5 Alasan Kenapa Caption Otomatis TikTok Tidak Muncul

by Fanny

Fitur baru TikTok, yaitu caption otomatis ini banyak dimanfaatkan oleh para kreator yang tidak memiliki banyak waktu untuk menuliskan caption secara manual. Sayangnya, ada beberapa kreator yang mengalami kendala dan bertanya-tanya kenapa caption otomatis TikTok tidak muncul.

Untuk itu pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan apa itu caption otomatis TikTok, bagaimana cara menampilkannya, serta menjelaskan alasan kenapa caption otomatis TikTok tidak muncul secara lengkap. Yuk simak ulasannya di bawah!

Table of Contents

Apa itu Caption Otomatis TikTok?

Makin jago jualan di TikTok
Dengan gabung ke komunitas yang dipandu oleh ahlinya secara langsung. Gratis!

Pasti Sobat MEA tidak asing dengan konten TikTok yang memiliki tulisan yang sesuai dengan apa yang diucapkan oleh konten kreatornya, bukan? Nah text atau caption ini dulunya bisa dibuat secara manual dengan menyamakan waktu diucapkannya. Tentu ini membutuhkan waktu yang cukup lama dan ketelitian agar caption sesuai dengan video.

Untungnya, saat ini TikTok menyediakan fitur caption otomatis yang akan mendeteksi suara Sobat MEA kemudian akan menerjemahkannya ke dalam tulisan dan menampilkannya secara langsung saat Sobat MEA mengatakannya. Jadi hal ini akan mempercepat proses editing dan pembuatan konten karena Sobat MEA tidak perlu lagi menuliskan caption secara manual.

Singkatnya, fitur ini bekerja selayaknya subtitle pada film. Bedanya, caption otomatis akan diterjemahkan secara real time sesuai apa yang dikatakan oleh konten kreator. Fitur ini juga akan memudahkan pengguna yang memilik masalah pendengaran agar tetap bisa menikmati konten tanpa harus menyalakan suara.

Sayangnya, tidak sedikit pengguna yang mengalami kendala dan mencari penyebab kenapa caption otomatis TikTok tidak muncul pada akun mereka. Hal ini akan kami bahas secara rinci di poin terakhir. Jadi, simak sampai habis, ya!

Artikel Terkait  Jangan Panik, Gini Loh Cara Mengatasi TikTok yang Tidak Bisa Dibuka. Mudah!

Cara Mengaktifkan Caption Otomatis di TikTok

cara bermitra dengan MCN TikTok

Cara mengaktifkan caption otomatis di TikTok bisa Sobat MEA lakukan dengan mudah melalui langkah-langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi TikTok pada perangkat Sobat MEA lalu klik ikon “+” di sebelah tengah bawah.
  • Unggah video yang ingin Sobat MEA tambahankan caption.
  • Klik Subtitle pada menu di bar sebelah kanan.
  • Kemudian lanjutkan dengan pilih bahasa yang diinginkan.

Pastikan pada video tersebut Sobat MEA memiliki pengucapan yang jelas agar proses penerjemahan bisa dilakukan dengan baik dan lancar. Jika ada kekurangan dalam pengucapan, kemungkinan kata akan lebih sulit untuk terdeteksi dan bisa diterjemahkan. Bahkan bisa menjadi salah satu penyebab kenapa caption otomatis TikTok tidak muncul sama sekali.

5 Alasan Kenapa Caption Otomatis TikTok Tidak Muncul

Gak pede ngonten di TikTok?
Pakai jasa kelola konten aja yang dibantu oleh tim dan talent profesional. Klik di sini sekarang!

Setelah mengetahui dan menerapkan cara mengaktifkan fitur subtitle otomatis di atas, tentu Sobat MEA berharap bahwa konten akan aman dan bisa langsung dinikmati oleh pengguna lainnya, bukan? Eits, sabar. 

Sobat MEA harus memastikan apakah terjemahan yang ditampilkan sudah bisa dilihat dengan baik atau masih ada kendala. Jika caption tidak muncul, mungkin Sobat MEA melakukan beberapa kesalahan yang menjadi penyebab kenapa caption otomatis TikTok tidak muncul di bawah ini:

1. Video yang Dibuat Terlalu Singkat

Hal ini bisa terjadi karena video yang terlalu singkat tidak mampu memberikan data yang mencukupi bagi algoritma TikTok untuk bisa menerjemahkan audio yang ada. Singkatnya, TikTok membutuhkan video dengan durasi panjang serta suara dan pengucapan yang jelas agar bisa ‘mendengar’ dan mengartikan apa yang Sobat MEA ucapkan. Tentu, membuat video singkat terasa lebih cepat dan mudah, namun Sobat MEA jadi tidak bisa memanfaatkan salah satu fitur caption otomatis ini.

2. Caption Otomatis Belum Diaktifkan

Pastikan Sobat MEA sudah mengaktifkan caption otomatis pada pengaturan agar bisa menampilkan caption. Jika toggle-nya masih di posisi non-aktif, maka TikTok akan menganggap bahwa Sobat MEA tidak ingin videonya diterjemahkan secara otomatis. Untuk mengatasi hal ini, Sobat MEA bisa melakukan cara mengaktifkan caption otomatis TikTok di atas.

3. Akun di Private

kenapa caption otomatis TikTok tidak muncul

Alasan kenapa caption otomatis TikTok tidak muncul berikutnya adalah karena Sobat MEA memprivasi akun. Fitur caption otomatis hanya bisa digunakan pada akun yang bersifat publik. Jadi, Sobat MEA harus beralih dari akun private ke akun publik dengan cara:

  • Buka aplikasi TikTok pada perangkat, lalu masuk ke profil akun dengan klik foto profil di sebelah kanan bawah.
  • Klik menu yang ada di sebelah kanan atas pada halaman profil.
  • Pilih Privacy, lalu pindahkan toggle dan beralih ke akun Publik.

4. Bahasa Tidak Tersedia

Sobat MEA bisa mengatasi masalah kenapa caption otomatis TikTok tidak muncul ini dengan mencoba membuat konten yang pilihan bahasanya tersedia pada list caption otomatis. Pastikan juga untuk menggunakan 1 bahasa saja dalam 1 video agar tidak membingungkan algoritma TikTok dan tidak salah terjemahan.

5. Terjadi Eror atau Bug

Seperti aplikasi pada umumnya, TikTok juga bisa mengalami eror atau bug yang mempengaruhi kinerja fiturnya. Untuk mengatasi hal ini, Sobat MEA bisa mencoba untuk mengunggah ulang video beberapa waktu setelah eror dan bug sudah diatasi. 

Nah, itu dia pembahasan lengkap mengenai caption otomatis dan alasan kenapa caption otomatis TikTok tidak muncul beserta solusinya. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment