuat konten, maka Sobat MEA sudah bisa mempromosikan produk affiliate dengan mudah.

Selain itu, Sobat MEA juga tidak perlu memikirkan proses pengemasan dan pengiriman produk karena semua akan dikelola oleh pemilik toko. Jadi Sobat MEA bisa memaksimalkan waktu untuk membuat konten yang menarik, deh!

3. Rendah Resiko

Seperti yang kita ketahui, memulai bisnis online cukup beresiko mengingat tingginya persaingan yang ada. Selain itu, jika Sobat MEA memulai bisnis online tanpa persiapan yang matang, maka resiko kegagalannya pun akan semakin meningkat. Untuk itu, Sobat MEA bisa mencoba untuk bergabung pada salah satu program affiliate marketing terlebih dahulu yang minim resiko sebelum memulai bisnis online sendiri.

4. Fleksibel

kelebihan dan kekurangan affiliate marketing

Melanjutkan poin ketiga, menjadi seorang affiliator juga tidak akan mengganggu aktivitas harian Sobat MEA. Hal ini karena program affiliate marketing ini sifatnya fleksibel, jadi bisa Sobat MEA lakukan kapan saja dan di mana saja. Inilah mengapa banyak orang yang tertarik untuk bergabung ke program affiliate marketing.

5. Bisa Menjual Apa Saja

Ada banyak penjual yang mendaftarkan produk mereka ke program affiliate. Oleh karena itu, Sobat MEA bisa memilih berbagai macam produk yang ingin dipromosikan ke akun sosial media. Sobat MEA bisa memilih produk yang sesuai dengan niche dan target pasar atau bisa mencoba untuk memasarkan produk lainnya.

5 Kekurangan Affiliate Marketing

Ingin produk kamu dipromosikan para affiliator marketplace dan sosial media?
Yuk konsultasi sama tim digital marketing profesional MEA sekarang juga!

Setelah membahas kelebihannya, sekarang saatnya kami membagikan 5 kekurangan affiliate marketing yang jarang disadari bahkan oleh para afiliatornya sendiri. Yuk simak!

1. Tidak Ada Jaminan Pendapatan

Kelebihan dan kekurangan affiliate marketing yang pertama adalah tidak adanya jaminan pendapatan yang akan Sobat MEA dapatkan dari setiap konten yang dibuat. Karena sistemnya bukan kontrak dan tidak ada target yang harus dicapai, maka Sobat MEA juga tidak akan bisa mendapatkan penghasilan tetap. 

Komisi yang akan Sobat MEA terima pun tergantung dari jumlah klik dan transaksi yang berhasil dilakukan oleh pembeli. Inilah mengapa Sobat MEA harus bisa membuat konten yang menarik agar meningkatkan minat beli audiens.

2. Kompetisi yang Tinggi

3. Bergantung Pada Pihak Lain

Kelebihan dan kekurangan affiliate marketing berikutnya adalah Sobat MEA menjadi bergantung kepada pihak lain terkait komisi yang didapatkan. Besaran komisi ini ditentukan oleh penjual atau platform yang digunakan. Waktu pencairan dan besaran komisi yang bisa dicairkan pun ditentukan oleh platform. Itulah mengapa Sobat MEA menjadi sangat bergantung pada pihak lain.

4. Kesulitan Menemukan Produk

kelebihan dan kekurangan affiliate marketing

Banyaknya produk pada program ini mungkin akan membingungkan Sobat MEA yang baru ingin memulai bisnis online sebagai afiliator. Hindari pemilihan produk yang diluar kemampuan dan pengetahuan Sobat MEA karena hal ini akan menyulitkan Sobat MEA dalam membaut konten yang menarik dan informatif.

5. Membutuhkan Kesabaran dan Konsistensi

Cara kerja program affiliate marketing ini memang terlihat mudah dan sederhana. Namun untuk bisa mendapatkan sebanyak mungkin komisi, Sobat MEA harus konsisten dalam membuat konten yang menarik. Kesabaran juga diperlukan mengingat tidak semua konten yang Sobat MEA buat akan menghasilkan sebuah transaksi.

Itu dia pembahasan lengkap mengenai 5 kelebihan dan kekurangan affiliate marketing yang bisa Sobat MEA jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk bergabung ke progam ini. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment