Kenapa DM Instagram Tidak Bisa Dihapus? Ini Penjelasannya!

by Viki
kenapa dm instagram tidak bisa dihapus

DM Instagram sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah oleh pengguna Instagram. Hanya saja, ada beberapa pengguna yang justru mengalami kendala saat ingin menghapus DM. Kenapa DM Instagram tidak bisa dihapus? Sobat MEA pasti bertanya,-tanya, bukan?

Padahal Instagram telah menjadi media sosial terpopuler di dunia dan digunakan untuk membagikan momen ataupun berinteraksi dengan orang lain. Lantas mengapa ada kendala seperti ini?

Sssstt, Instagram juga bisa lebih cuan dengan Affiliate dan MCN MEA!
Gimana sih caranya? Gabung program Shopee Affiliate, pasarkan di Instagram bareng bimbingan dari Tim MEA!

Direct Message (DM) sendiri adalah fitur Instagram yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi secara pribadi dengan orang lain. Bukan hanya secara tekstual, pengguna juga bisa mengirimkan foto, video, dan berbagai konten lainnya melalui DM Instagram. 

Hal ini memanglah bermanfaat. Tapi ada kalanya kita perlu menghapus Direct Message yang pernah kita kirimkan ataupun historynya. Ini penting untuk menjaga data dan privasi yang ada di dalamnya. Tapi bagaimana jika ada kendala saat menghapusnya? Yuk kenali dulu penyebab kenapa DM Instagram tidak bisa dihapus beserta cara mengatasinya di artikel ini!

Table of Contents

Kenapa DM Instagram Tidak Bisa Dihapus?

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Ada beberapa alasan yang menjadi penyebab kenapa DM Instagram tidak bisa dihapus. Sobat MEA perlu memahaminya terlebih dahulu agar tidak salah dalam mengambil solusinya. Berikut beberapa kemungkinan penyebab yang bisa terjadi:

1. Masalah Koneksi Internet

Pertama, mungkin ada masalah koneksi internet. Mungkin saja jaringan Internet yang digunakan mengalami pelambatan atau putus-putus sehingga melemahkan fungsi aplikasi. Untuk itu, saatnya Sobat MEA hubungkan perangkat dengan jaringan internet yang stabil untuk menggunakan Instagram. 

Artikel Terkait  Agar Tetap Aman, Begini 3 Cara Download Foto Facebook dan Aturannya!

Ini penting untuk memperbaiki sinyal internet yang mulanya bagus tapi sinyal hilang tiba-tiba ketika melakukan penghapusan DM, sehingga mengakibatkan telat loading hingga tidak bisa menghapus pesan yang ada di Instagram. 

2. Kesalahan Sistem

Atau mungkin memang ada kesalahan pada sistem Instagram. Hal ini juga dapat mengakibatkan masalah dalam menghapus pesan DM. Tapi ini biasanya merupakan masalah yang sementara yang bisa segera diperbaiki oleh tim teknis Instagram.

Kesalahan ini memang kerap terjadi oleh pengguna Instagram. jadi, meskipun sinyal Internet bagus, tetap akan bermasalah ketika ada kesalahan sistem pada aplikasi Instagram. 

3. Belum Upgrade Aplikasi ke Versi Terbaru

Kenapa DM Instagram tidak bisa dihapus juga bisa disebabkan oleh Sobat MEA yang masih menggunakan aplikasi Instagram versi lama. Oleh karena itu, pastikan Sobat MEA meng-upgrade aplikasi Instagram ke versi terbaru terlebih dahulu untuk dapat menghapus pesan DM yang diinginkan.

4. Tidak Diizinkan untuk Menghapus DM IG

Bisa jadi, Sobat MEA tidak diizinkan untuk menghapus pesan di DM oleh pihak Instagram. Mungkin pengaturan telah diatur bahwa pesan hanya dapat dihapus oleh penerima atau pengirim. Sehingga tidak bisa dihapus oleh kedua belah pihak. 

Atau, Instagram tidak memberikan izin penghapusan DM IG dikarenakan untuk menjaga keamanan data. Karena penerima bisa saja melacak data pribadi jika Sobat MEA menghapusnya. Ini tentu sangat membahayakan dan membawa kerugian kepadamu. 

5 Cara Mengatasi DM Instagram Tidak Bisa Dihapus

1. Periksa Koneksi Internet

Penyebab pertama dari gagalnya menghapus DM Instagram, bisa jadi koneksi Internet yang lemah dan tidak stabil. Maka pastikan hubungkan perangkat dengan jaringan internet yang bagus. Ini penting agar Sobat MEA lancar saat menggunakan Instagram. 

Jika perlu, gunakan sinyal WiFi atau mencari lokasi dengan koneksi Internet yang baik. Lalu lakukan refresh pada aplikasi Instagram. DM IG akan langsung hilang karena biasanya masalah ini hanya membutuhkan refresh dan sinyal Internet yang kuat. 

2. Cobalah Perangkat Lain

Sobat MEA juga bisa coba menggunakan perangkat lain untuk mengakses Instagram, jika ada masalah dengan aplikasi Instagram di HP milikmu. Sobat MEA bisa menggunakan Tablet, PC, atau Laptop. Mungkin saja masalahnya ada pada perangkat tertentu. 

4. Tunggu Beberapa Saat

Terkadang, Sobat MEA hanya perlu menunggu beberapa saat hingga semua fungsi aplikasi normal kembali. Hal ini terjadi biasanya karena aplikasi memang sedang error.

Umumnya, error ini hanya terjadi secara sementara selang beberapa menit atau jam. Setelah itu, Sobat MEA pun bisa menghapus DM Instagram. Karena biasanya error ini tidak terjadi kepada semua pengguna, mungkin sedang error di aplikasimu saja.

5. Hubungi Dukungan Instagram

Jika Sobat MEA tidak kunjung dapat menghapus pesan DM IG, Sobat MEA bisa langsung mencari bantuan kepada dukungan Instagram. Untuk hal ini, Sobat MEA bisa mengunjungi situs web Instagram atau halaman bantuan di aplikasi untuk menemukan kontak tim dukungan. 

Jika sudah, silakan laporkan masalah dengan jelas dengan informasi yang benar tentang akun dan perangkatmu. 

You may also like

Leave a Comment