Kelebihan dan Kekurangan Shopee Bagi Penjual yang Perlu Diketahui!

by Fanny
Kelebihan dan kekurangan Shopee

Sejak pandemi, aktivitas jual beli online menjadi alternatif banyak orang untuk memenuhi kebutuhannya. Bahkan hingga saat ini, jual beli online tetap menjadi andalan utama karena pilihannya yang lengkap dan beragam. Ada banyak marketplace yang bisa Sobat MEA gunakan, salah satunya adalah Shopee. Makanya, Sobat MEA akan rugi banget jika tidak mencoba menjual produk di aplikasi marketplace terbesar ini. Meski begitu, tentu ada kelebihan dan kekurangan Shopee sebagai sebuah marketplace.

Penting bagi Sobat MEA yang ingin mulai berbisnis untuk memahami apa saja sih kelebihan dan kekurangan Shopee. Nggak perlu khawatir, dalam artikel ini, kami akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan Shopee untuk penjual. Simak ulasan selengkapnya di bawah, ya!

Kelebihan dan Kekurangan Shopee

Mau diajari langsung sama praktisi Shopee secara gratis?

Gabung ke Komunitas Seller Marketplace MEA sekarang juga dengan klik di sini!

Shopee menjadi pilihan banyak orang sebagai marketplace kepercayaan mereka untuk melakukan transaksi jual beli. Hal ini karena Shopee memiliki banyak keunggulan dibandingkan marketplace lainnya yang membuat konsumen lebih nyaman dalam berbelanja. Namun sesuai kata pepatah bahwa tiada gading yang tak retak, Shopee juga memiliki beberapa kekurangan yang membuat beberapa orang memilih menggunakan marketplace lain. Kelebihan dan kekurangan Shopee untuk penjual akan kami bahas tuntas hanya di sini!

6 Kelebihan Shopee Sebagai Marketplace

Pertama-tama, kami akan membahas tentang kelebihan Shopee dan apa saja yang membuat Sobat MEA harus menggunakan aplikasi ini untuk memasarkan produk. Berikut kelebihan Shopee yang perlu Sobat MEA ketahui:

1. Memiliki Banyak Pengguna

Pengguna Shopee pun tidak hanya tersebar di seluruh Indonesia, namun juga banyak pengguna dari luar negeri. Tentunya Sobat MEA bisa melakukan ekspansi produk besar-besaran jika berjualan di Shopee.

2. Banyak Program Menguntungkan

Kelebihan dan kekurangan Shopee selanjutnya adalah banyak program yang menguntungkan untuk penjual. Salah satunya adalah fitur gratis ongkir yang akan meningkatkan minat konsumen untuk membeli produk Sobat MEA. 

Tentunya konsumen akan lebih suka berbelanja ketika mereka tidak perlu memikirkan biaya pengiriman. Hal ini bisa membantu meningkatkan penjualan produk jika voucher gratis ongkir diterapkan pada toko Sobat MEA.

3. Dilengkapi Fitur Chat Dengan Pembeli

Bingung orderan di Shopee nggak ada peningkatan?

Pakai Jasa Iklan Shopee aja biar produk kamu lebih mudah ditemukan konsumen dengan klik di sini!

Fitur chat dengan pembeli akan memudahkan Sobat MEA untuk mempromosikan produk lainnya. Sobat MEA juga bisa mengirimkan pesan seperti promo atau voucher terbaru yang ditawarkan dan hanya bisa digunakan dalam jangka waktu tertentu. Informasi ini akan menarik perhatian konsumen dan membuat mereka melihat produk atau promo yang ditawarkan.

Selain itu, fitur chat ini juga dilengkapi dengan fitur autoreply yang bisa membuat Sobat MEA mengirimkan jawaban template berupa ucapan selamat datang, ketersediaan stok produk, dan informasi lainnya seputar toko dan produk.

4. Penghargaan Untuk Penjual

5. Bisa Upload Lebih Dari 10 Foto Produk

Mau jualan makin laris di Shopee?

Gabung ke Kelas Shopee dan belajar langsung dari pakarnya!

Kelebihan dan kekurangan Shopee berikutnya adalah Sobat MEA bisa mengunggah lebih dari 10 gambar untuk satu produk. Hal ini tentunya sangat menguntungkan, terutama jika pada satu produk memiliki banyak varian ukuran, motif, atau warna. Sobat MEA juga bisa memasukkan desain atau gambar berupa kelebihan produk, syarat dan ketentuan dari toko, atau informasi lainnya yang perlu diketahui oleh pembeli.

6. Terintegrasi Dengan Pihak Pengirim

Sobat MEA tidak perlu lagi menuliskan alamat pengirim secara manual. Kelebihan dan kekurangan Shopee ini membuat Sobat MEA bisa melakukan pengemasan lebih cepat dan terhindari dari kesalahan penulisan alamat karena Sobat MEA hanya perlu mengetikkan kode pengiriman, kemudian semua data pembeli yang dibutuhkan akan keluar secara otomatis.

3 Kekurangan Shopee Sebagai Marketplace

Setelah membahas kelebihannya, sekarang saatnya kami memberikan beberapa kekurangan Shopee untuk penjual. Hal ini tentu nggak bisa diabaikan karena bagi sebuah orang, Shopee menjadi platform utama untuk berjualan. Daripada berbasa-basi lagi, langsung simak kekurangannya di bawah ini!

1. Perang Harga

kelebihan dan kekurangan shopee

Seperti yang kita ketahui, Sobat MEA akan menemukan banyak kompetitor di Shopee. Mulai dari produk dengan kualitas yang lebih bagus, atau variasi yang lebih banyak, atau bahkan produk yang dijual dengan harga yang jauh lebih murah. Hal ini tentunya akan menyulitkan Sobat MEA untuk bersaing karena tentunya konsumen akan memilih produk dengan harga termurah. Perang harga di Shopee ini sudah cenderung kurang sehat

2. Akun Lama Sering Mendapatkan Perlakukan Lebih

Tapi tenang, Sobat MEA bisa mempromosikan sendiri dengan memasang iklan Shopee atau melalui sosial media agar tidak kalah saing dengan akun lama.

3. Pencairan Dana Lambat

Proses pencairan dana yang lama menjadi kelebihan dan kekurangan Shopee selanjutnya. Sebagai penjual, Sobat MEA akan mendapatkan dana ketika pembeli mengkonfirmasi pesanannya telah sampai dan diterima. 

Sedangkan tidak semua konsumen lansung mengklik Pesanan Diterima saat barang sudah berhasil dikirimkan. Jadi Sobat MEA perlu memiliki modal agar tetap bisa melayani konsumen selanjutnya meskipun belum mendapatkan dana dari konsumen sebelumnya.

Itu dia kelebihan dan kekurangan Shopee untuk penjual. Semoga bisa menjadi pertimbangan untuk Sobat MEA sebelum memutuskan untuk berjualan di marketplace ini, ya. Baca juga artikel kami lainnya seputar tips berjualan dan beriklan di Shopee agar jualan makin cuan!

You may also like

Leave a Comment