Kenapa Instagram Tidak Bisa Dibuka? Ini Penyebab dan Solusinya!

by Viki
kenapa instagram tidak bisa dibuka

Seperti yang kita ketahui, Instagram merupakan salah satu media sosial terpopuler dengan miliaran pengguna aktif setiap bulannya. Melalui Instagram kita bisa membagikan momen spesial dalam bentuk postingan foto dan video. Meski demikian, platform besutan META ini terkadang mengalami kendala error. Sehingga muncul pertanyaan, kenapa Instagram tidak bisa dibuka?

Ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab Instagram tidak bisa dibuka. Bisa jadi karena aplikasi yang error, server down, masalah perangkat, atau lainnya. Dan cara mengatasi kenapa Instagram tidak bisa dibuka bisa dari penyebabnya sendiri. 

Table of Contents

Kenapa Instagram Tidak Bisa Dibuka?

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga

Sebagai sebuah aplikasi media sosial, selalu ada bug dan masalah yang bisa terjadi pada Instagram. Ada berbagai penyebab dan masalah yang kerap terjadi. Salah satunya adalah aplikasi Instagram yang tidak bisa dibuka sama sekali. Nah berikut ini beberapa penyebab dari masalah kenapa Instagram tidak bisa dibuka ini, antara lain:

  1. Akun Instagram sedang bermasalah.
  2.  Aplikasi Instagram sedang mengalami perbaikan. 
  3. Tidak terhubung dengan jaringan internet yang baik. 
  4. Ada masalah pada perangkat yang digunakan.

Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dibuka

Setelah memahami penyebab IG yang tidak bisa dibuka, inilah beberapa solusi atau cara mengatasi permasalahan tersebut:

1. Melaporkan Akun

Ingin jualan di IG lebih optimal?
Yuk gunakan jasa pengelolaan Instagram oleh tim profesional MEA sekarang juga!

2. Menunggu Instagram Selesaikan Perbaikan

Jika aplikasi Instagram tengah diperbaiki, tentu saja semua pengguna tidak akan bisa mengaksesnya. Untuk hal ini, satu-satunya solusi yang bisa dilakukan hanyalah menunggu sampai pihak Instagram selesai menangani masalah yang terjadi. 

Untuk memeriksa sejauh apa masalah yang diperbaiki terhadap media sosial ini, bisa buka @instagram di Twitter atau platform X.

3. Periksa Jaringan Internet

Selanjutnya, harap periksa jaringan internet yang digunakan. Jika bermasalah, harap beralih ke jaringan internet yang lain. Misalnya, Sobat MEA sedang menggunakan WiFi, Sobat MEA bisa menggantikan koneksi yang terhubung dengan data seluler.

4. Memperbarui Aplikasi

Selain itu, Sobat MEA juga perlu memeriksa aplikasi yang digunakan. Biasanya aplikasi yang tidak diperbarui kerap mengalami gangguan hingga membuatnya sulit untuk diakses.

Oleh karena itu, jika Sobat MEA masih menggunakannya, harap update ke aplikasi Instagram versi terbaru melalui Google Play Store atau AppStore terlebih dahulu untuk pemutakhiran dan menghilangkah bug aplikasi

5. Menggunakan Force Stop

Force stop sendiri adalah mematikan aplikasi secara paksa, ini dapat dilakukan untuk mengatasi Instagram yang tidak bisa dibuka karena perangkat yang bermasalah. 

Aplikasi Instagram yang error juga bisa dikarenakan HP yang tidak bisa menjangkaunya lantaran penggunaan RAM yang terlalu tinggi. Sehingga cara mengatasi Instagram tidak bisa dibuka yaitu dengan force stop atau menutup aplikasi secara paksa. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan:

Demikian penjelasan kenapa Instagram tidak bisa dibuka beserta cara mengatasinya. Semoga artikel ini dapat membantumu mengatasi permasalahan yang kerap Sobat MEA keluhkan di Instagram. Tapi pastikan setelah ini Sobat MEA gunakan akun IG dengan bijak untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment